K2 Park Superblok, Kawasan Terintegrasi Super Lengkap di Serpong

By | June 19, 2014

Pernah dengar apartemen? Pastinya sering donk. Bukan hanya mendengar, contohnya pun bisa dengan mudah ditemukan apalagi di kota-kota besar. Atau malah udah punya nih? Waaah… Selamat ya, karena sudah menjadi bagian dari pemecahan masalah di kota tempat Anda tinggal.

Di kota tempat saya tinggal, Bandung, mulai dari Bandung Utara, Bandung Timur, Bandung Barat, Bandung Selatan, bahkan di tengah kota Bandung sudah banyak berdiri gedung-gedung apartemen/kondominium yang terdiri dari ratusan unit kamar, lengkap dengan berbagai fasilitasnya.

Apartment

Beberapa apartemen yang ada di Bandung

Yup, apartemen memang menjadi solusi untuk kebutuhan hunian yang layak bagi penduduk di daerah yang sedang berkembang. Kenapa bisa begitu? Seperti kita tahu, yang namanya lahan sampai kapan pun tidak akan bisa bertambah, malah cenderung berkurang. Sementara jumlah penduduk apalagi di daerah berkembang yang menjadi pusat pemerintahan, industri dan pendidikan, bisa dipastikan bertambah setiap tahun.

Jumlah sawah/lahan kosong di Bandung saat ini sudah sangat berkurang dibanding 3-4 tahun yang lalu. Sekarang sudah banyak sawah yang beralih fungsi menjadi perumahan. Lalu, bagaimana dengan 3-4 tahun yang akan datang?

Nah, karena lahan untuk rumah tapak/hunian horizontal ini semakin berkurang, maka salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan hunian penduduk adalah dengan membangun hunian vertikal, contohnya ya apartemen ini.

Terus, pernah dengar superblok? Kalau superblok, saya sendiri baru mendengarnya belakangan ini, belum pernah melihat secara langsung. Haduuh… ndeso ya??? Tapi yang terbayang begitu saya mendengar “superblok” adalah blok-blok bangunan super yang ada di kawasan yang juga super besar.

Contohnya? Hmmm…. paling gampang cari contoh Superblok di daerah Jakarta. Kenapa? Di daerah Jakarta sudah banyak berdiri akwasan superblok, diantaranya adalah Podomoro City, Grand Indonesia, Kota Kasablanka, Gandaria City, Kemang Village, CBD Pluit, Season City, Ciputra World Jakarta, dan The St. Moritz Penthouses & Residences, Superblok Rasuna Epicentrum dan masih banyak lagi.

Beberapa superblok yang ada di Jakarta

Beberapa superblok yang ada di Jakarta

Gimana, sudah terbayang bedanya apartemen dengan superblok?

Memangnya, apa perbedaan Apartemen dengan Superblok?

Daripada salah mengartikan, saya iseng nih cari pengertian apartemen dan superblok di KBBI, alias Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Pengertian Apartemen dan Superblok

Kalau kata Ibu Guru, eh… KBBI sih begitu ūüėÄ

Lho? Kalau begitu gak ada bedanya donk antara apartemen dengan superblok. Secara satu kompleks apartemen sekarang ini juga banyak yang terdiri dari beberapa tower.

Kalau hanya lewat tulisan susah dimengerti juga ya, apalagi buat orang yang kurang akrab dengan konstruksi bangunan seperti saya hehehe. Tapi berdasarkan contoh-contoh yang saya lihat, kurang lebih perbedaan antara apartemen dengan superblok dapat digambarkan seperti cuplikan video di bawah ini…

Sudah terbayang kan apa bedanya apartemen dengan superblok?

Menurut saya sederhananya seperti ini: Apartemen ini hanya salah satu bagian dari superblok, suatu kawasan yang terdiri dari banyak blok yang meliputi hunian, area komersial, area perkantoran, dan pendidikan.

Superblok sebagai salah satu solusi permasalahan di kota metropolitan

Superblok sebenarnya sudah mulai dikembangkan sejak awal abad ke-19, yaitu dengan konsep dasarnya adalah mengatasi kemacetan melalui peningkatan kepadatan. Tokoh penting yang mengemukakan konsep ini adalah Le Corbusier, yaitu seorang arsitek dan urbanis beraliran sentries. Karya Le Corbusier yang dihasilakn pada tahun 1935 adalah La Ville Radieuse atau Radiant City, yaitu merupakan sebuah rancangan kota dengan model practical dan menggunakan analogi City as machine yang terdiri dari komponen-komponen dengan fungsi yang jelas dan saling terkait untuk menghasilkan suatu kinerja tertentu. Rancangan ini diusulkan untuk dibangun di pusat kota Paris, untuk meningkatkan kapasitas perkotaan dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan dan efisiensi kota (Kostof, 1991 ; Breheny, 1996). Gagasan ini memang tidak pernah direalisasikan, akan tetapi konsep ini telah mengilhami dan menginspirasi pengembangan dan perkembangan superblok lain diberbagai kota dan negara. [1*pidato pengukuhan Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah MadaProf. Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP. M. Sc.,Ph.D.]

