Sering gagal fokus? Kenali penyebabnya!

Awkward moment itu, ketika sedang cuci piring tetiba muncul ide buat nulis di blog. Kemudian piring cucian yang masih belum dibilas ditinggalkan begitu saja. Lari ke kamar, buka laptop, login ke blog, dan… lupa tadi tuh mau nulis apa ya? #blank

Pernah mengalami kejadian seperti itu? Saya mah sering banget. Pernah juga nih kejadian seperti ini. Saya tanya suami mau minum kopi atau teh. Suami bilang kopi aja. Segera saya ke dapur dan kembali ke ruang tengah dengan segelas teh. Dan suami pun hanya bisa bengong #gubrak

Kalau teman-teman sering merasa nge-blank, tulalit, loading, terdistrek, atau bahkan melakukan sesuatu yang kurang berguna sampai waktu terbuang percuma, itu ciri-ciri momen gagal fokus.

Padahal untuk mencapai produktivitas yang optimal, kita perlu konsentrasi. Terus, koq bisa sih gagal fokus sampai hilang konsentrasi? Ada banyak penyebabnya nih… Sebaiknya kenali satu per satu sehingga penanganannya juga bisa tepat.
1. Media Sosial
Mau gak mau, sosial media saat ini memang jadi teman yang menyenangkan. Bangun tidur yang pertama kali diperiksa adalah media sosial. Sedang cuci piring, penasaran dengan notifikasi dari hp. Makin penasaran dengan lanjutan komentar di status teman yang tadi sedang seru-serunya. Belum lagi pesan di whatsapp yang sampai ratusan. Pernah seperti itu? Nah, kalau sudah begini media sosial jelas menghambat pekerjaan.
Solusi :
Hindari media sosial ketika sedang bekerja. Baik bekerja di rumah ataupun di rumah. Buka media sosial ketika jam istirahat saja. Kalau sudah kecanduan, matikan koneksi internet di hp ya haha…
2. Multitasking
Biasanya sih perempuan yang bisa multitasking seperti ini. Misalnya saja sedang memasak, sambil menunggu masakan matang, disambi cuci piring atau sapu-sapu.
Padahal menurut para ahli, ada waktu yang hilang setiap kali kita mengalihkan perhatian dari satu tugas ke yang lain. Akhirnya tiga pekerjaan yang dikerjakan sekaligus secara bersamaan memakan waktu lebih lama dibanding pekerjaan yang dilakukan satu per satu.
Solusi :

Untuk sebuah tugas yang benar-benar penting kerjakanlah itu satu per satu. Tapi kalau memang bisa multitasking, simpan kemampuan multitaskingnya untuk melakukan hal yang tidak mendesak. Misalnya, merapikan ruangan sambil menelpon atau membalas email klien.

3. Bosan
Rutinitas yang sama setiap hari kadang membuat kita merasa jenuh. Ini akan membuat perhatian kita akan mudah teralihkan.
Solusi
Jangan memaksa badan dan pikiran untuk tetap bekerja jika sudah terasa lelah. Buatlah me time sendiri. Me time sederhana seperti duduk sambil membaca buku dan menikmati secangkir kopi, atau mendengarkan lagu tanpa ada yang mengganggu juga bisa membuat otak kembali fresh.
4. Banyak pikiran
Nah, kalau yang paling sering saya alami sih ini. Gagal fokus karena banyak pikiran. Rumah yang berantakan, kondisi keuangan di akhir bulan yang mengkhawatirkan, bisa mengganggu pikiran ketika bekerja.
Solusi :
Buat daftar tugas yang belum terselesaikan dan buat rencana untuk menyelesaikan. Tulis juga pikiran yang mengganggu di atas kertas agar bisa lepas sejenak dari pikiran. Selain itu, menuliskan pikiran yang mengganggu juga bisa membantu menemukan akar masalah dan solusinya. Selanjutnya, kalau sedang santai, bisa dibaca ulang. Siapa tahu apa yang sudah ditulis juga menjadi inspirasi bagi banyak orang.
5. Dehidrasi
Motor tidak akan jalan tanpa bensin, begitu juga dengan tubuh kita bila bahan bakarnya habis terus bagaimana tubuh dapat melakukan tugasnya dengan optimal? Otak tentu saja tidak bisa fokus dalam keadaan kehausan dan kelaparan.
Solusi :
Jaga agar tubuh kita tidak lapar ketika kerja, jangan lupa untuk tetap minum 8 gelas Aqua setiap hari.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.