Tips Merawat Hardisk Eksternal yang Baik dan Benar

Merawat hardisk eksternal harus dilakukan secara tepat, jika tidak maka akan membuat hardisk mudah rusak. Hardisk eksternal sendiri merupakan ruang penyimpanan tambahan bagi pelaku IT. Dengan menggunakan hardisk eksternal, ada banyak kemudahan yang dapat diperoleh. Salah satunya yaitu dapat menyimpan data-data atau file yang berukuran besar. Namun bagi Anda yang memiliki hardisk eksternal sebaiknya merawatnya sebaik mungkin agar tidak mudah rusak. Kerusakan hardisk eksternal akan membuat data-data hilang dan perlu melakukan recovery data. Sementara biaya untuk recovery sendiri tidak murah, tentu saja Anda sendiri yang akan merugi.

images-1

Bahkan ada juga recovery data untuk hardisk rusak yang biayanya lebih mahal dibandingkan harga hardisk eksternal itu sendiri. Untuk itu, rawatlah hardisk eksternal Anda sebaik mungkin jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya perbaikan. Umumnya hardisk yang sangat rentan mengalami kerusakan adalah hardisk yang sudah lama digunakan. Namun tidak jarang hardisk baru mengalami kerusakan, tentu saja dapat disebabkan oleh perawatan yang salah. Jika Anda tidak ingin hardisk Anda rusak, silakan ikuti tips-tips yang akan dibagikan berikut ini.

Tips Merawat Hardisk Eksternal Secara Tepat

Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat hardisk eksternal Anda agar tidak mudah rusak. Ini dia tips-tipsnya:

  1. Gunakan opsi Safe Remove Hardware

Perawatan hardisk eksternal yang satu ini mungkin terlihat sepele namun sebenarnya memberikan pengaruh yang besar. Biasakan diri Anda untuk selalu memilih opsi Safe Remove Hardisk agar hardisk Anda tidak mudah rusak. Ketika Anda menggunakan hardisk eksternal, tentunya Anda sering melakukan transfer data. Jika Anda langsung mencabut hardisk eksternal setelah digunakan tanpa memilih opsi ini, bisa jadi proses transfer data belum selesai 100 persen. Masih ada beberapa data yang mungkin tertinggal dan hal tersebut dapat menjadi penyebab Master Boot Record rusak dan perlu diformat ulang.

  1. Hindari terhadap benturan keras

Tips merawat hardisk eksternal selanjutnya yaitu hindarkan hardisk eksternal Anda dari benturan keras. Hardisk eksternal saat ini masih banyak yang belum dilengkapi dengan pengaman memadai sehingga sangat rentan terhadap benturan keras. Jika hardisk eksternal mengalami benturan keras maka komponen mekanik di dalamnya dapat rusak. Untuk itu, usahakan sebaik mungkin untuk meletakkan hardisk di tempat yang aman ketika ingin membawanya ke mana saja. Jika Anda tidak memiliki softcase ataupun hardcasenya maka gunakan saja kain atau tisu untuk melindunginya. Terlebih lagi jika Anda membawa hardisk di dalam tas, pastikan untuk berhati-hati.

  1. Letakkan di permukaan yang padat

Jika Anda meletakkan hardisk eksternal di tempat yang empuk seperti kasur, sirkulasi udaranya akan menjadi kurang lancar. Akibatnya hardisk akan cepat panas dan risiko terjadinya kerusakan semakin tinggi. Untuk itu, letakkan hardisk di tempat-tempat yang padat seperti di meja, lantai dan tempat padat lainnya. Atau jika perlu gunakan kipas atau fan mini untuk membantu mendinginkan hardisk jika Anda menggunakannya terus-menerus. Tidak hanya laptop saja yang membutuhkan kipas, hardisk eksternal juga membutuhkannya jika Anda menggunakannya dalam jangka panjang. Harga kipas mini ini tidak terlalu mahal mengingat manfaatnya dalam merawat perangkat hardisk eksternal.

  1. Jauhkan dari air

Air dapat merusak hardisk eksternal Anda, oleh sebab itu tips merawat hardisk eksternal terbaik selanjutnya yaitu jauhkan hardisk Anda dari air. Cairan merupakan musuh yang paling besar untuk peralatan elektronik, tidak terkecuali hardisk. Jika terkena cairan atau air, hardisk Anda akan mudah rusak atau mengalami korsleting. Jika sudah parah, hardisk Anda bahkan tidak akan digunakan lagi akibat kerusakan tersebut. Oleh karena itu jangan biasakan meletakkan minuman di gelas di dekat Anda meletakkan hardisk. Selain minuman, benda cair lainnya seperti sup atau makanan berkuah lainnya juga perlu dihindarkan dari hardisk eksternal.

