Hati-hati, Mencium Bayi Sembarangan Bisa Tularkan 13 Penyakit Ini

By | July 19, 2017

kumparan – Hati-hati, Mencium Bayi Sembarangan Bisa Tularkan 13 Penyakit Ini

Mungil, lucu, dan menggemaskan. Sulit rasanya untuk menahan diri agar tidak mencium atau mencubiti pipi bayi yang baru lahir ke dunia. Aroma khas yang menguar dari tubuh bayi juga jadi alasan mengapa banyak orang menjadikan bayi sebagai sasaran untuk dicium. Kamu termasuk salah satu yang sering melakuan hal ini?

Demi kebaikan si bayi, hindari melakukan kebiasaan yang satu ini. Karena meski terkesan sepele, hal ini bisa berakibat fatal. Bayi bisa dengan mudah tertular virus dan kuman yang berasal dari ciuman. Tubuhnya belum mampu melawan virus yang datang dari luar.

Oleh karenanya, para orang tua sebaiknya tak segan untuk menegur siapun yang coba untuk menciumi bayi mereka. Meskipun keluarga, kerabat, atau sahabat dekat sekalipun. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Karena kita tak pernah tahu penyakit apa yang sedang diderita orang tersebut.

Hindari mencium bayi sembarangan (Foto: Thinkstock)

Berikut ini kumparan sudah merangkum sederet penyakit yang bisa ditularkan kepada bayi lewat ciuman. Pelajari sejenak, yuk!

1. Pertusis atau Batuk Rejan

Ini merupakan infeksi bakteri paru-paru yang mudah menular, terlebih pada anak-anak. Biasanya, penyakit ini menular lewat ciuman. Pertusis bisa jadi mematikan jika diderita oleh bayi yang baru lahir. Bayi yang belum genap berusia satu tahun wajib untuk dirawat di rumah sakit.
2. Diare

Tak ada yang lebih menyedihkan dibanding harus menyaksikan si mungil tersiksa akibat terkena diare. Sakit perut, lemas, buang air belasan kali, hingga kulit bokong yang lecet akibat dibersihkan secara terus menerus.

Ibu juga harus tega membiarkan lengan mungil bayi ditusuk selang infus untuk menghindari dehidrasi. Terlebih, bayi masih belum bisa berkomunikasi dan memberitahu bagian tubuh mana yang terasa tidak nyaman. Karena virus diare bisa dengan mudah menular lewat ciuman, penting bagi orang tua untuk menjauhkan bayi mereka dari orang lain.

3. Melemahnya Sistem Imun

Bayi yang belum genap berusia tiga bulan masih miliki sistem imun yang belum terbentuk sempurna. Meski suplai ASI dari ibu bisa memperkuat daya tahan tubuh, namun tubuhnya tetap rentan terkena berbagai virus.

Virus flu, pilek, batuk, dan demam yang dibawa oleh orang dewasa bisa dengan mudah menggerogoti sang bayi. Namun sayangnya, banyak orang yang tak sadar jika dirinya sedang sakit.

Jika sedang merasa tidak enak badan, sebaiknya tunda niat kamu untuk mengunjungi sang bayi. Dan saat hendak berinteraksi, cuci tangan terlebih dahulu.

Banyak virus menular lewat ciuman (Foto: Thinkstock)

4. Gigi Berlubang

Meski terdengar aneh, namun gigi berlubang pada anak bisa disebabkan oleh air liur yang tersisa dari ciuman orang lain. Hal ini mematahkan anggapan bahwa gigi berlubang disebabkan sang anak malas menggosok gigi.

Para dokter gigi memperingatkan bahwa air liur bisa membawa bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Saat mencium bibir si kecil, orang tua bisa saja menularkan kuman streptococcus. Hal ini menyebabkan terbentuknya lubang pada gigi si kecil. Hal yang sama juga berlaku saat orang tua berbagi makanan dengan sang anak.

Jadi, sebaiknya orang tua menghentikan kebiasaan untuk mencium sang buah hati pada bibirnya.

5. Kanker

Kita semua tentunya tahu, bahwa makeup terbuat dari bahan kimia yang berdampak kurang baik bagi kesehatan. Sebut saja lipstik yang mengandung paraben, pewarna buatan, hingga formaldehida.

Sayangnya, banyak orag dewasa menyepelekan hal ini. Banyak perempuan yang menciumi bayi saat masih menggunakan lipstik atau makeup lainnya. Kosmetik yang menempel dan tersisa pada kulit bayi bisa memicu kanker. Jadi, jauhkan bayi dari jangkauan orang banyak.
6. RSV (Respiratory Syncytial Virus)
Atau lebih dikenal dengan istilah infeksi paru-paru dan saluran pernapasan. Penyakit ini bisa memengaruhi paru-paru dan menyebabkan kesulitan bernapas.

Jika diderita oleh bayi, penyakit ini bisa berkembang jadi pneumonia yang mengancam nyawa. Satu lagi alasan mengapa orang tua harus ekstra menjaga bayi dari ciuman dan sentuhan orang asing.

7. Herpes

Salah satu kasus yang memilukan hati adalah meninggalnya bayi bernama Mariana akibat terkena herpes (Herpes Simplex Virus). Bayi malang ini hanya mampu bertahan hidup selama 12 hari setelah dirawat intensif.

Virus herpes tersebut ditularkan lewat ciuman yang didaratkan oleh salah satu kerabat atau teman yang mengunjunginya. Mariana mengalami gejala demam dan kejang. Penyakit yang satu ini memang bisa berakibat fatal bagi anak-anak. Jadi, jangan segan untuk melarang siapapun mendekati bayi kamu, ya!

Sumber: kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iconic One Theme | Powered by Wordpress