Kisah Sukses Samsung sebagai Merk Smartphone Favorit Saat Ini

By | September 16, 2015

Kisah Sukses Samsung sebagai Merk Smartphone Favorit Saat Ini – Bagi orang awam, Samsung saat ini mungkin lebih dikenal sebagai vendor smartphone dibandingkan dengan produk elektronik lainnya. Ini bisa jadi karena Samsung saat ini sangat aktif memproduksi smartphone terbaru dengan berbagai inovasi spesifikasinya. Dengan harga Hp Samsung yang juga cukup terjangkau, Samsung pun menjadi salah satu vendor smartphone favorit konsumen yang ingin membeli hp.

Bahkan kepopuleran Samsung sebagai produsen smartphone pun kerap dibanding-bandingkan dengan iPhone milik Apple. Ini bisa menjadi bukti bahwa Samsung memang menjadi produsen smartphone terdepan untuk saat ini.

Memang saat ini, hp atau alat komunikasi bisa dibilang tidak dikategorikan sebagai barang mewah, karena jumlah penggunanya sangat banyak dan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat, termasuk di Indonesia sendiri yang pengguna smartphone-nya mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

Menurut sebuah laporan dari Emarketer, Indonesia diprediksi akan melampaui 100 juta pengguna smartphone aktif pada tahun 2018 nanti. Hal ini akan membuat posisi Indonesia sebagai negara dengan populasi pengguna smartphone nomor empat terbesar di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat.

Lantas, di manakah posisi Samsung?

Menurut laporan dari StatCounter, mengenai pengguna mobile selama tahun 2014, terungkap bahwa merk smartphone di tanah air didominasi oleh Samsung, Nokia, dan BlackBerry. Ya, Samsung sebagai salah satu 3 besar merk smartphone yang digunakan di Indonesia.

Untuk pasar internasional, Samsung menguasai sekitar 25,2% pasar smartphone, di posisi kedua diduduki oleh Apple yang hanya 11,9%, Huawei 6,9%, Lenovo 5,4%, LG 4,9% dan sisanya dibagi-bagi lagi ke beberapa perusahaan lain seperti BlackBerry, Microsoft, dan HTC.

Kita tahu bahwa smartphone Android milik Samsung menjadi salah satu gadget yang cukup sukses di pasaran. Seperti pada Samsung Galaxy S yang terus dikembangkan hingga sekarang, Samsung Galaxy S6.

Awalnya kemunculan dari seri ini bermula dari Samsung i7500 pada tahun 2009. Waktu itu bentuk dan rupanya sangat sederhana, tidak secanggih sekarang. Layarnya saja hanya 3,2 inci, prosesor hanya 528 MHz dengan RAM 128 MB saja dan dibalut dengan Android Cupcake.

Samsung I7500 Android-phone

Setahun kemudian, Samsung kembali mengeluarkan seri Samsung Galaxy S dengan fitur, desain dan spesifikasi yang lebih canggih tentunya. Samsung Galay S pun terbilang sukses dan membuat Samsung untuk merilis Galaxy SII, hingga S6 seperti sekarang.

Samsung sendiri tidak hanya mengembangkan keluarga S saja untuk smartphone Androidnya. Sebut saja Samsung Galaxy Ace, Galaxy A, Galaxy E dan beberapa seri lainnya. Semuanya mempunyai segmen pasar dan penggemarnya sendiri.

Hal yang bisa kita ambil dari perjalanan sukses Samsung ini adalah terus berinovasi dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh penggunanya. Ditambah pula dengan harga hp Samsung yang cukup terjangkau membuat Samsung menjadi pilihan utama pengguna smartphone.

2 thoughts on “Kisah Sukses Samsung sebagai Merk Smartphone Favorit Saat Ini

Leave a Reply