6 Cara Merawat Genset dengan Benar

Genset atau generator set adalah alat untuk menghasilkan daya listrik yang biasa digunakan di gedung perkantoran, rumah, toko, rumah sakit, dan lainnya. Sama seperti alat elektronik lainnya, genset membutuhkan perawatan yang tepat agar dapat memberikan kinerja terbaik dan tahan lama.

Jika Anda memiliki genset di rumah, sebaiknya rawatlah dengan baik dan benar. Bagaimana cara perawatan genset yang benar? Yuk, simak tips berikut ini.

Tempatkan genset di lokasi yang kering

unnamed (2)

Karena genset menghasilkan listrik yang tinggi, maka letakanlah di tempat yang kering jauh dari sumber air. Mengapa? Karena jika ada genangan, dikhawatirkan terjadi sengatan listrik karena air merupakan konduktor yang baik. Taruh pondasi seperti kayu untuk mencegah terkena air.

Selalu jaga kebersihan genset

unnamed (1)

Genset yang kotor akan memperpendek umurnya. Tidak hanya itu, bahkan di saat yang seharusnya genset akan digunakan, bisa saja tidak dapat distarter karena terlalu kotor. Bersihkan secara berkala genset yang Anda miliki agar kerjanya optimal.

Periksa selalu ketersediaan solar

images

Jangan biarkan solar dalam keadaan menipis atau kosong sama sekali. Hal ini akan merusak genset. Jadi jika sudah berkurang, isi segera sebelum habis sama sekali.

Pastikan sirkulasi udara berjalan dengan baik

download (1)

Saat genset dioperasikan di sebuah ruangan, pastikan ruangan tersebut mempunyai sirkulasi udara yang baik. Hal ini dikarenakan supaya gas buang hasil pembakaran dapat keluar dengan baik. Pengguna pun akan lebih aman dari udara tercemar.

Selalu cek aki genset

download (2)

Salah satu bagian terpenting pada genset ialah aki. Cek secara berkala dan ganti aki jika sudah tidak layak pakai. Biasanya umur aki minimal satu tahun. Tapi jika dirawat dengan benar, aki bisa berumur hingga tiga tahun.

Panaskan genset secara berkala

images (1)

Walaupun tidak akan digunakan, panaskan genset secara berkala. Hal ini perlu dilakukan agar mesin selalu terlumasi oli dengan baik. Bagaimana jika tidak dipanaskan? Mesin akan kering dan lambat laun akan rusak dengan sendirinya. Panaskan paling tidak tiga hari sekali selama 10 menit agar

Add a Comment

Your email address will not be published.