ATM BCA hilang? Ini yang harus dilakukan

By | May 22, 2016

Beberapa bulan yang lalu saya pernah kehilangan kartu ATM BRI. Lebih tepatnya lagi, tertelan. Tapi untuk mendapatkan kartu ATM pengganti dari BRI, saya harus membuat surat kehilangan dari kepolisian terdekat. Jadi anggap saja hilang beneran hehe

Selang berapa bulan kemudian, kejadian yang sama terulang kembali. Kali ini menimpa kartu ATM BCA. Duh! Padahal rekening BCA ini saya buat di Bandung. Jadi mau tidak mau saya harus ke kantor BCA Ahmad Yani II tempat saya membuka rekening bank dulu.

Kemarin kebetulan anak-anak libur sekolah, waktunya mudik donk. Dari rumah sudah direncanakan mau mengurus kartu ATM yang tertelan. Tidak seperti prosedur mengurus kartu ATM hilang di Bank BRI, prosedur penggantian kartu yang hilang di BCA lebih sederhana.

Kebetulan juga suami pernah mengurus ATM patah + KeyBCA yang rusak, tapi waktu itu suami hanya membawa buku tabungan dan kartu identitas, tanpa surat kehilangan dari kepolisian dan ATM / KeyBCA yang rusak. “Udah, bawa buku tabungan aja sama KTP, kalau gak yakin telepon HaloBCA“, ujar suami.

Ah, saya sih percaya saja sama suami hihi

Datang ke kantor BCA Ahmad Yani II saya disambut Pak Satpam. Pak Satpam mengarahkan saya ke meja CS yang kebetulan memang sedang kosong. Maklum, sebentar lagi waktunya Jumatan.

Di meja CS ada Neng Audrey yang sigap membantu saya. Saya diminta menunjukkan buku tabungan dan kartu identitas. Surat kehilangan dari kepolisian TIDAK ditanyakan sama sekali.

Tertelannya kapan, bu? Dimana? Sudah telepon HaloBCA untuk blokir kartu?“, tanya Neng Audrey sambil mengisi beberapa formulir.

Bulan kemarin, tapi belum diblokir“, jawab saya sambil melanjutkan dalam hati… “saldonya juga kosong, ngapain diblokir neng… wkwkwk

O ya, karena saldo yang kosong ini pula, saya diminta mengisi rekening terlebih dahulu sebesar Rp.50.000,- untuk biaya penggantian kartu ATM yang hilang. Koq besar amat? Biaya penggantiannya sih hanya 15 ribu dan nanti didebit dari rekening.

Siapkan juga uang sebesar 6 ribu untuk materai.

Untuk verifikasi data, CS akan menanyakan data seperti nama ibu kandung, nama ayah, dan lain-lain.

Karena ini kunjungan pertama saya setelah kunjungan membuka rekening bertahun-tahun yang lalu, saya pun diminta melakukan pengkinian data. Yang ditanya sih hanya nomer telepon, email dan pekerjaan sekarang.

Buat yang punya NPWP, siapkan juga kartu NPWP-nya. Kalau tidak punya sih nanti kita tinggal menandatangani formulir pernyataan yang sudah disediakan CS.

Sambil menunggu saya menandatangani beberapa formulir, Neng Audrey menjelaskan kalau ada perubahan biaya administrasi dan limit penarikan/transfer.

Untuk tabungan Tahapan, nasabah dikenai biaya administrasi bulanan sebesar 17 ribu rupiah, dan biaya tambahan sebesar 5 ribu rupiah jika saldo rata-rata per bulan kurang dari 100 ribu rupiah. Kemarin juga dijelaskan jumlah limit segala macem sih, lengkapnya lihat di webnya BCA saja lah ya… saya lupa apa saja 😀

Neng Audrey juga meminta saya untuk difoto dengan kamera yang ada di atas monitor.

IMG_20160520_121638

Lho, buat apa?

Sewaktu-waktu ibu perlu mengurus kartu ATM hilang seperti sekarang ini, dan ibu sedang di luar kota, ibu gak perlu bawa buku tabungan lagi. Cukup datang ke kantor BCA terdekat. Jadi, boleh dibilang ini gantinya buku tabungan“, kata Audrey.

Ih, keren nih. Iya juga ya. Kalau ATM tertelan atau hilang seperti yang saya alami, sebenarnya kan bisa saja saya urus hari itu juga. Masalahnya waktu itu saya pakai mesin ATM di jalan menuju Bandung. Sementara buku tabungan sudah pasti gak saya bawa. Ngapain juga bawa-bawa buku tabungan kemana-mana hihi… mending disimpan saja di lemari.

Meski begitu, mudah-mudahan sih gak kejadian lagi kartu ATM tertelan/hilang. Sayang kepotong 15 ribu euy… :))

IMG_20160522_094712_edit

7 thoughts on “ATM BCA hilang? Ini yang harus dilakukan

  1. Sutopo Sasuke

    dulu ATM mandiri ku juga hilang :v
    terus pagi2 datang ke bank untuk minta ATM baru wkwkw :v
    urusan slesai deh ..
    cuman ngisi form dan bayar untuk ATM setelah dapat ATM kemudian dirusuh setup pasword …

    1. oRiN Post author

      wah… ATM-nya hilang juga ya. Mudah2an gak hilang2 lagi… meski gampang, repot juga kalau harus bolak balik bank demi ATM ^_^

Leave a Reply