Toyota Camry, Mobil Terbaik dari Generasi ke Generasi

By | September 3, 2014

Bagi pecinta dunia otomotif, terutama pengguna Toyota, tentu sudah tidak asing lagi dengan kehandalan CamryCamry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia merupakan salah satu produk unggulan Toyota di hampir setiap negara di dunia. Mengapa bisa begitu? Mari kita lihat sejarah lahirnya Camry.

Di Amerika, mobil sedan Jepang Camry berhasil mencetak sejarah dengan penjualan lebih dari 10 juta unit sejak tahun 1983. Dalam tujuh generasi, lebih dari 350.000 unit atau sekitar 1000 unit Camry  terjual perhari. Karena itulah, tak heran jika Toyota merupakan mobil paling popular di Amerika Serikat.

Di Indonesia, Toyota menangguk keberhasilan lewat pemasaran mobil sedan Hybrid CamryHal ini mungkin karena bentuknya yang lebih manis dan konvensional sekaligus mewah. Selain itu konsumen Indonesia pun dinilai mulai melek terhadap teknologi otomotif saat ini, terutama terhadap teknologi ramah lingkungan.

Berdasarkan catatan penjualan Gaikindo, Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia berhasil menduduki posisi kedua terlaris.

Toyota mobil Hybrid Camry 2.5 AT meraih angka penjualan wholesale 53 unit untuk Januari 2013 atau sebesar 29 persen dari semua varian Camry. Sementara posisi teratas terlaris untuk merek Camry diduduki Camry 2.4 V AT G dengan jumlah penjualan wholesale 109 unit.

Sejarah Camry

Pada mulanya Camry berawal dari Celica Camry yang merupakan versi mahal dari Toyota Carina. Mobil ini hanya dijual di Jepang dari tahun 1980 sampai 1982.

Debut Toyota Camry dimulai sejak April tahun 1983. Camry merupakan penerus sedan Corona dengan target khusus pasar Amerika Serikat. Camry di datangkan ke pasar Amerika Serikat untuk menegaskan reputasi Toyota sebagai mobil yang kuat dan handal namun dengan harga yang terjangkau.Dalam sejarahnya hanya generasi pertama Camry yang diproduksi di Jepang. Selanjutnya Camry menjadi salah satu mobil ‘paling Amerika’ karena sebagian besar produksi untuk Amerika Serikat dibuat di Georgetown, Kentucky, Amerika Serikat.

  • Generasi pertama (1983-1986)

    Toyota Camry

    Toyota Camry Generasi Pertama (1983-1986)

Generasi pertama Camry hadir dengan panjang tubuh 102,4 inci, didukung oleh mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang memiliki tenaga hingga 92 daya kuda, mengalahkan Honda Accord yang memiliki tenaga hingga 86 daya kuda dengan mesin, 1.800 cc. Di mata pecinta sedan premium, Camry menyuguhkan sesuatu yang baru.

  • Generasi Kedua (1987-1991)
Toyota Camry

Toyota Camry Generasi Kedua (1987-1991)

Kali ini Camry membawa mesin berkapasitas 2.000 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 115 daya kuda. Di tahun 1988, generasi kedua ini mengalami perubahan pada bagian mesin. Untuk model tahun 1988, Camry menggunakan mesin V6 berkapasitas 2.500 cc dengan sistem penggerak seluruh roda dan mampu menghasilkan tenaga hingga mencapai 153 daya kuda.

  • Generasi Ketiga (1992-1996)
Toyota Camry

Toyota Camry Generasi ketiga (1992-1996)

Toyota kembali melahirkan Camry generasi ketiga di tahun 1992. Kali ini Toyota lebih menfokuskan kepada bentuk body yang lebih menarik dan sistem audio yang jauh lebih baik. Tidak hanya itu Camryenerasi ketiga juga memperhitungkan besar suara yang dihasilkan mesin. Dengan mesin V6 berkapasitas 3.000 cc, dan mampu menyemburkan tenaga hingga 185 daya kuda, Camry generasi ketiga ini diklaim mampu mencapai 100 km/jam hanya dengan 8 detik. Di model inilah Camry mendapatkan piranti keselamatan seperti ABS, airbag di sisi pengemudi dan sabuk pengaman tiga titik.

