Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Terjebak Hutang

By | February 27, 2016

Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Terjebak Hutang – Hutang rasa-rasanya sulit dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Bahkan bagi beberapa orang, situasi mereka sudah seperti pepatah “gali lubang tutup lubang”, alias hidup dari berhutang untuk menutupi hutang sebelumnya. Tentunya ini sangatlah membuat stress, dan bahkan membuat orang sampai nekat mengakhiri hidupnya sendiri. Karena itulah, untuk menghindarinya, Anda perlu tahu kenapa seseorang bisa sampai terlilit hutang. Bersama dengan lembaga yang akan membantu Anda terlepas dari hutang, yaitu Amalan.id, simaklah ulasannya di bawah ini.

Amalan mengerti bahwa ada situasi di mana Anda tak bisa menghindari hutang maupun situasi saat hutang sulit dibayar. Kecelakaan yang tak terduga, sakit, atau kehilangan pekerjaan, semua itu membuat Anda semakin terlilit hutang, yang bukan sepenuhnya kesalahan Anda. Tak seorang pun yang bisa memprediksi masa depan, sehingga di sinilah, Anda harus waspada.

Namun situasi di atas tidak selalu merupakan kondisi pada banyak orang yang terlilit hutang. Kenyataannya, banyak orang yang terjerat hutang juga sebenarnya karena kesalahan mereka sendiri. ini alasan kenapa orang bisa terjebak di lingkaran hutang:

  • Terlalu konsumtif dan membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan dengan menggunakan kartu kredit.
  • Bergonta-ganti gadget dan juga kendaraan setiap tahunnya, karena tuntutan dari orang-orang sekitar (peer pressure) atau status.
  • Jarang menunggu diskon ketika berbelanja, sehingga tak ada yang dihemat.
  • Tidak memiliki rencana anggaran setiap bulan, sehingga tak bisa mengawasi pengeluaran yang berlebihan.
  • Tidak menginvestasikan pinjaman yang ada untuk keperluan yang produktif, sehingga pinjaman habis tanpa menghasilkan sesuatu.
  • Tidak mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan, sehingga tak mampu merencanakan kebutuhan finansial.
  • Meminjam di saat usaha belum menghasilkan, atau ketika akan kolaps (saat Anda tak mampu membayar apa-apa).

Jadi seperti Anda lihat sendiri, kebiasaan-kebiasaan jelek tersebut menjadi alasan kenapa seseorang bisa terlilit hutang yang tak habis-habis. Padahal, sebenarnya dengan sedikit ketelatenan, angsuran bisa berjalan dengan lancar sampai lunas. Tapi kalau misalnya Anda sudah tak sanggup lagi mengurus hutang yang bertumpuk, maka Amalan.id bisa membantu Anda negosiasi hutang kartu kredit ataupun KTA Anda dengan bank sehingga lebih ringan.

One thought on “Kebiasaan Buruk yang Membuat Orang Terjebak Hutang

Leave a Reply