Asus Zenfone 2 Laser: Desain Elegan, Fitur Menawan dengan Harga Bikin Nyaman

Pernah gak merasa kesal karena kehilangan momen untuk diabadikan? Bukan karena gak ada perangkat yang mendukung, tapi karena sibuk menghidupkan smartphone yang sedang dipegang hanya saja smartphonenya dalam keadaan standby. Atau kamera sudah standby, tapi… susah fokus. Atau kesulitan berpindah ke kamera dari aplikasi yang sedang dipakai karena smartphone mulai lambat.

Saya sering. Sedang jalan bersama suami, ada kejadian unik. Mau laporan di twitter, tekan tombol power, buka smartphone yang terkunci, masuk ke kamera. Pas udah siap jepret… aduh… masih susah fokus. Huaaa… akhirnya malah kelewat tuh. Mobil juga udah jalan. Gak mungkin minta suami berhenti dulu demi saya yang selalu ingin eksis hihi…

Pernah juga pas kumpul keluarga bareng, welfie rame-rame. Sudah susah mengatur pose, yang itupun pakai dempet-dempetan… eh, ternyata gak semua anggota keluarga terbawa dalam foto.

Sebagai ibu masa kini, saya juga tentunya gak mau ketinggalan berita. Meski sudah jarang menonton televisi, saya masih bisa update semua berita lewat timeline yang kadang lebih lengkap dan seru dibanding berita di televisi ahaha. Kalau ada berita hangat di timeline, mendadak saya sibuk buka semua aplikasi medsos. Twitter, Facebook, Path, Instagram, sampai sibuk ngerumpi di Whatsapp.

Selain eksis di medsos, kesibukan lain saya sebagai seorang ibu adalah jadi guru bagi anak-anak. Bukan hanya anak saya saja sih. Karena tiap akhir pekan ada teman-teman Ceuceu yang belajar bersama di rumah. Meski bukan guru betulan tapi saya harus sigap dengan segala pertanyaan dari anak-anak. Baik pertanyaan akademis maupun pertanyaan yang di luar jangkauan. Agar anak tidak  menunggu terlalu lama, saya pun harus segera mencari jawaban. Dari mana? Googling donk. Baca-baca blog teman-teman, atau sekalian minta tolong ke teman-teman dengan membuat pertanyaan di status/lewat grup whatsapp.

Belum cari resep, cari bahan buat ikut lomba, nonton Adam Levine atau tayangan The Voice 9 lewat Youtube, sampai belanja… sekarang hampir semua dilakukan lewat smartphone. Makanya  semua aplikasi pendukung kegiatan sehari-hari saya pasang di smartphone. Aplikasi email, ngeblog, edit foto, game youtube-an, putar lagu, dan tentu saja gak  ketinggalan, medsos. Sayangnya banyaknya aplikasi yang dipakai malah sering membuat smartphone jadi lelet dan kehilangan kecerdasannya.

Yup. Di era digital seperti sekarang ini, mau  reporter,  guru, blogger, pelajar, mahasiswa, tukang ojek, bahkan ibu rumah tangga biasa seperti saya pun harus punya senjata yang mumpuni.

Lho… memangnya senjata apa yang diperlukan? Ya apa lagi kalau bukan smartphone.

Smartphone mumpuni itu harus yang mahal?

Awalnya sih saya pikir memang begitu. Smartphone premium yang punya fitur wah, pastinya juga harganya bikin nangis darah. Tapi beberapa hari kemarin di timeline saya berseliweran foto launching smartphone dengan fitur premium namun harganya berada di kisaran harga mainstream. Bayangkan saja, dibandingkan smartphone premium pabrikan lain yang fiturnya hampir sama, Asus mampu menawarkan harga terbaik yang jelas gak bikin nangis darah.

Yes.  Kamis, 19 November 2015 kemarin ada acara launching lini produk Asus Zenfone di Jakarta. Sebetulnya saya juga sempat berpikir untuk hadir di acara launching ini. Kebetulan saya lihat ada formulir yang harus diisi untuk mendapatkan undangan acara launching ini di forum Zentalk. Tapi tugas negara tidak bisa saya tinggalkan. Alhasil, saya pun hanya bisa takjub melihat foto-foto jalannya launching Asus Zenfone lini terbaru di timeline.