  1. Cabut di kepala konektornya

Untuk merawat hardisk eksternal berikutnya yaitu jangan asal mencabut kabel USB hardisk. Yang benar yaitu tarik pada kepala konektornya, bukan menarik kabelnya. Jika Anda terbiasa menarik kabelnya, kemungkinan kabel USB tersebut akan rusak. Akibatnya Anda perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli kabel USB untuk menggunakan hardisk eksternal Anda. Tidak hanya itu saja, usahakan pula untuk tidak terlalu sering mencabut pasang kabel USB. Hal tersebut dapat menyebabkan kepala konektor menipis yang akan menyebabkan kontak yang baik. Jangan terlalu sering mencabut dan memasang kabel USB jika memang tidak penting.

  1. Simpan ketika tidak digunakan

Simpanlah hardisk eksternal Anda ketika Anda tidak menggunakannya, simpan di tempat yang tepat. Hindari hardisk dari debu-debu yang akan merusak hardisk atau menghambat kinerja hardisk nantinya. Jika Anda menyimpannya di dalam kotak khusus untuk hardisk, jangan lupa untuk membuka kotak tersebut ketika Anda ingin menggunakan hardisk. Tentunya agar sirkulasi udaranya tidak terhambat ketika hardisk sedang digunakan.

  1. Jauhkan dari benda bermagnet

Tips merawat hardisk eksternal yang bagus berikutnya yaitu dengan menjauhkan hardisk dari benda bermagnet. Selain cairan, benda bermagnet juga dapat merusak sistem kerja di perangkat elektronik. Magnet dapat memaksa komponen mekanik di perangkat elektronik untuk bergerak. Jika hal tersebut sampai terjadi pada hardisk eksternal, tentu saja hardisk eksternal Anda akan mudah rusak. Selain itu, hindarkan juga hardisk eksternal dari benda yang sering bergetar. Contohnya saja speaker aktif, getaran tersebut dapat mengganggu kinerja hardisk. Dapat terjadinya kesalahan baca atau tulis di hardisk atau bahkan hardisk dapat berhenti bekerja.

Itulah 7 hal yang harus Anda lakukan bagi Anda yang ingin hardisk eksternal Anda tidak mudah rusak. Merawat hardisk eksternal memang tidak boleh asal mengingat harganya yang cukup tinggi di pasaran. Bahkan biaya perbaikannya juga cukup mahal sehingga Anda harus merawatnya sebaik mungkin agar tidak mudah rusak. Selain karena faktor biaya, tentu saja keamanan data-data yang Anda di simpan dalam hardisk tersebutlah yang paling penting. Tentunya Anda tidak ingin hardisk yang sudah Anda simpan di hardisk tersebut hilang begitu saja dan tidak bisa direcovery lagi karena salah perawatannya.

Namun penting untuk Anda ketahui, melakukan backup data dari hardisk eksternal Anda juga perlu untuk dilakukan. Tidak jarang hardisk eksternal yang rusak walau sudah dirawat secara baik. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan backup data. Jika Anda memiliki dana lebih, Anda dapat membeli hardisk eksternal lainnya untuk membackup data-data tersebut. Akan tetapi, dengan melakukan perawatan yang benar maka risiko terjadinya kerusakan sudah diminimalisir. Oleh karena itu terapkan atau lakukan tips-tips merawat hardisk eksternal murah di atas.

Bagi Anda yang membutuhkan hardisk eksternal, pastikan untuk membeli hardisk yang tepat. Pembelian hardisk sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan juga budget yang Anda miliki. Jangan membeli hardisk karena harganya yang mahal karena harga tidak menjamin kualitas yang bagus. Namun pastikan untuk membelinya di tempat yang tepat seperti Bhinneka.Com. Ada banyak penawaran menarik untuk Anda yang membutuhkan hardisk eksternal. Hardisk yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus-bagus serta harga yang murah. Walau murah, jika Anda merawat hardisk eksternal dengan baik maka hardisk tidak akan mudah rusak.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.