Mengenal Sosok di Balik Cerita Anak, Hairi Yanti

By | March 15, 2016

Jumat sore jadi waktu yang paling ditunggu anak-anak, terutama Ceuceu dan Teteh. Ada yang mereka tunggu sedari Kamis. Apalagi kalau bukan Majalah Bobo.

Majalah favorit anak-anak ini memang terbit tiap hari Kamis. Hampir 3 tahun anak-anak berlangganan Majalah Bobo. Hanya saja di sekitar rumah tidak ada agen koran/majalah. Jadi majalah dikirim ke alamat kantor suami dan baru sampai di tangan anak-anak Jumat sore, pas bapaknya pulang 😀

Ada rubrik favorit anak-anak dan selalu mereka baca lebih dulu sebelum membaca rubrik yang lain, yaitu rubrik Cerita Pilihan. Sampai-sampai nama penulisnya mereka hafal. Ada Bambang Irwanto, Novia Erwida, Rosi Meilani, Veronica Widyastuti, Hairi Yanti, dan masih banyak lagi.

Beruntung saya kenal dengan beberapa sosok penulis cerita anak ini. Salah satunya Hairi Yanti. Penulis yang juga pemilik blog http://hairiyanti.com ini memang sudah banyak menghasilkan cerita anak yang dimuat di majalah Bobo.

Salah satu karya Hairi Yanti yang Ceuceu suka adalah Rani ditangkap Polisi, cerita pendek yang dimuat di Majalah Bobo Nomer 43 Edisi 28 Januari 2016.

Cerita ini idenya berasal dari kejadian sehari-hari, di mana orang dengan gampangnya menyebarkan berita hoaks tanpa tabayyun terlebih dahulu, membuat Ceuceu tersenyum sendiri. Soalnya kejadian yang hampir mirip pernah menimpa Ceuceu juga.

Kebanyakan ide cerita yang ditulis Hairi Yanti memang berasal dari kejadian sehari-hari yang dikemas dengan apik dan menarik.  Tengok saja isi blog Hairi Yanti yang juga sering menuliskan cerita di balik layar tulisannya yang dimuat di majalah.

IMG_20160315_143645_edit

Tentu saja apa yang sudah dicapai Hairi Yanti ini bukan tanpa proses. Berawal dari rasa kepenasarannya tentang tips agar tulisan kita bisa dimuat di majalah Bobo, Hairi Yanti kemudian mendapat saran untuk membeli 4-5 majalah Bobo dan mempelajari isi ceritanya.

Tak cukup dengan mempelajari isi cerita penulis lain yang sudah pernah dimuat di majalah, Hairi Yanti juga mengikuti berbagai kelas menulis. Tak hanya itu Hairi Yanti juga gemar berburu buku, untuk dibaca tentu saja, karena membaca merupakan modal utama seorang penulis. Asyiknya lagi, hobbynya menimbun buku ini didukung oleh suami tercinta.

Bukan cuma piawai menulis cerita anak, resensi Hairi Yanti juga sudah banyak dimuat media.

Mau kenalan juga dengan  penulis dari Borneo ini? Yuk follow akun twitternya di @yant165 dan IG @hairiyanti.

Errrr… saya sudah sering baca majalah Bobo sejak dulu, koq gak pinter-pinter nulis cerita anak ya? Ajarin donk Mbak ahaha…

4 thoughts on “Mengenal Sosok di Balik Cerita Anak, Hairi Yanti

  1. Hairi Yanti

    Mbaak… Kelewatan belum komen di sini. Makasiiih yaaa… Wah, langganan majalah Bobo ya. Asyiiik… Salam buat anak2 ya, Mbak. Semoga suka sama cerita sy 🙂

Leave a Reply