Ada beberapa produk Asus terbaru yang diluncurkan kemarin, yaitu Zenfone 2 Deluxe Special Edition, Zenfone Max, Zenfone Selfie, Zenfone Go dan Zenfone 2 Laser.

12249573_10153657170627324_6586100219307748079_n

Lini terbaru ASUS Zenfone yang dilaunching di ASUS ZenFestival (Sumber : FP ASUS Indonesia)

Duh… asli, saya ngiler banget huhu

Apalagi suami memang pengguna setia  Asus, tepatnya Zenfone 5. Padahal biasanya suami hanya sanggup bertahan beberapa bulan dengan smartphonenya, tapi sudah 1 tahun lebih ini suami bilang puas dengan kinerja Asus Zenfone 5 dan belum berniat pindah ke lain smartphone.

IMG_20151122_215032_edit

Zenfone 5 milik suami

Tapi sewaktu saya bilang Asus lagi launching produk baru, suami juga ikut penasaran. Nah, yang membuat saya makin ngiler sih melihat spesifikasi Asus Zenfone 2 Laser yang setara dengan smartphone premium namun dijual di pasaran dengan harga gak lebih dari setengahnya. Wow banget kan?

Sebelumnya Asus juga mengeluarkan Zenfone 2 Laser ZE500KG. Di ZenFestival kemarin, Asus Zenfone 2 Laser yang diluncurkan  yaitu : Asus Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KL), Asus Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL), dan Asus Zenfone 2 Laser 6.0 (ZE601KL).

Lalu apa keunggulan Asus Zenfone Laser 2 ini ? Secara garis besar, ini keunggulan Asus Zenfone 2 Laser…

if

DESAIN ELEGAN

Boleh dibilang Asus susah move on dari urusan desain. Wajar sih. Desain Zenfone memang sudah meraih penghargaan Design Award 2015. Di tahun 2015 saja, ada 523 penghargaan yang berhasil disabet Zenfone.

Desain belakangnya yang melengkung juga membuat Asus Zenfone Laser 2 semakin nyaman digenggam. Pakai tangan kanan atau kiri, sama nyamannya. Selain itu, seperti pendahulunya Asus Zenfone 2, tombol volume di Asus Zenfone 2 Laser di samping ditiadakan agar menghasilkan sisi tertipis, 3.9 mm.

Lalu dimana tombol volume? Ada di belakang. Bukan hanya untuk mengatur volume, tombol belakang ini juga memudahkan saat kita melakukan selfie. Tak perlu sibuk cari tangan siapa yang paling panjang… hihi

SS 2015-11-23 at 12.15.37 AM copy

TIPIS DAN RINGAN

Memiliki dimensi 143.7 x 71.5 x 10.5 mm dengan berat hanya 140 g untuk seri Asus Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KL), 152.5 x 77.2 x 10.8 mm dan berat 170 g untuk Asus Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL), dan164.6 x 84 x 10.6 mm dengan berat 190 g untuk seri Asus Zenfone 2 Laser 6.0 (ZE601KL), membuat ketiga seri Asus Zenfone 2 Laser ini nyaman digenggam.

ZE550KL (Sumber : ASUS)

ZE550KL (Sumber : Asus)

LAYAR TAJAM

Nah, ini penting untuk pengguna smartphone yang gemar menonton film/video dengan kualitas HD. Dengan layar yang lebar, IPS LCD Capacitive Touch Screen 16M colors, dengan kerapatan ~294 piksel per inch (ZE500KL),~267 piksel per inch (ZE550KL) dan ~367 piksel per inch (ZE601KL), menjadikan ketiga smartphone ini memberikan kualitas layar yang tajam, mampu menampilkan gambar resolusi tinggi dalam detail yang luar biasa, memberikan berbagai warna indah dan tentunya akan memberikan sebuah rasa kepuasan bagi para penggunanya.

fullhd

Gambar full HD di ZE550KL (Sumber : Asus)

Asus Zenfone 2 Laser juga dibekali Bluelight Filter pada display. Jadi warna biru pada layar akan berkurang dan membuat tampilan dan warna display menjadi lebih lembut. Ini penting untuk orang yang tidak pernah lepas dari smartphone.

