Honda Bikers Day, Satu Hati dalam Petualangan

By | December 25, 2013

Apa itu Honda Bikers Day ?

Honda Bikers Day adalah ajang untuk mempersatukan seluruh bikers Honda di Jawa Barat. Honda Bikers Day digelar oleh Ikatan Motor Honda Bandung bekerjasama dengan PT. Daya Adicipta Mustika pertama kali tahun 2009 di Pantai Pangandaran-Jawa Barat. Saat itu event ini masih bersifat lokal. Melihat animo yang luar biasa dari para bikers Honda, akhirnya di tahun berikutnya Honda Bikers Day dijadikan event nasional dan menjadi agenda tersendiri bagi PT. Astra Honda Motor untuk memberikan apresiasi bagi para pengguna motor Honda.

Honda Bikers Day dilaksanakan berpindah-pindah kota, 2010 dilaksanakan di Kiara payung – Sumedang, dilanjut 2011 di Gunung Bromo – Jawa Timur, 2012 di Pelataran Siwa Candi Prambanan Yogyakarta – Jawa Tengah, dan terakhir Honda Bikers Day 2013 diadakan di Pantai Tanjung Tum – Anyer, Banten.

Apa sih hubungan Honda Bikers Day dan Petualangan ?

Yang namanya bikers sudah tentu akrab dengan petualangan. Menyusuri jalanan dengan berbagai medan, baik untuk sekedar berkendara sehari-hari ataupun touring semua punya nilai petualangan sendiri-sendiri. Salah satu petualangan bikers yang patut diacungi jempol adalah HondaRoadventure SSS.

Lebih dari 10.000 km jalanan antara Sangihe – Sape – Sabang dicumbui 10 bikers Honda selama 62 hari. HondaRoadventure SSS yang mengusung tema One Journey for One Heart ini terdiri dari 3 etape, dimana para bikers Honda berhenti dan singgah di kota besar dan kecil yang dilewati untuk saling berbagi dan bertukar kebudayaan.

Etape pertama satu dimulai 4 oktober lalu dengan acara peresmian di plant tour di Pabrik Astra Honda Motor Cikarang sekaligus pelepasan. Dari Jakarta para bikers ini terbang ke Manado untuk kemudian melanjutkan perjalanan melalui laut ke Sangihe. Dari Sangihe ini para bikers HondaRoadventure SSS ini memulai ekspedisi dengan menggunakan berbagai tipe motor sport honda di bumi Sulawesi dengan rute Manado – Gorontalo – Palu – Palopo – Toraja – dan berakhir di Makassar pada 12 Oktober 2013.

Selanjutnya etape kedua dimulai dari Kepulauan Bima – Sape -Sumbawa Besar – Lombok – Bali – Banyuwangi – Jember – Malang – Bromo – Probolinggo – Surabaya – Ponorogo – Solo – Prambanan – Jogjakarta – Semarang – Pekalongan – Cirebon – Pangandaran – Kiarapayung – Bandung – Jakarta.

Sementara etape ketiga dilaksanakan dengan rute Lampung – Palembang – Jambi – Pekanbaru – Medan – Banda Aceh – Sabang – Banda Aceh – Medan – Padang – Kerinci – Bengkulu – Lampung dan berakhir di Anyer, tepatnya di lokasi Honda Bikers Day, Pantai Tanjung Tum.

Suasana Perjalanan Honda Roadventure 2013, Sumber Gambar : Honda Roadventure

Suasana Perjalanan Honda Roadventure 2013, Sumber Gambar : Honda Roadventure

Ada apa di Honda Bikers Day 2014 ?