  • Generasi Keempat (1997-2001)
Toyota Camry

Toyota Camry Generasi Keempat (1997-2001)

Sebelumnya selama 1994-1997, generasi keempat Toyota Camry khusus dijual di Jepang dengan bentuk kotak dan berplatform V40. Ini adalah generasi terakhir Camry berbody sempit yang serupa dengan Vista. Selanjutnya Vista adalah model khusus untuk pasar Jepang yang berbodi lebih sempit tetapi lebih tinggi.

Mulai tahun 1997, Camry Jepang sama dengan Camry international yang berbodi lebar. Di Jepang disebut Camry Gracia dengan mesin 2200 cc 4 silinder dan 2500 cc V6. Model 4WD bermesin 2200 cc diberi kode SXV25.

Di Indonesia Camry generasi ini merupakan pengganti Toyota Corona Absolute pada segmen sedan kelas menengah atas. Tersedia dalam versi 2.2 GLX transmisi manual dan 3.0 V6 Grande transmisi otomatis.

Untuk pasar international, Camry bermesin 5S-FE 2200 cc 4 silinder dan 1MZ-FE 3000 cc V6. Di Amerika, Camry tersedia dalam versi CE, LE, dan XLE. Berbasis LE, Camry Collector Edition dipasarkan untuk model tahun 2001.

Camry di Australia dipasarkan dalam banyak type mulai dari CSi yang murah, CSX kelas menengah, Touring yang sporty, sampai Vienta yang mewah. Vienta kemudian digantikan oleh Azura.

  • Generasi kelima (2002-2006)
Toyota Camry

Toyota Camry Generasi Kelima (2002 – 2006)

Perubahan besar pun mulai terjadi pada generasi kelima kali ini. Hal ini pun terlihat dengan lahirnya All New Camry di 2002. Tubuh yang dimiliki Camry kali ini lebih aerodinamik dan membuang tampilan yang telah lama menempel di tubuh camry. Mesin yang disajikan kali ini pun berkapasitas 2.400 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 157 daya kuda dan torsi 162 pound-feet. Tak perlu lama Toyota kembali mengubah sedikit pada tahun 2003 pada pedal gas.

  • Generasi keenam 2007
Toyota Camry

Toyota Camry Generasi Keenam (2007)

Akhirnya Toyota melengkapi dengan melahirkan generasi keenam Toyota Camry di tahun 2007. Dengan penampilan baru di sekujur tubuh yang terdapat di dalam Camry. Mesin yang ditawarkan kali ini memiliki dua varian. Dengan kapasitas 2.400 cc dan 3.500 cc yang teselimut di seri CE, LE, Sporty SE dan Luxurious

Untuk mesin berkapasitas 2.400 cc 4 silinder mampu menyemburkan tenaga hingga 158 daya kuda. Sedangkan untuk mesin berkapasitas 3.500 cc dengan menggunakan mesin V6 ini mampu menyemburkan tenaga hingga 268 daya kuda. Dan untuk di tahun 2008-2009 tidak terjadi perubahan yang signifikan.

  • Generasi Ketujuh 2011

Sedangkan untuk generasi ketujuh dari Toyota Camry kali ini, terlihat tetap menyuguhkan kemewahan dari kelas sedan premium. Tiga varian pun disematkan dalam generasi ketujuh dari Camry kali ini. Varian LE, XLE dan Hibrid.

Camry kali ini pun didukung mesin 2.500 cc, 4 silinder yang menghasilkan daya 178 daya kuda. Sementara konsumsi bensinnya mencapai 11,9 km per liter, lebih irit sedikit dari versi sebelumnya yang mencapai 11,05 km per liter. Selain mesin 4 silinder, Toyota juga menyediakan mesin 6 silinder. Sementara untuk Camry hybrid mencapai 17 km per liter.

Toyota mobil Hybrid, sistem aman, teruji dan dapat diandalkan

Mobil konvensional mengandalkan sumber tenaga dari bahan bakar (seperti bensin, solar, atau gas) untuk bergerak. Dengan memanfaatkan mesin pembakaran internal, hasil pembakaran bahan bakar dimanfaatkan dan diubah menjadi gerakan yang mampu menggerakkan mobil. Meski menghasilkan kinerja yang baik dengan harga murah, sayangnya mobil konvensional mengeluarkan emisi gas buang yang tinggi dan menciptakan polusi yang banyak dan terus menghabiskan sumber daya alam.

Salah satu inovasi yang dilakukan oleh Toyota untuk mengatasi isu energi dan pemanasan global adalah dengan menjaga keberlangsungan kebutuhan mobilitas dengan alam. Toyota melakukan penelitian berbagai alternatif sumber energi penggerak dan memilih teknologi Hybrid sebagai solusi tepat permasalahan isu global saat ini. Hal ini merupakan perwujudan dari nilai The Toyota Way yaitu continues improvement serta respect for the people.

