Cara melindungi akun FB agar tidak di-hack

By | July 7, 2015

Barusan saya menerima permintaan pertemanan dari seorang teman yang sebetulnya sudah lama menjadi teman saya di FB. Rupanya akun lama teman saya ini di-hack.

Sebelumnya beberapa teman yang lain juga pernah mengalami kasus yang sama. Akun FB-nya diambil alih oleh orang lain. Entah untuk tujuan apa. Tapi biasanya sih, seperti yang kita tahu, akun mereka kemudian digunakan untuk menipu.

Saya sendiri, selama kenal dengan FB sejak awal kemunculannya di tahun 2004 belum pernah mengalami pembobolan akun FB oleh orang lain. Kalau ganti akun sendiri sih sering. Maklum, emak labil. Galau sedikit, langsung tutup akun dan membuat akun yang baru haha

Dulu jaman punya friendster dan multiply juga begitu, saya sering ganti akun. Sampai akhirnya akun friendster dan multiply yang terakhir benar-benar tidak bisa diakses. Baik friendster maupun multiply sekarang tinggal kenangan.

Nah, akun FB saya yang sekarang ini lumayan awet. Kalaupun galau paling pindah akun, tapi gak sampai ditutup hehe

Karena banyak akun di medsos ini juga lah, saya jadi punya banyak akun email. Mulai dari yahoo, gmail, sampai email di domain sendiri. Masing-masing layanan email saya buat lebih dari satu akun.

Punya banyak email dan akun apa gak pusing? Ya pusing. Buktinya saya sangat memerlukan fitur “remember password” di browser yang saya gunakan. Kalau kebetulan saya harus clear cache dan cookies gara-gara ingin melihat peringkat postingan saya di google, ya semua password otomatis ikut terhapus. Atau ketika saya login di device yang berbeda, saya tidak mampu mengingat password apa yang saya gunakan di email dan akun yang saya miliki. Apalagi tiap akun beda-beda passwordnya. Passwordnya juga unik, kombinasi segala macam huruf.

Alhasil, saya pun membuat password baru yang berbeda dengan sebelumnya.

Pernah saya mencoba menulis password di notes yang ada di email. Tapi ya itu, saya kan lupa password emailnya. Bagaimana bisa membuka notes? Saya juga pernah mencatat password di notes yang ada di laptop maupun handphone bahkan di buku catatan. Sayangnya, saya juga seringkali lupa menyamakan catatan yang ada di laptop, handphone maupun di buku catatan.

Ditambah lagi pas saya sedang di luar dan tidak membawa laptop dan buku, saya login ke email dan akun FB melalui HP. Kemudian sudah bisa ditebak, saya perlu password baru. Minggu ini saja sudah tiga kali saya mengganti password -_-

Tapi rupanya ini cukup efektif mencegah pembobolan akun. Setidaknya ini yang saya rasakan sampai sekarang šŸ˜€

Agar akun email maupun FB kita tidak mudah dibobol orang, ini tips yang sudah saya pakai selama bertahun-tahun…

1. Sering ganti password. PENTING : gunakan password yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak. Jangan pakai tanggal lahir. Terlalu mainstream itu mah. Pakai saja misalnya tanggal lahir tetangga ahaha… Jangan lupa, gunakan kombinasi huruf besar, kecil dan angka. Lebih baik lagi kalau password unik ini lebih dari 10 karakter. Mau curhat sekalian juga boleh kalau jumlah karakter yang disediakan memang cukup.

2. Jangan pakai satu password untuk akun yang berbeda. Misalnya email dan FB pakai password yang sama. Nanti satu di-hack, yang lain juga bisa dengan mudah dibobol orang.

3. Gunakan fitur pengamanan ekstra yang disediakan. Baik email maupun FB sudah menyediakan fitur ini. Caranya? Banyak!

  • Buka pengaturan pengamanan di akun FB (kalau sedang membuka FB di versi desktop, klik tanda gembok di pojok kanan atas >> See more settings >> Security)

SS 2015-07-08 at 12.35.33 AM

  • Pilih fitur pengamanan mana yang akan kita gunakan, misalnya melalui Login Alerts.SS 2015-07-08 at 12.36.22 AMTiap kali kita login dari device yang berbeda, akan ada pemberitahuan melalui nomer handphone yang sudah kita daftarkan. Kalau ada login dari device yang tidak kita kenal, segera ganti password.
  • Atau melalui Login Approvals. Yang ini agak ribet sih. Tapi yakin deh, hacker perlu banyak usaha agar bisa membobol akun kita.

SS 2015-07-08 at 12.36.22 AM SS 2015-07-08 at 12.36.47 AM Dengan Login Approvals, tiap kali kita login dari device yang berbeda, selain harus memasukkan password, FB juga akan mengirim security codeĀ ke nomer handphone kita. Mirip sama token bank ya? SS 2015-07-08 at 12.37.06 AM SS 2015-07-08 at 12.37.24 AM SS 2015-07-08 at 12.38.19 AM

Stttt.. tapi yang ini tidak saya pakai lagi. Soalnya ribet, sudah susah mengingat password, eh masih harus memasukkan Security Code haha

  • Gunakan fitur Where You’re Logged In. Kalau yang ini sih praktis. Tinggal lihatĀ  aktivitas login kita dari device mana saja. Kalau ada yang tidak dikenal, cukup akhiri semua aktivitas login yang tidak dikenal dengan mengklik EndĀ  Activity. Jangan lupa periksa ini secara berkala ya.

SS 2015-07-08 at 12.35.33 AMNah, kalau sekarang saya hanya menggunakan dua fitur pengamanan yang disediakan oleh FB, melalui Login Alerts dan Where You’re Logged In. Tapi alhamdulillah belum pernah mengalami pembobolan akun. Bisa jadi karena memang saya sudah cukup sering mengganti password.

Jadi ya sudahlah, saya nikmati dan syukuri saja masalah lupa password ini. Karena saking seringnya saya mengganti password, mungkin si hacker juga kebingungan bagaimana membobol akun yang saya miliki hehe

Kalau kamu, seberapa sering ganti password? Pernah mengalami pembobolan akun? Fitur pengamanan apa saja yang digunakan?

6 thoughts on “Cara melindungi akun FB agar tidak di-hack

  1. Nia Haryanto

    Wah aku baru tahu yang begini. Pengamanan FB-ku gak sampe segitunya. Makanya, dulu pernah di-hack. Dan sering banget ada notif kalo FB-ku diakses dari mana kitu, tah. Ada juga yang minta password baru. Aku paling-paling cuma sering ganti password, dengan password yang alay. Hehehehe…. tar utak-atik pengamanan model begini ah…

    1. oRiN Post author

      tapi kalo aku lihat ini yang dihack saling berteman, cenderung deket temenannya… bisa jadi si pelaku juga tau kalo mereka temenan deket.

Leave a Reply