Perbedaan penggunaan Bluelight Filter pada Asus Zenfone 2 Laser

Perbedaan penggunaan Bluelight Filter pada Asus Zenfone 2 Laser

Untuk diketahui, dari data yang disimpulkan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 84% pengguna internet Indonesia mengakses internet setiap hari dan 37,7 % menggunakan selama 1-3 jam sehari. Paling lama penggunaan hingga 9 jam per hari sebanyak 6,1%.  Jadi meski berlama-lama memandangi layar smartphone, dengan Bluelight Filter ini mata jadi tidak cepat lelah.

KUAT DAN ANTI GORES

Sebagai pelindung terhadap goresan, semua seri Asus Zenfone 2 Laser yang diluncurkan di Zenfestival kemarin menggunakan Corning Gorilla Glass 4, yang menawarkan daya tahan 2 kali lebih baik saat terjatuh, mereduksi kemungkinan layar untuk pecah hingga 85% dan 2,5 kali lebih kuat dibandingkan dengan lapisan Gorilla Glass 3.

SS 2015-11-23 at 12.37.14 AMMau tahu buktinya? Asus Zenfone 2 Laser ini bisa menggantikan peran talenan! Nah, ini cocok untuk ibu rumah tangga seperti saya yang tidak mau lepas dari smartphone meski sedang sibuk di dapur hihi..

talen-asus2

Asyiknya, meski begitu Asus Zenfone 2 Laser ini tetap merespon segala sentuhan karena dibekali juga dengan  teknologi Asus Glove Touch.

PROSESOR TERCEPAT

Seperti yang sudah saya ceritakan tadi, seringkali smartphone jadi lambat. Mau pindah ke aplikasi lain saja perlu menunggu lama. Kalau sudah begini, kesal rasanya.

Masalah ini tentu saja tidak akan terjadi pada Asus Zenfone 2 Laser yang dibekali prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon dan didampingi dengan 2GB RAM serta didukung sistem operasi Android 5.0.2 Lollipop.

Prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon ini diklaim mampu menyediakan performa untuk menjalankan banyak aplikasi. Bermain game 3D, ambil foto, edit/rekam video dan banyak lagi tidak perlu dihantui peforma ponsel menjadi menurun. Konsumsi baterai pun jauh lebih hemat. Jadi gak ada lagi cerita smartphone jadi lambat meski buka banyak aplikasi.

SS 2015-11-23 at 2.19.38 AM copyKONEKTIVITAS TANPA BATAS

Smartphone hebat tanpa koneksi yang bagus apalah artinya.  Dari sisi transmisi data, Asus ZenFone 2 Laser dilengkapi chip 802.11 b/g/n yang akan memastikan koneksi via WiFi dapat dilakukan dengan gegas. Asus Zenfone 2 Laser juga dilengkapi Wi-Fi Direct, Bluetooth dan Android Hotspot untuk berbagi koneksi internet yang digunakan.

Untuk komunikasi seluler dan data, Asus Zenfone 2 Laser dibekali dengan RAM hemat energi 2GB dan menyediakan dua slot micro SIM card. Kedua slot berfitur dual sim dual standby tersebut mendukung konektivitas 2G/3G HSPA/4G. Asyiknya nih Asus Zenfone 2 Laser sudah mendukung jaringan 4G LTE… yang artinya, kalau dipakai Youtube-an, anti buffering!!! 😀

BATERAI TAHAN LAMA

Dibekali baterai Lithium 2.400mAh (ZE500KL), dan 3.000mAh (ZE550KL & ZE601KL), Asus ZenFone 2 Laser mampu bertahan cukup lama meski dijalankan beberapa aplikasi di dalamnya.