Mobil Hybrid didesain untuk mengurangi konsumsi bahan bakar dan menghasilkan emisi rendah gas buang yang ramah lingkungan.

Namun tentu saja Eco-friendly belum cukup. Performa, sebagai syarat utama dari mobil, tidak mungkin dilupakan. Inilah pengembangan Toyota Mobil Hybrid. Selain fokus pada efisiensi konsumsi bahan bakar dan emisi yang lebih ramah lingkungan, tenaga dan penampilan juga tetap menjadi prioritas. Hasilnya adalah sebuah mobil yang nyaman dikemudikan dan menyenangkan untuk dimiliki.

Selain itu karakteristik jalan dan kondisi alam dengan curah hujan yang cukup tinggi juga menjadi salah satu perhatian dalam memasarkan Toyota mobil Hybrid. Toyota mobil Hybrid yang menggunakan komponen baterai listrik tetap aman digunakan baik bagi pengemudi, penumpang maupun bagi lingkungan sekitar sama halnya dengan mobil konvensial. Toyota mobil Hybrid dilengkapi dengan sistem pengaman yang berlapis pemutus arus listrik, sehingga dapat diandalkan melewati kondisi jalanan dengan genangan air.

Pengembangan Teknologi Toyota mobil Hybrid

Prototype Toyota Mobil Hybrid

Prototype Toyota Mobil Hybrid (1977)

Tahun 1977 Toyota menghadirkan Sports 800 Gas Turbine (GT) Hybrid Prototype. Sementara produksi Toyota mobil Hybrid sendiri diawali pada tahun 1997 di Jepang dengan peluncuran Prius generasi pertama dan Japanese Coaster Hybrid Bus.

Toyota Prius & Japanese Coaster Hybrid Bus

Toyota Prius & Japanese Coaster Hybrid Bus

Prius adalah produksi mobil hybrid pertama yang diproduksi secara massal dan diperdagangkan di Jepang pada tahun 1997. Setelah sukses di Jepang, Prius juga mencapai kesuksesan pada peluncurannya di Amerika, seperti di Jepang.

Generasi Prius Pertama di Amerika dan Eropa

Generasi Prius Pertama di Amerika dan Eropa

Kesuksesan Prius memicu munculnya varian Hybrid untuk berbagai model Toyota Crown Hybrid dan Estima Hybrid.

Toyota Crown Hybrid &  Estima Hybrid

Toyota Crown Hybrid & Estima Hybrid

Disusul kemudian Lexus mengaplikasikan teknologi yang sama dengan beberapa modelnya seperti RX, GS, dan LS. Hingga akhir tahun 2011 penjualan mobil Hybrid Toyota dan Lexus secara global berhasil mencapai angka lebih dari 3,5 juta unit. Di Indonesia sendiri, mobil Toyota Prius mulai dipasarkan sejak tahun 2009.

Keunggulan Toyota mobil Hybrid

Banyak orang yang memakai mobil ini tidak hanya untuk liburan semata, tetapi ada juga yang menggunakan mobil ini untuk mobil pengantin. Selain karena desainya yang mewa dan elegan, mobil ini juga dilengkapi oleh fitur-fitur yang sangat berkualitas dan banyak kelebihan dari mobil mewah ini.

Berikut 4 Kelebihan mobil Toyota Camry dari mobil mewah lainnya:

  • Kelebihan Dari Mesin

Salah satu kelebihan mobil Toyota Camry adalah pada sistem mesin type Hybrid Synergy IL4 16 Valve DOHC with VVT-i, teknologi terbaru dari Toyota tersebut membuat mobil ini mempunyai dua pilihan sumber daya, yakni mesin yang berbahan bakar minyak konvensional lalu dengan menggunakan sumber tenaga yang ramah lingkungan. Kelebihan inilah yang membuat lingkungan lebih hijau serta bebas dari polusi.

  • Kelebihan Dari Spesifikasi

Salah satu kelebihan Toyota Camry yang jarang dimiliki mobil lainya teletak pada sistem transminisi automatis dengan CVT (Control Variable Transmission) yang membuat setiap perpindahan percepatan semakin smooth, Sedang Vehicle Stabillity Control (VSC) dengan Traction Control System yang memberi kestabilan lebih maksimal pada kendaraan saat melaju di medan licin atau melewati tikungan tajam.