Selain para bikers HondaRoadventure SSS, Honda Bikers Day juga dihadiri pengguna Honda yang tergabung dalam Komunitas Motor Honda maupun perseorangan. Seperti para bikers yang tergabung dalam Kombinasi Lampung Community (Kancil) ini:

Komunitas Lampung

Komunitas Lampung di HBD 2013

Atau bikers ini yang datang jauh-jauh dari Merauke  di Honda Bikers Day 2013:

Bikers Honda asal Merauke di HBD 2013

Bikers Honda asal Merauke di HBD 2013

Meski bikers identik dengan petualangan, bukan berarti wanita tidak bisa ikut berperan di dalamnya. Lihat saja bikers wanita yang ini :

Bikers Wanita di HBD 2013

Bikers Wanita di HBD 2013

Masih banyak lagi bikers yang menempuh perjalanan jauh dan bergabung dengan 12.500 bikers Honda lainnya demi meramaikan Honda Bikers Day.

Banyak sekali booth yang disediakan di Honda Bikers Day, diantaranya :

  • Booth welovehonda, para bikers bisa melepas lelah dengan memainkan berbagai macam games dan tentunya mendapat hadiah
Booth welovehonda HBD 2013

Booth welovehonda HBD 2013

  • Booth Sales, pengunjung dapat melihat dan memilih berbagai macam sepeda motor terbaru milik Honda, tentunya dengan penawaran terbaik dari AHM
Booth Sales HBD 2013

Booth Sales HBD 2013

  • Booth Service, para bikers yang sudah menempuh perjalanan jauh bisa memeriksakan motor kesayangannya agar kembali segar saat perjalanan pulang
Boot Service HBD 2013

Booth Service HBD 2013

  • Booth FIFASTRA, di booth ini dibagikan syal warna kuning sebagai atribut tambahan bagi bikers yang datang ke lokasi acara
  • Booth Pertamina Pertamax, selain dibagikan voucher Pertamax  untuk followers PertamaxIND dan Honda Bikers Day yang melakukan twitpic/membuat kalimat seru/live report di booth PertamaxIND, juga dibagikan pin spesial event Pertamax Rider
  • Booth Respiro, selain games, di booth ini juga banyak riding wear dan riding gear yang menggoda untuk dibawa pulang
Booth Respiro HBD 2013

Booth Respiro HBD 2013

  • Booth Safety Riding, di booth ini terdapat Honda Riding Trainer. Selain simulasi safety riding dengan menggunakan alat simulator, di booth ini bikers juga bisa mendapatkan training safety riding
Booth Safety Riding HBD 2013

Booth Safety Riding HBD 2013

  • Booth AHM Contact Center
  • Booth Pospay
  • Booth Adira
  • Booth Paguyuban Honda Purwakarta
  • Booth HondaRoadventure SSS, di booth ini dipajang berbagai souvenir dari hasil perjalanan para bikers selama menempuh perjalanan dari Sangihe – Sape – Sabang
  • Booth minuman Coolant
Booth Coolant HBD 2013

Booth Coolant HBD 2013

  • Booth Minuman Proman, di booth ini bikers bisa mengikuti games dan membawa pulang hadiah
Tarik tambang di Booth Proman HBD 2013

Tarik tambang di Booth Proman HBD 2013

  • Booth spare part motor lawas
Booth Spare Part HBD 2013

Booth Spare Part HBD 2013

  • Lapak Souvenir, menyediakan berbagai macam souvenir baik pin, jaket, kaos, hasil kerajinan tangan dan masih banyak lagi
Lapak Souvenir HBD 2013

Lapak Souvenir HBD 2013

Beragam acara juga ditampilkan di Honda Bikers Day, mulai dari kesenian khas daerah Banten yang cukup beragam sampai hiburan yang bernuansa modern. Selain pertunjukan yang penuh ketegangan yang dipertontonkan lewat atraksi Debus, Honda Bikers Day juga menyuguhkan pertunjukan Rampak Bedug. Rampak Bedug merupakan bagian dari aset kebudayaan masyarakat Banten. Atraksi-atraksi ini disuguhkan kepada bikers Honda sebagai bagian dari upaya penguatan rasa cinta bikers terhadap keanekaragaman seni dan budaya lokal di Tanah Air.

Rampak Bedug HBD 2013

Rampak Bedug HBD 2013

Permainan Eggrang di HBD 2013

Permainan Eggrang di HBD 2013

Kesenian daerah ini berpadu dengan beragam hiburan lain seperti penampilan musisi lokal dan nasional yang menghibur dengan beragam lagu.

Pertunjukan Band yang memacu adrenalin di HBD 2013

Pertunjukan Band yang memacu adrenalin di HBD 2013

Pertunjukkan LED Dance di HBD 2013

Pertunjukkan LED Dance di HBD 2013

Shaggy Dog menutup Event HBD 2013

Shaggy Dog menutup Event HBD 2013

Untuk menghargai masyarakat adat setempat, para bikers juga memperkenalkan adat dan kehidupan suku Baduy serta membantu menjual souvenir hasil kerajinan masyarakat Baduy selama Honda Bikers Day berlangsung. Hasilnya diserahkan sepenuhnya kepada komunitas masyarakat Baduy.

Booth Souvenir Baduy di HBD 2013

Booth Souvenir Baduy di HBD 2013

Tak ketinggalan, peserta Honda Bikers Day pun turut melestarikan lingkungan dengan melakukan penanaman 2.000 pohon Mangrove di wilayah cagar alam Pulau Dua (Pulau Burung) – Kaseme. Tak hanya aksi penghijauan, para peserta pun melakukan bakti sosial di masjid Banten Lama dengan bersama-sama membersihkan beberapa lokasi yang merupakan ikon provinsi Banten ini.

Tanggal 14-15 Oktober 2013, Pantai Tanjung Tum, Anyer jadi saksi eratnya rasa persaudaraan di antara pecinta motor Honda yang bahkan tidak saling mengenal sebelumnya. Honda Bikers Day menyisakan semangat yang selalu tertanam di jiwa seluruh bikers Honda Community untuk selalu berjabat tangan kepada siapapun bikers yang ditemui di jalan dan masyarakat pada umumnya. Perjalanan seperti inilah yang selalu diimpikan oleh setiap Petualang sejati.

Tak cukup sampai di situ, bikers Honda pun berkesempatan mendapatkan grand prize berupa Honda Verza dan 2 Tiket Gratis Nonton Moto GP ke Sepang 2014!

Tiket Gratis Nonton Moto GP 2014 di Sepang

Tiket Gratis Nonton Moto GP 2014 di Sepang

Wow bingiiitt kan acaranya? Apalagi hadiahnya… hahaha

Ayok ah… jangan sampai ketinggalan ikutin acara Honda Bikers Day berikutnya dimana pun berada!

Salam Satu Hati!!!

SATU HATI CINTA INDONESIA

Untuk info lebih jelas masbro dan mbaksis boleh lihat di website resminya Honda Bikers Day (hondabikersday.com), dan web Komunitas Motor Honda (hondacommunity.net). Like juga fanspagenya di HondaBikersDay dan Honda-Community. Eh, jangan sampai ketinggalan buat follow twitternya juga di @HondaBikersDay  dan @hondacomm

[flagallery gid=4]

Disclaimer : Tulisan ini diikutsertakan dalam HBD Writing Competition. Isi tulisan di luar tanggung jawab Honda Bikers Day dan Komunitas Motor Honda.

Referensi :

1. Honda Bikers Day (hondabikersday.com)

2. Komunitas Motor Honda (hondacommunity.net)

3. HondaRoadventure SSS

4. Fanspage HondaBikersDay

5. Fanspage Honda-Community

welovehonda

79honda-bikers-day-2013

Banner-HBD-Wrtiting-Contest

**Alhamdulillah, postingan ini jadi Juara Favorit HBD Writing Competition 🙂

4 thoughts on “Honda Bikers Day, Satu Hati dalam Petualangan

Leave a Reply