Paket Wisata Ekonomis ke Ujung Kulon

By | August 15, 2016

Taman Nasional (TN) Ujung Kulon merupakan destinasi favorit di ujung Pulau Jawa bagian barat. TN ini terletak di Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten. Pada tahun 1992, UNESCO menetapkan kawasan seluas 123 hektar ini sebagai warisan dunia atau Natural World Heritage Site. Untuk bisa menjelajahinya, Anda bisa mengambil paket wisata ekonomis Ujung Kulon. Berbagai keajaiban alam, tersedia di sini.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

TN Ujung Kulon merupakan habitat asli badak bercula satu atau yang biasa disebut badak Jawa. Badak ini termasuk hewan yang dilindungi karena keberadaannya hampir punah. Di TN ini, populasi badak Jawa jumlahnya tinggal dalam hitungan puluhan.

Berikut ini adalah beberapa tujuan wisata di kawasan TN Ujung Kulon yang sangat menarik untuk dikunjungi:

  1. Pulau Peucang

Pulau Peucang bisa dikatakan pintu gerbang menuju kawasan TN Ujung Kulon. Tempat inilah yang pertama kali dituju oleh wisatawan yang datang dari dermaga Sumur. Pulau kecil ini memiliki pantai dengan pasir putih yang menghampar luas. Ombak di lokasi ini tergolong kecil sehingga aman sebagai tempat berenang dan snorkeling.

Berbagai fasilitas sudah tersedia di sini. Ada penginapan, rumah makan, toko cinderamata, dan sebagainya. Pengunjung dilarang mendirikan tenda untuk bermalam. Peraturan ini dibuat untuk melindungi para pengunjung sendiri. Di daerah ini masih terdapat hewan liar seperti babi hutan dan monyet.

  1. Pulau Handeleum

Pulau Handeleum merupakan gugusan pulau yang berkumpul dengan ukuran bervariasi dari kecil hingga besar. Pulau ini menawarkan wisata sungai dengan pemandangan alam yang luar biasa. Anda bisa menaiki sampan dan melaju tenang menyusuri Sungai Cigenter dengan pemandangan hutan terbuka. Berbagai binatang liar khas daerah ini tampak hidup bebas dengan tenang.

Dengan kecepatan rendah, Sungai Cigenter bisa ditelusuri dalam waktu 2 jam. Waktu yang sangat leluasa untuk bisa menyaksikan keindahan alam di sini yang didominasi oleh hutan hujan dan bakau. Saat bersampan, sebaiknya Anda ditemani pemandu yang biasanya merangkap sebagai pengayuh sampan. Pemandu yang kebanyakan penduduk sekitar ini memahami betul medan sungai sehingga bisa menunjukkan Anda ke titik-titik yang berkesan. Selain itu, kawasan Cigenter masih banyak terdapat binatang liar berbahaya, seperti badak, buaya dan ular.

  1. Pulau Badul

Pulau Badul ukurannya tak lebih dari ukuran lapangan sepakbola. Pulau ini merupakan titik terindah untuk snorkeling. Anda bisa menikmati indahnya terumbu karang di dasar laut yang dangkal, serta ikan-ikan laut yang beraneka warna.

  1. Karang Copong

Karang Copong mengacu pada nama sebuah batu karang raksasa yang di dalamnya copong alias bolong. Batu karang ini bisa dicapai dengan cara trekking dari dermaga Peucang menyusuri hutan hujan tropis. Diperlukan waktu sekitar 45 menit menuju lokasi.

Di ujung jalur treking, Anda bisa menemukan Karang Copong. Di kawasan hutan hujan ini, Anda disuguhi pemandangan yang begitu indah. Pepohonan dan tanaman liar di sini sangat lebat sehingga memberi kesan teduh dan sejuk meski sedang berada di pinggir laut. Panorama Karang Copong sering digunakan untuk berfoto ria mengabadikan liburan yang mengasyikan.

Pesona TN Ujung Kulon sungguh menakjubkan sehingga sangat sayang jika dilewatkan untuk dikunjungi. Berwisata ke sini tidak terlalu banyak menghabiskan biaya. Jika ingin lebih praktis dan hemat, Anda bisa menggunakan paket wisata ekonomis yang tersedia. Liburan ekonomis memang lebih murah, tetapi tidak murahan.

Leave a Reply