  • Kelebihan Dari Sistem Pengamanan

Mobil Toyota Camry merupakan mobil yang tak hanya mementingkan kenyaman berkendara saja tetapi juga menggutamakan keselamatan. Hal ini terbukti dengan dimilikinya fasilitas yang memadahi seperti sistem pengereman dengan dengan ABS (Antilock Brake System) + EBD (Electronic Brake-force Distribution) + BA (Brake Assist) memberikan pengereman efektif pada saat berhenti mendadak atau pada kondisi jalan yang licin sekalipun.

Dan tak hanya itu saja kendaraan ini juga terdapat terdapat pula Dual Airbag serta Side SRS Airbag. Yang dapat melindungi pengendara dalam kasus tabrakan samping. Selain itu Toyota Camry terbaru terdiri dari struktur GOA Body yang kokoh dan didesain guna menyerap energi benturan secara maksimal.

  • Kelebihan Fitur Modern dan Canggih

Toyota Camry juga dilengkapi dengan fitur modern dan canggih baik pada eksterior maupun interior seperti,

  • Parking Camera
  • Power Tilt and Telescopic Steering with Intergrated Memory
  • 3 Zone Air Conditioner and Front Seat Air Conditioner
  • Rear Seat Relaxation System
  • Light Emitting Diode (LED) Projector Headlamp
  • 2 DIN Audio-Video Navi (CD,DVD,MP3,WMA), 6 inch Touchscreen Bluetooth with 8 Premium JBL Green Edge Speakers
  • Rear Seat Controller
  • Steering Switch Control for  Audio, MID and Cruise Control

Selain kelebihan di atas, masih ada lagi keunggulan Toyota mobil Hybrid dibanding mobil lain, yaitu :

  • Memulai dengan kecepatan rendah

Efisiensi konsumsi bahan bakar yang tinggi, ramah lingkungan karena emisi gas buang yang rendah, ketenangan yang baik, dan performa yang luar biasa serta kepuasan mengemudi adalah beberapa keuntungan dari Toyota mobil Hybrid. Sistem ini digunakan pada Toyota Prius, dan memberikannya keuntungan besar.

  • Mengemudi Normal

Toyota mobil Hybrid mengoperasikan pembakaran di mesin untuk meraih efisiensi tenaga yang optimal. Tenaga yang dihasilkan oleh pembakaran di mesin digunakan untuk menggerakkan roda secara langsung, dan tergantung dari kondisi berkendara, sebagian dari tenaga di distribusikan ke generator atau pembangkit listrik.

Tenaga yang dihasilkan oleh generator atau pembangkit listrik ini kemudian digunakan untuk motor listrik dalam membantu kerja pembakaran di mesin. Dengan memberdayakan keduanya, tenaga dapat dihasilkan secara maksimal.

Dengan Toyota mobil Hybrid yang mengoperasikan pembakaran di mesin pada saat puncak performa, tenaga yang berlebih diubah menjadi energi listrik oleh generator atau pembangkit listrik sebagai energi cadangan di aki.

  • Mengemudi dengan kecepatan tinggi

Ketika akselerasi atau percepatan mendadak dibutuhkan, seperti pada saat mendaki lereng, tenaga cadangan dari aki disuplai ke motor listrik untuk membantu tenaga mobil. Dengan pengaturan dan pemanfaatan optimal tenaga hasil pembakaran di mesin dan motor listrik,Toyota mobil Hybridmampu menghasilkan tenaga yang memungkinkan Prius mencapai tingkat efisiensi yang tinggi.

  • Perlambatan dan Pengereman

Pada saat pengereman atau mengurangi laju kendaraannya, Toyota mobil Hybrid menggunakan tenaga kinetik dari ban untuk mengisi ulang aki melalui motor listrik yang sekarang berfungsi sebagai generator atau pembangkit listrik kembali. Sebagai contoh, energi yang secara normal hilang sebagai gesekan panas diubah menjadi tenaga listrik dan digunakan sebagai energi cadangan di aki .

  • Saat Berhenti

Pembakaran di mesin, motor elektrik dan generator atau pembangkit listrik secara otomatis tidak bekerja pada saat mobil berhenti, oleh karena itu tidak akan ada tenaga yang terbuang pada saat posisi berhenti tersebut.

