Mengatasi Error Saat Maintenance WordPress

By | January 28, 2016

Mengatasi Error Saat Maintenance WordPress – Sebagai pemilik blog dengan domain TLD dan hosting yang semuanya gratisan, kadang saya merasa gak enak hati saat terjadi error pada blog saya. Apalagi kalau errornya terjadi karena kesalahan saya sendiri.

Misalnya karena penasaran ingin mengubah bentuk dan ukuran huruf padahal themes sudah cocok, cari tutorial lewat Mbah Google, ketemu. Coba ganti script sesuai tutorial, ah… sepertinya sudah sama, aman. Simpan dan lihat hasilnya… Waduh, koq error?

Kalau sudah begini sih, saya cari aman saja. Ganti themes yang baru haha. Tapi kalau masih error, terpaksa… call a friend alias minta bantuan suami. Ya minta bantuan siapa lagi atuh, kan yang bayarin domain sama hostingnya memang suami. Yang pegang servernya juga suami. Jadi ya sudah pasti kalau ada apa-apa minta bantuan suami. Bayarnya cukup nuhun plus sayur asem favoritnya hehe

Tapi ya gitu sih, berhubung saya gak bayar, kadang kasihan juga kalau dikit-dikit minta bantuan suami.

Seperti kejadian barusan nih, pas buka dashboard terlihat ada Plugins dan Themes yang harus diupdate. Tapi ah, nanti saja lah updatenya. Lebih baik nulis dulu, soalnya kalau nulis yang dinanti-nanti biasanya suka menguap entah kemana dan saya malah anteng facebookan.

Selesai menerbitkan sebuah tulisan, saya pun kembali ke menu Update. Pilih semua yang mau diupdate, lalu klik Update.

Nah, pas wordpressnya sedang update Plugins inilah terjadi kecerobohan saya. Yang tadinya mau pindah tab, malah gak sengaja ke klik reload. Alhasil blog saya pun ngadat dan menampilkan pesan “Brievly Unavailable for Scheduled Maintenance Error. Check back in a minute”.

Aduh, gimana ini ya? Berkali-kali saya klik tombol reload, back, bahkan sampai buka tab baru yang buka blog saya juga sama saja. Mana suami juga sudah tidur. Masa iya harus dibangunin?

Dari hasil tanya ke Mbah Google, katanya sih nanti juga error seperti ini mah sembuh sendiri. Nah, masalahnya setelah dibiarkan beberapa lama juga itu pesan error masih ada aja. Terus harus gimana donk?

Masih dari hasil tanya ke Mbah Google, akhirnya saya menemukan solusi ini.

  • Masuk ke cPanel. Punya aksesnya kan? Ingat-ingat username sama passwordnya ya, jangan sampai salah memasukkan password. Soalnya saya pernah kejadian salah password berkali-kali sampai dilock.
  • Di cPanel masuk ke File Manager.
  • Dari File Manager pilih akses ke blog kita (centang show hidden files).
  • Cari file .maintenance dan hapus file ini.

Nah, jadi selama proses update tadi dilakukan, WP membuat file .maintenance yang membuat blog tidak bisa diakses sementara. Sebelum file .maintenance ini hilang (baik karena proses update yang masih berlangsung, atau nyangkut seperti kasus saya), blog kita akan tetap berada di mode maintenance dan pengunjung akan terus melihat pesan error seperti di atas. Hiks sedih kan…

Mudah-mudahan setelah ini mah aman-aman saja, jadi beneran gak perlu bangunin suami 😀

Leave a Reply