KAMERA TERBAIK DI KELASNYA

Meskipun Asus Zenfone juga meluncurkan Asus Zenfone Selfie, namun ketiga smartphone Asus Zenfone 2 Laser ini juga tidak kalah hebat untuk digunakan mereka yang suka selfie/welfie. Didukung dengan kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP, kamera Asus Zenfone 2 Laser juga mampu merekam video dengan resolusi 1080 piksel @30fps.

Jpeg

Hasil foto Asus Zenfone 2 Laser (AutoWB, kondisi cahaya indoor normal)

Secara garis besar, Asus Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KL), Asus Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL), dan Asus Zenfone 2 Laser 6.0 (ZE601KL) ini memang memiliki spesifikasi yang berbeda sesuai dengan segmentasi pasar. Yang jelas di semua seri Asus Zenfone 2 Laser ini sudah disematkan teknologi Laser Autofocus.

Ini juga yang jadi fitur andalan Asus Zenfone 2 Laser ditambah berbagai fitur dan mode, seperti :

  • Laser Autofocus

112546gszkkwwlk89lt90s

Sebagai perbandingan, terlihat perbedaan fokus gambar pada Asus Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL) dengan Asus Zenfone 5 di bawah ini (kondisi cahaya normal, Auto WB).

1448195064771

Terlihat kalau Asus Zenfone 2 Laser lebih cepat fokus dibanding Asus Zenfone 5.

  • Zerro Shutter Lag

Dengan Zerro Shutter Lag, apapun yang ada di foto akan terekam secara real-time, sehingga kita bisa mengabadikan momen yang bisa saja hilang dalam sekedipan mata.

  • Selfie Panorama

Dengan sudut pandang 85-derajat dan diafragma lensa,  kamera depan Asus Zenfone 2 Laser juga menyediakan mode spesial untuk mengambil selfie panorama sampai 140 derajat.

P_20151123_053913_PNSF copy

Mode Selfie Panorama, Night – indoor, kondisi cahaya sedang (lampu akuarium biru) (dokpri)

  • PixelMaster 

Mode PixelMaster ini berguna saat kita mengambil gambar dalam keadaan gelap. Dengan PixelMaster, hasil gambar akan tetap terang dan jernih hingga 400%, ditambah lagi dengan warna dan detil foto yang lebih baik.

Indoor, Cahaya minim, Mode Night - Auto

Indoor, Cahaya minim, Mode Night – Auto (dokpri)

Indoor, Cahaya minim, Mode Night – Low Light (dokpri)

  • Beautification

Kurang puas dengan hasil selfie? Gak perlu pakai aplikasi tambahan. Cukup gunakan mode beautification dan biarkan Zenfone 2 Laser menyeimbangkan fitur di wajah, melembutkan wajah sampai menyamarkan dan menghilangkan noda di kulit wajah.

Mode Beautification, Selfie dengan jangkauan tangan terpanjang hihi

 

  • Dual LED Real Tone

Fitur ini untuk membantu foto di dalam ruangan. Lampu kilat Dual LED Real Tone membuat kombinasi sempurna dari cahaya putih dan kuning untuk menghasilkan foto dengan tonal alami.

  • Mode Manual

Di ZenFone 2 Laser kita bisa melakukan pengaturan kamera ZenFone 2 Laser secara manual seperti layaknya DLSR. Total ada 13 setelan dan kontrol profesional yang bisa kita atur secara manual.

Screenshot_2015-11-23-08-44-52_edit

Selain mode dan fitur pada kamera, ada banyak tips dan trik yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan Zenfone 2 Laser. Jadi bukan cuma performanya saja yang hebat, tapi fitur-fiturnya juga mantap. Misalnya ini :

  • Lock Apps

Punya aplikasi yang tidak ingin dibuka orang lain? Tinggal pakai fitur Lock Apps seperti di bawah ini.

Screenshot_2015-11-22-16-48-28

  • Screen Pinning

Sedang asyik main game atau menulis di blog lewat browser kemudian tiba-tiba tidak sengaja tertekan tombol Home? Kesal pastinya. Pakai saja fitur Screen Pinning. Cukup tekan Overview, dan pilih aplikasi mana yang akan di-pin. Kalau sudah di-pin, tombol back, home, atau overview pun tidak akan berfungsi.

