Candy Crush Saga, Game Asyik yang Adiktif

By | November 11, 2013

Candy Crush Saga

CHIPers pernah main Candy Crush Saga? Atau akun Facebook CHIPers sering mendapat undangan main Candy Crush Saga dari teman yang lain? Kalau kamu belum pernah main game ini, saya sarankan jangan pernah coba sedikit pun! Ibarat rokok dan narkoba, main game bisa menyebabkan kecanduan. Begitu pun dengan game Candy Crush Saga ini. Setelah mencoba game ini kemudian mata dipejamkan, dijamin yang terbayang adalah deretan permen beraneka bentuk dan warna. Hmmmm… yummy!

Game yang dibuat oleh pengembang game King ini pertama kali rilis di Facebook pada tanggal 12 April 2012. Berkat kepopulerannya di Facebook, King mulai meluncurkan versi iOS dan Android pada 14 November 2012 lalu. Si pencipta, Tommy Palm, berhasil membuat game puzzle ini digemari banyak orang. Menurut AppData, game ini sudah memiliki 132,4 juta pemain, baik melalui web maupun smartphone. Sampai pertengahan 2013 ini, Candy Crush Saga sukses melampaui rekor FarmVille 2 sebagai game terlaris.

Meski sukses berkembang sebagai game populer dan laris, pengembang tidak mengenakan biaya apapun kepada pemainnya. Game ini dapat diunduh secara gratis baik melalui smartphone maupun tablet. Palm tidak mau hanya karena masalah biaya, Candy Crush Saga jadi kehilangan penggemar.

Tujuan utama dalam bermain Candy Crush Saga cukup mudah, pemain harus menyatukan permen-permen yang memiliki warna dan bentuk yang sama, kemudian selesaikan permainan dengan langkah yang dibatasi. Mulanya game ini cukup sederhana, tapi semakin bertambah level tingkat kesulitan pun bertambah. Meskipun terlihat mudah untuk dimainkan, untuk dapat menguasai permainan selain perlu strategi, pemain harus teliti dan memiliki keberuntungan yang cukup. Inilah yang membuat pemain game merasa gemas dan ingin selalu menamatkan setiap levelnya.

Misi yang ada di tiap level berbeda-beda. Diantaranya harus mencapai target score atau harus menghancurkan jelly yang ada di papan permainan atau bisa juga membawa turun buah-buahan yang ada di papan permainan.

Selain menggabungkan 3 permen biasa, beberapa kombinasi permen juga bisa menghasilkan combo, seperti :

  • Striped Candy, yaitu gabungan 4 jenis permen yang sama baik horisontal maupun vertikal. Stripped Candy yang diperoleh akan mengikuti arah geseran permen yang dipindahkan
  • Wrapped Candy, yaitu gabungan 5 jenis permen yang sama membentuk huruf L.
  • Bomb, bisa didapat dengan menggabungkan 5 permen yang sama baik horisontal maupun vertikal

 

Beberapa kombinasi combo berikut juga dapat dicoba:

  • Double Striped Candy
  • Striped Candy + Wrapped Candy

striped candy + wraped candy

  • Striped Candy + Bomb
  • Double Color Bomb

 

Selain combo di atas, juga ada beberapa combo lain yang bisa dicoba:

  • Wrapped Candy + Wrapped Candy
  • Wrapped Candy + Bomb
  • Striped Candy + Jelly Fish
  • Wrapped Candy + J elly Fish
  • Jelly Fish + Bomb 

Kesulitan lainnya dalam Candy Crush Saga adalah adalah saat tidak ada lagi Life yang tersisa untuk melanjutkan permainan. Bagi yang sudah ketagihan bermain Candy Crush Saga, hal ini sangatlah menjengkelkan. Disinilah keuntungan yang diperoleh jika Candy Crush Saga terhubung dengan Facebook. Meski koneksi ke Facebook bukan hal yang wajib dilakukan, namun akan lebih mudah ketika Candy Crush Saga terhubung dengan Facebook. Karena saat Candy Crush Saga sudah terhubung dengan Facebook, kita dapat meminta bantuan teman agar segera memberikan tambahan Life atau tiket untuk naik level.

Berikut ini adalah sebuah tips agar kita dapat Extra Life secara gratis:

1. Bermain dengan menggunakan lebih dari 1 device

Dengan cara bermain menggunakan lebih dari 1 device akan lebih menguntungkan karena lebih mudah mendapatkan bantuan berupa Life tanpa harus menunggu konfirmasi dari teman. Meski kita kehabisan Life di PC misalnya, selama Candy Crush Saga tidak dimainkan di smartphone/tablet, Life yang ada di smartphone/tablet tidak akan berkurang. Sementara bantuan Life dari teman akan tetap masuk ke masing-masing device.

2. Dapatkan bantuan dari teman atau saran

Jika permainan terhenti karena sulitnya tingkat permainan, lebih baik membaca beberapa tips atau menonton video dari blog Candy Crush Saga All Help. Mungkin tidak semua langkah dapat kita ikuti, tapi setidaknya ada sedikit gambaran untuk menyelesaikan setiap level.

Sebetulnya masih banyak cara lain yang bisa membantu kita mendapatkan Life dengan cepat atau bahkan jumlah Life tidak berkurang sama sekali, seperti merubah setting-an tanggal di device atau dengan menginstal add-ons di browser. Tapi rasanya jadi kurang asyik ya? Semua kembali lagi ke diri pemain masing-masing.

Itulah sedikit informasi buat kamu yang ingin mencoba mulai bermain.Tentunya mencoba sendiri untuk bereksperimen lebih jauh tentang Candy Crush jauh lebih menantang. Dengan tampilan grafis, efek suara dan musik yang menarik, rasa bosan akan pergi begitu saja. Saya sendiri yang awalnya iseng, sekarang sudah sampai level 269 dan akhirnya mendapatkan beberapa pesan moral, diantaranya adalah:

  1. Diperlukan kerja keras dan ketekunan untuk berhasil
  2. Satu langkah yang salah dapat menggagalkan semuanya
  3. Hidup tidak selalu adil, ada yang beruntung dan ada yang tidak
  4. Hidup adalah tentang memberi dan menerima, saat kita memberikan bantuan kepada orang lain, ada banyak pula bantuan diterima
  5. Teman tidak selalu ada saat kita membutuhkan bantuan
  6. Tidak semua hal dapat dimengerti, dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi
  7. Selamat kecanduan!!

 

 

Referensi :

1. http://www.candycrushonline.com/

2. http://candycrushsagaallhelp.blogspot.com/

 

*Artikel ini diikutsertakan di Lomba menulis yang diadakan CHIPversity dan sudah dimuat sebelumnya di CHIP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *