Modal Bisnis Tercukupi Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

By | September 28, 2016

Modal Bisnis Tercukupi Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA) – Memulai bisnis atau usaha ternyata tidak semudah menjalankan dan mengembangkannya. Banyak orang yang bisa dalam menjalankan sebuah bisnis namun gagal dalam memulainya. Ketika sudah memiliki gambaran dan perencanaan yang matang dalam memulai suatu bisnis ada banyak masalah yang datang. Salah satu masalah terbesar dalam bisnis yaitu kecukupan modal dari bisnis itu sendiri. Masalah modal ini sepertinya selalu menghantui seseorang yang akan memulai usaha atau bisnis. Akhirnya, meskipun memiliki perencanaan dan konsep yang sudah baik, semua itu akan menjadi sia- sia jika tidak ada modal yang di butuhkan untuk memulai usaha atau bisnis tersebut.

Mengapa? Karena modal dalam bisnis bisa di katakan faktor penting agar berjalannya sebuah bisnis atau usaha. Memang ada bisnis yang tidak memerlukan modal dalam memulainya, hanya tenaga saja seperti menjadi reseller dan bisnis lainnya. Namun tidak bisa di pungkiri jika modal bisnis yang cukup akan mempengaruhi keberhasilan usaha atau bisnis tersebut. Tetapi mengenai masalah modal sekarang ini banyak pilihan yang bisa membantu Anda dalam mencukupi kebutuhan modal. Solusi dari masalah modal tersebut bisa Anda selesaikan dengan melakukan permohonan pinjaman uang tunai di bank. Produk bank yang bisa Anda pilih salah satunya adalah KTA atau Kredit Tanpa Agunan.

Modal Bisnis Tercukupi Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Mengapa KTA? Karena salah satu produk kredit perbankan dimana dalam produk ini calon nasabah tidak di bebankan dengan jaminan. Alias bahasa sederhananya adalah mendapatkan pinjaman dana namun tidak memberikan jaminan. Ini merupakan kemudahan, bukan? Apalagi jika memang Anda tidak mempunyai barang berharga yang bisa dijaminkan. Untuk nominal kredit yang bisa di pinjam memang tidaklah besar. Berbeda dengan produk kredit lain yang bisa memberikan kredit hingga puluhan bahkan ratusan juta, KTA ini hanya bisa memberikan kredit maksimal Rp 5 juta saja. Hal ini di karenakan produk KTA tidak memiliki jaminan atas pinjamannya sehingga bank tidak bisa memberikan kredit dengan nominal yang besar.

Untuk jangka waktu pembayaran atau tenornya, biasanya hanya berkisar satu hingga tiga tahun saja. Hal itu di karenakan jumlah nominalnya yang tidak besar maka tenor pun juga tidak panjang. Untuk masalah jangka waktu ini Anda bisa memilih sendiri lamanya pembayaran. Akan tetapi sama dengan produk kredit lainnya, akan di berikan denda keterlambatan jika Anda terlambat dalam membayar cicilan setiap bulannya yang besarannya di hitung per hari. Produk KTA ini akan membantu Anda menyelesaikan masalah keuangan seperti modal bisnis atau usaha akan tetapi, sebagai nasabah Anda juga di tuntut untuk disiplin dan bertanggungjawab dalam melakukan pembayaran cicilan setiap bulan sehingga Anda tidak terbebani denda, pihak bank pun juga akan senang jika Anda kooperatif dalam menggunakan produk kredit ini.

Setelah membahas mengenai produk KTA maka selanjutnya apa saja yang menjadi persyaratan untuk mengajukan KTA ini? Bagaimana proses yang harus dilalui calon nasabah? Berikut penjelasannya.

  • Syarat dan Ketentuan

Persyaratan dan ketentuan sebelum mengajukan permintaan pinjaman dalam setiap produk kredit pasti ada. Akan tetapi setiap produk berbeda- beda. Syarat dan ketentuan ini harus dipenuhi oleh setiap calon nasabah yang mengajukan permohonan kredit tanpa agunan. Dalam KTA ini ada beberapa syarat umum yang harus di penuhi oleh nasabah seperti status kewarganegaraan yaitu WNI atau Warga Negara Indonesia,minimal mempunyai penghasilan tetap atau merupakan wirausaha, dan batas umur atau usianya adalah 21 tahun hingga 55 tahun. Persyaratan umum tersebut haruslah di perhatikan oleh nasabah.

Selain itu, persyaratan yang lainnya Anda juga diwajibkan untuk mencantumkan beberapa dokumen penting yaitu seperti fotokopi identitas diri yaitu KTP atau Paspor, memiliki dan fotokopi NPWP, fotokopi rekening koran yang dimiliki, dan slip gaji minimal 3 bulan sebelumnya.

Bagi Anda yang mendaftarkan pengajuan pinjaman KTA ini atas nama badan usaha yang Anda miliki maka ada beberapa dokumen usaha yang wajib Anda sertakan seperti surat izin usaha, dan dokumen lain yang berhubungan dengan badan usaha yang Anda miliki serta laporan keuangan atas usaha tersebut.

Syarat- syarat tersebut nantinya akan diverifikasi dan di cek kembali oleh bank. Jangan dianggap sepele karena persyaratan ini juga mempengaruhi diterima atau ditolaknya pengajuan KTA Anda. Setelah Anda mempertimbangkan secara matang, maka Anda bisa mengajukan pinjaman KTA kebank. Akan tetapi, sebelum mengajukan KTA ini Anda bisa melakukan beberapa tips dalam melakukan pembayaran pinjaman KTA.

  • Rencana Usaha atau Bisnis

Hal awal yang harus Anda perhatikan dan lakukan adalah dengan membuat rencana bisnis atau usaha yang hendak Anda jalankan. Karena alasan Anda mengajukan pinjaman ini adalah sebagai modal bisnis maka Anda harus mempunyai keterangan yang lengkap dan jelas mengenai bisnis yang akan Anda jalankan. Dari mulai bentuk dan jenis bisnis, hal- hal yang menyangkut bisnis tersebut dan jangan lupa cantumkan pula rencana anggaran usaha Anda. Jenis bisnis yang dimaksud adalah misalnya Anda usaha dalam bidang apa? Kuliner, fashion atau yang lain.

Kemudian berikan penjelasan pula mengenai sasaran atau target dari usaha Anda. Susun rencana keuangan yang nantinya menjadi pedoman dalam Anda menjalankan bisnis tersebut. dan juga rencana tersebut di gunakan oleh bank untuk mengukur seberapa besar nominal yang akan di berikannya.

  • Jalankan Bisnis Sesuai Rencana

Ketika perencanaan bisnis atau usaha sudah Anda buat, maka selanjutnya adalah Anda harus menjalankan bisnis atau usaha Anda sesuai dengan apa yang telah Anda rencanakan. Memang, tidak bisa jika secara tepat sesuai dengan rencana anggaran yang Anda susun. Dalam perencanaan tentu Anda juga sudah memperkirakan seberapa pemasukan dan pengeluaran sehingga bisa dikira- kira berapa penghasilan yang Anda peroleh. Dengan perencanaan tersebut maka Anda bisa memperkirakan penghasilan atau keuntungan yang Anda dapatkan sehingga Anda pun bisa mengatur keuangan untuk Anda bayarkan sebagai cicilan kredit Anda. Pastikan bahwa Anda mampu dalam melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. Jangan sampai penghasilanAnda tidak mampu dan mencukupi untuk bisa memenuhi tanggung jawab Anda melakukan pembayaran hutang- hutang Anda. karena jika tidak, KTA ini tidakmembantu Anda malah justru menyusahkan Anda.

  • Disiplin dan Tanggung jawab

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan adalah sikap nasabah yang baik yaitu disiplin dan tanggung jawab. Agar pembayaran cicilan Anda bisa lancar dan tidak ada kendala, kedua sifat ini harus lah Anda miliki. Disiplin bertujuan agar Anda bisa melakukan pembayaran cicilan kredit sesuai dengan tanggal yang telah di tentukan. Sehingga Anda tidak akan mendapat denda keterlambatan karena kelalaian Anda dalam melakukan pembayaran. Sikap tanggung jawab ini membuat Anda sadar bahwa Anda memiliki hutang yang harus Anda bayar dan lunasi. Anda harus memenuhi kewajiban Anda sebagai seorang nasabah atau debitur yang baik

One thought on “Modal Bisnis Tercukupi Dengan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

  1. Raafi - Tips & Trik Kerja Online

    Mengambil opsi KTA untuk permodalan sebenarnya beresiko, apalagi kalau bisnisnya belum tervalidasi dengan baik/ atau baru mulai.

    Kecuali untuk pengembangan, yang ROI-nya sudah terukur. 🙂

    Saran saya lebih baik pakai sistem yang ‘Bagi Hasil’ daripada ‘Bunga’, karena ada nilai keadilan disana. *cmiiw

    Regards, Raafi :))

Leave a Reply