Cara Merawat Kulit Bayi Agar Sehat Saat Memandikan Bayi

By | December 24, 2015

Cara Merawat Kulit Bayi Agar Sehat Saat Memandikan Bayi – Kulit bayi merupakan kulit yang halus dan juga lembut, namun dibalik halus dan juga lebut tersebut, kulit bayi juga sangat rentan dan sensitif terhadap segala iritasi dalam pemakaian bahan-bahan yang mengandung zat kimia atau sejenisnya. Oleh karena itu bagi anda sebagai orang tua maka dalam merawat kulit bayi harus diperhatikan bahan yang anda gunakan juga cara merawat kulit bayi agar sehat halus dan juga lembut.

Cara merawat kulit bayi dapat anda lakukan dengan berbagai cara, salah satunya pada saat anda memandikan bayi anda. Cara yang salah dalam memandikan bayi ini tidak hanya berakibat pada kulit bayi anda yang kering dan kasar, namun juga dapat berbahaya bagi bayi anda.

Dari hal itu untuk mengetahui bagaimana cara merawat kulit bayi agar sehat saat memandikan bayi, anda dapat menemukannya dari berbagai artikel atau berbagai buku sumber yang banyak ditulis oleh para ahli dibidangnya. Namun untuk anda yang ingin mencoba dari awalcara merawat kulit bayi, berikut ini saya sajikan cara yang mudah dan praktis dalam merawat kulit bayi anak anda saat memandikannya.

  • Saat memandikan bayi gunakan air hangat (hangat kuku), namun untuk bayi yang baru berusia mingguan atau satu dua bulan jangan terlalu sering memandikannya, cukup seminggu sekali. dalam memandikannya juga gunakan sabun khusus mandi yang terbuat dari bahan yang alami, tidak terlalu banyak mengandung zat kimia berbahaya dan juga memiliki pH yang rendah sekitar 4,5 – 5.
  • Pada bayi biasanya suka terdapat lapisan vernix caseosa, jika anda menemukannya maka jangan sampai menggosoknya karena lapisan ini bermanfaat untuk melindungi kulit bayi yang sensitif.
  • Setelah memandikan bayi pastikan tidak ada lagi sisa sabun yang tersedia pada tubuh bayi anda. Sisa sabun yang menempel pada bayi akan berakibat kurang baik pada kulit bayi.
  • Keringkan kulit bayi dengan handuk yang lembut dan juga halus. Saat mengeringkannyapun jangan sampai dengan menggosoknya dengan keras, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit bayi anda, tetapi anda cukup dengan menekan-nekannya secara lembut.
  • Jika pada bayi terdapat lipatan-lipatan kulit seperti pada leher, paha, atau kaki bayi. Maka jangan sampai anda membedakinya, hal ini dapat mengakibatkan timbulnya penyakit kulit akibat iritasi, yaitu ketika bedak bercampur dengan keringat dan juga urin bayi.
  • Setelah selesai memandikan dan mengeringkan bayi, maka pakaikan bayi dengan pakaian yang terbuat dari katun yang lembut dan menyerap keringat. Pakaian yang dipakaikanpun usahakan agar sedikit longgar agar bayi merasa nyaman.

Leave a Reply