Dengan semuanya ini,Toyota mobil Hybrid tidak hanya mengabungkan sebuah motor listrik dan pembakaran di mesin, namun mampu membuat kolaborasi dari kekuatan masing-masing dan mengaplikasikan sistem kontrol tingkat tinggi untuk menghasilkan akselerasi atau percepatan dan stabilitas berkemudi.Toyota mobil Hybrid tidak hanya bereaksi kepada pengemudi dengan menyediakan tenaga yang tepat, tapi juga memonitor dan menganalisa kondisi berkendara setiap waktu, menyediakan tenaga yang optimum untuk mendapatkan rasa berkendara yang aman dan nyaman dan tidak pernah dirasakan sebelum atau sesudahnya.

Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia 

Toyota Camry dan Camry Hybrid mencetak penjualan Maret terbaik sepanjang masa di pasar terbesarnya, Amerika Serikat. Sedan eksklusif ini terjual 42.567 unit atau naik 30,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan Toyota Motor Sales mencatat penjualan Maret terbaik sejak 2008. Tercatat dalam satu bulan itu Toyota menjual 203.282 unit atau naik 15,4%, yang terdiri dari merek Toyota, Lexus dan Scion. Brand Toyota menyumbangkan 183.142 unit, naik 17,7%. Brand Lexus 20.140 unit turun 2,6%. Scion mencatat penjualan 6.694 unit meningkat 16,5% dibandingkan periode Maret yang sama tahun lalu.

Hasil gemilang Maret berkontribusi terhadap total penjualan triwulan pertama yaitu 487.284 unit atau naik 9.4% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Toyota mobil Hybrid telah diterima secara global, terbukti dengan angka penjualan yang telah menyentuh angka 3,5 juta unit sejak tahun 1997 mobil sedan Hybrid Toyota diluncurkan.

Testimoni Pengguna Camry

Nah, kalau ini testimoni dari seorang teman yang merupakan pengguna Camry 2007. Menurut teman saya, selama memakai Camry cukup merasa aman dan nyaman, karena bengkel Toyota di daerah Jawa lebih banyak. Selain itu spare part pun lebih mudah dicari. Konsumsi BBM Camry 3.5Q untuk pemakaian dalam kota bisa mencapai 1:6-7 km.

Kualitas interior Camry sebagai sedan kelas premium lebih elegan dan menawan dibanding sedan sejenis lainnya.

download (1)Begitu juga dengan kualitas exterior yang terlihat lebih bagus dan menarik. Dibanding sedan lain yang sekelas pun jelas Camry jauh lebih nyaman.

SS 2014-09-04 at 1.16.05 PM

Wajah Baru Camry

Pameran mobil Moscow Motor Show 2014 pekan ini menjadi ajang penampilan perdana Toyota Camry dengan wajah baru. Sedan eksekutif ini mengalami perubahan penting di interior dan eksterior.

img

Wajah barunya terlihat dari desain grille dan lampu depan baru. Desain baru lampu utama dengan LED membuat pengemudi dapat melihat jelas di kegelapan.

Lampu LED CamrySementara dibagian depan bumper juga berubah. .

Bumper Camry

Bumper Camry

Toyota Camry juga mendapat alloy wheel baru.

SS 2014-09-04 at 12.08.09 PMPerubahan pada interior terlihat pada instrument panel baru dengan back light berwarna biru gradasi yang berkesan aristocrat sekaligus sejuk dipadang.

Instrumen panel ini mengapit  layar display TFT berukuran 4.2 inch yang juga berwarna biru.  Layar multimedia 7.0 juga diposisikan di center stack.

Roda kemudi dan central console juga di desain ulang. Fitur-fitur andalan  lainnya adalah wireless mobile charger,  kursi belakang dengan penghangat.SS 2014-09-04 at 12.38.53 PM SS 2014-09-04 at 12.38.14 PM

Dibalik kap mesinnya tersedia pilihan mesin empat silinder 2.5 liter yang menghasilkan daya maksimal 181 hp.  Mesin kedua berkapasitas 3.5 liter V6 yang menghasilkan 249 hp.  Mesin empat silinder baru 2.0 liter  bisa menghasilkan 150 hp. Mesin baru ini dipasangkan dengan transmisi 6-speed automatic.

Toyota Camry juga dilengkapi dengan Global Outstanding Assessment (GOA), di mana body dengan GOA ini terbuat dari baja kualitas tinggi dan didesain untuk bisa meredam benturan yang sangat keras.

SS 2014-09-04 at 12.09.07 PM

Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ada, tak ayal lagi  memang Camry Mobil Hybrid Terbaik Indonesia.

 

Leave a Reply