Ingin Beli Rumah Bekas Dengan Mudah ? Simak Ini !!

Membeli rumah dijual di Jakarta bekas atau rumah bekas pakai untuk digunakan sebagai hunian tentu memerlukan pertimbangan yang lebih cermat dari pada saat membeli rumah baru. Simple saja hal ini karena bangunan lama biasanya akan membutuhkan perawatan dan renovasi dibalik harganya yang relatif lebih bersahabat.

Ketika kamu memilih rumah bekas dengan secara selektif maka rumah yang baru kamu beli bisa efisien dan nyaman ditempati hingga beberapa tahun ke depan. Namun, Ketika anggaran untuk membeli rumah idaman terbatas maka sebagai kompensasi kamu harus siap melakukan beberapa langkah renovasi. Renovasi ini mungkin juga bisa sangat besar seperti perbaikan atap atau pun ringan seperti halnya mengecat ulang dinding atau mengganti lantai keramik. Perhitungkan dan perkirakan anggaran serta biaya yang harus dikeluarkan agar kamu tidak merugi setelah proses jual beli rumah dilakukan.

  • Buat Ilustrasi Rumah yang Kamu Cari

Sebelum membeli rumah bekas, sangat penting untuk membuat ilustrasi rumah yang bisa memenuhi kriteria kamu dan keluarga. Mulai dari hadap bangunan, jumlah kamar, bentuk rumah, denah ruangan, sampai dengan luas pekarangan dan lahan parkir kendaraan. Selain itu, kriteria rumah impian juga bisa dilihat dari lokasinya. Misalnya dekat dari akses transportasi, sekolah, taman, kantir, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Dari poin-poin tadi maka kamu bisa mulai memilih rumah bekas yang mendekati kriteria tersebut.

  • Mencari Dan Memilih Rumah Bekas

Ada tiga tahap yang bisa membantu kamu mencari rumah bekas. Pertama, meminta bantuan profesional dari agen properti tau broker atau portal properti. Kemudian mencari rumah yang mendekati kriteria, mulai dari banderol harga sampai dengan lokasi. Setelah mengumpulkan beberapa pilihan, kamu bisa mulai melakukan survei rumah dengan menghubungi nomor telepon yang tertera. Sebagai tips, carilah lokasi rumah dijual di Jakarta yang dekat dari tempat aktivitas keseharian kamu dan keluarga. Dengan demikian, kamu bisa menghemat biaya dan waktu transportasi. Selain itu, menggunakan jasa agen properti juga bisa memberi banyak manfaat seperti mulai dari nilai investasi sampai dengan saran renovasi yang bermanfaat untuk properti kamu.

  • Survei Rumah

Survei langsung ke lokasi rumah yang kamu pilih akan memberi ilustrasi yang lebih jelas jika kamu pindah dan tinggal di sana kelak. Manfaatkan momen ini untuk mengecek denah ruangan dan struktur bangunan. Sayangnya, tidak semua calon pembeli bisa mengidentifikasi kondisi bangunan yang sesungguhnya. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengajak agen properti atau orang yang berpengalaman di bidang konstruksi bangunan untuk memberikan saran. Dengan berbekal pengetahuan soal kondisi bangunan, kamu bisa melakukan penawaran harga sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

  • Struktur Dan Kualitas Bangunan

Ada beberapa ‘penyakit’ bangunan tua yang perlu kamu ketahui. Yang pertama ialah retaknya struktur bangunan karena pengaruh cuaca atau sudah lama tidak ditempati. Jika tidak teliti, kamu harus merogoh biaya besar untuk memperbaiki konstruksi bangunan. Cek bila ada retak serabut pada dinding bangunan. Sementara itu permukaan dinding yang lembab karena jamur bisa mengganggu kualitas udara di dalam ruangan.

  • Perlengkapan Dan Peralatan Rumah

Selain struktur dan kualitas bangunan yang perlu kamu perhatikan saat membeli rumah bekas. Peralatan dan perlengkapan yang ada di dalam rumah pun sangat perlu untuk kamu periksa kondisi dan fungsinya. Mulai dari aliran air, apakah sumber air yang ada di rumah memadai pasa saat musim hujan atau pun saat musim kemarau tiba, pastikan air yang ada bersih dan tidak memiliki bau tidak sedap. Periksa aliran listrik yang ada di rumah apakah terpasang dan dapat difungsikan dengan baik. Kamu bisa melakukan pengecekan pada semua colokan listrik atau a[da setiap saklar lampu yang ada. Jangan lupa untuk memastikan ketersediaan bentilasi udara di dalam rumah, pastikan bila ventilasi udara yang ada cukup untuk memberikan supply udara segara ke setiap penjuru ruangan dengan baik.

  • Kerucutkan Pilihan Rumah

Setelah melakukan beberapa kali survei properti pada rumah yang berbeda, kini saatnya kamu ‘mengeliminasi’ rumah yang tidak sesuai dengan kriterian harapan rumah ideal versi kamu. Tentukan properti yang paling memenuhi kebutuhan kamu dan tidak memerlukan biaya besar untuk renovasi. Persempit pilihan menjadi dua dan minta bantuan ahli (misalnya arsitek atau kontraktor) untuk membantu menentukan pilihan. Minta mereka untuk menghitung angka pasti untuk biaya renovasi.

Membeli rumah dijual di Jakarta dalam kondisi yang sudah bekas terpakai tidak hanya perlu memperhatikan hal – hal diatas saja. Perhatikan pula lingkungan rumah dan sosial antar tetangganya. Kamu tentu tidak ingin tinggal di kawasan rumah yang suram atau memiliki cerita – cerita tertentu. Cari tau informasi melalui tetangga – tetangga rumah. Jangan ragu untuk sekedar berkenalan, menyapa dan mencari tau informasi akan lingkungan rumah. Apakah nyaman untuk ditempati atau tidak. Karena tidak akan ada yang tau akan suatu lingkungan selain orang yang berada di lingkungan tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published.