Screenshot_2015-11-22-16-51-19

Untuk Unpinned, tekan tombol Back dan Overview secara bersamaan.

  • Manage Home

Bosan dengan tampilan layar yang standar? Tinggal ganti Font dan Icon-nya dan atur sesuka kita.

  • Zen Motion

Nah, ini nih yang saya suka di Zenfone 2 Laser. Ada Zen Motion yang bisa dipakai untuk menghemat waktu. Cukup ketuk layar dua kali, maka Zenfone akan menyala dengan sendirinya. Dengan Zen Motion ini juga, meski smartphone dalam keadaan standby, kita tidak perlu repot menekan tombol power dan menggeser layar untuk membuka kunci kemudian masuk ke aplikasi yang diperlukan. Cukup tulis shortcut huruf yang sudah disesuaikan sebelumnya. Misalnya tulis C di atas layar yang terkunci untuk masuk ke aplikasi Camera atau W untuk Word. Huruf lain bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Asyik kan? Fitur Zen Motion ini jelas sangat membantu di jaman yang serba cepat.

  • Web Storage

Kehabisan memory untuk menyimpan foto jepretan Asus Zenfone 2 Laser padahal Memory internalnya saja sudah 16GB? Tenang. Kita bisa menyimpan foto di Web Storage Asus yang menyediakan ruang penyimpanan sampai 5GB secara gratis seumur hidup.

  • Asus Heart Rate

Kalau ini sih pakai aplikasi tambahan. Tapi anak-anak paling suka pakai aplikasi ini sambil main dokter-dokteran. Tinggal tempelkan ujung jari ke kamera belakang, nanti akan terlihat berapa jumlah detak jantung kita.

Memangnya berapa sih harga yang ditawarkan untuk ketiga seri Asus Zenfone 2 Laser ini?

Bocoran dari acara Asus ZenFestival kemarin sih, Asus Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KL) dibandrol harga Rp.2.099.000, Asus Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL) Rp. 2.399.000, dan Asus Zenfone 2 Laser 6.0 (ZE601KL) di harga RP.3.499.000.

12227205_10153657170472324_4983006854970571258_n (1)

Benar kan, tidak perlu harga yang membuat nangis darah untuk memiliki senjata yang mumpuni? Mau tau lebih banyak tentang Asus Zenfone 2 Laser? Yuk, kunjungi web Asus di http://www.asus.com/ID/. Di sana kamu juga bisa mendapatkan info produk Asus lainnya.

Atau gabung saja di forum Zentalk (http://www.asus.com/zentalk/id/)untuk berbagi pengetahuan dan informasi bersama teman-teman ZenFans lainnya.

Jadi gimana? Sudah tahu mau pilih Asus Zenfone 2 Laser yang mana?

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

21 Comments

  1. paparan infonya sangat lengkap dan menggoda, jadi mupeng pingin punya zenfone laser nih teh. Asus dari dulu emang jago ya, bagus dan terjangkau! semoga menang 🙂

  2. Asyiknya selfie tinggal jepret, orang bisa masuk semuanya ya? jadi inget Ellen saat di piala oscar 😀

    sama satu lagi… Gorilla Glass *wow!

  3. saya juga pakai asus zenfone 5, itu aja kameranya udah keren banget.. apalagi kalau yg sudah ada lasernya kyk zenfone 2 ini, hasilnya pasti lebih super lagi…. 😀

  4. saya juga pakai zenfone 5, itu aja kameranya udah keren banget. apalgi dengan zenfone 2 ini yg udah pakai laser autofokusini, hasil fotonya pasti lebih super lagi. 😀

  5. Panoramanya ciamik, Mak! Beautification-nya juga cocok banget buat bikin selfie yang lebih natural tanpa harus nerangin kulit pakai berbagai aplikasi, hahahaha…

  6. nomor whatsappnya berapa gan? ane mau masukkan ke grup zenfans yg hadir di zenfestival dan pemenang acara berhadiah zentalk
    di sana ada moderator juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.