Superblok sendiri adalah suatu kawasan di konteks urban yang dirancang secara terpadu dan terintegrasi (integrated developement), berdensitas cukup tinggi dalam konsep tata guna lahan yang bersifat campuran (mixed-use).[2]

Superblok merupakan kawasan multi fungsi yang terintegrasi antara fungsi hunian, perkantoran dan komersial. Jadi salah satu syarat dari superblok ini adalah ketersediaan akan apartemen, perkantoran dan perbelanjaan di suatu kawasan yang sama. Diharapkan kegiatan di superblok ini akan mengurangi permasalahan transportasi, karena seluruh aktivitas (tinggal, bekerja, kuliah, belanja) dilakukan di kawasan ini.

Mau ke tempat kerja, tinggal belok kanan. Mau belanja, tinggal belok kiri. Mau pergi sekolah/kuliah, tinggal lurus aja. Gak pake macet! Praktis dan nyaman. Yup, seperti itulah hidup di kawasan properti terpadu/superblok.

Menurut Ridwan Kamil, strategi pembangunan superblok terdiri dari :

Belakangan pembangunan superblok ini semakin marak dilakukan oleh berbagai pengembang. Selain pemanfaatan lahan yang lebih maksimal juga nilai proyek superblok akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan proyek yang stand alone.

Seperti yang telah saya sebutkan tadi, di Jakarta sendiri sudah banyak berdiri bangunan-bangunan superblok. Mengingat susahnya mencari lahan yang cukup untuk membuat superblok, para pengembang pun ramai-ramai menggali potensi pasar superblok di luar Jakarta dan kota besar lainnya. Salah satunya adalah  K2 Park  Superblock yang dikembangkan oleh developer ternama, Prioritas Land Indonesia, di kawasan Serpong.

K2 Park Superblock, kawasan terintegrasi paling super di Serpong

Sebelum saya bahas mengenai kelengkapan  K2 Park, baiknya saya jelaskan dulu keunikan sekaligus kelebihan yang dimiliki olrh K2 Park .

Penasaran donk, apa sih yang jadi kelebihan dan keunikan  K2 Park  ini? Meski saya sudah pernah membahas ini, tak ada salahnya kalau saya kembali mengulasnya.

Yuk, kita bedah satu per satu!

  • Location

Pastinya sudah tau ya, kalau sejak dulu yang namanya lokasi ini menentukan prestasi. Lho? Koq prestasi?

Hal paling penting yang perlu diperhatkan saat memilih properti adalah lokasi. Terbayang kan kalau lokasi properti yang kita pilih kebetulan jauh dari mana-mana? Mau sekedar shopping saja harus membuang waktu berjam-jam di jalan. Anak sekolah pun harus pergi beberapa jam sebelumnya. Belum lagi kalau ada urusan darurat ke rumah sakit. Wah, baru ngebayangin saja udah ngeselin ya?

Tapi coba kita lihat lokasi  K2 Park  di bawah ini.

Aerial foto K2 Park Superblok

Berdiri di atas lahan seluas 3 hektar,  K2 Park berada di area lokasi emas di antara Lippo Karawaci, Gading Serpong BSD, Alam Sutera dan Modernland. Dari peta satelit yang diperoleh dari google, terlihat bahwa akses jalan dari dan menuju K2 Park sangat mudah, hanya perlu hitungan menit menuju pintu tol Jakarta dan Merak dan 15 menit menuju pintu JORR Jakarta-Serpong.

Mau shopping? Gak perlu pusing apalagi sampai tujuh keliling. Karena K2 Park dikelilingi oleh sejumlah tempat perbelanjaan, diantaranya adalah Lippo Supermall Karawaci, Summarecon Mall Serpong, Mall of Alam Sutera, BSD Square, Teras Kota, BSD Plaza, dan Living World.

Mall di sekitar K2 Park Superblok

Di dekat K2 Park juga terdapat sejumlah rumah sakit, seperti Siloam Hospital Karawaci, Rumah Sakit St. Carolous, Rumah Sakit Awal Bros, Eka Hospital BSD, dan Rumah Sakit Mayapada.

Selain itu, kawasan mixed-use development K2 Park juga dapat di tempuh hanya beberapa menit dari rencana pembangunan Indonesia International Expo Convention Center BSD City (IIECC), Convention and Exhibition Hall terbesar di Indonesia dan bertaraf internasional.

Gak perlu bermacet-macet saat harus berangkat sekolah/kuliah, karena dalam radius K2 Park dikelilingi oleh beberapa sekolah/universitas ternama, seperti Universitas Pelita Harapan Karawaci, Universitas Multimedia Nusantara, Sekolah Pelita Harapan, Swiss German University, Jakarta Nanyang School, Universitas Bina Nusantara, Prasetya Mulya, Stella Maris International School, Sekolah Pahoa, Sekolah Tarakanita, SDK Penabur Serpong.

Dan yang makin membuat prestasi  K2 Park semakin gemilang adalah posisinya yang sangat dekat dengan kampus Untar.

[imagemap id=”3171″]

Kenapa ini layak diperhitungkan? Karena Universitas Tarumanagara adalah salah satu universitas ternama yang ada di Jakarta. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Pusat Data dan Analisa TEMPO untuk menentukan peringkat perguruan tinggi swasta 2010, Untar termasuk salah satu dari 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Nasional Tahun 2010. Sementara dari situs Top10Indo, Untar juga berhasil masuk jajaran 10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik (peringkat dunia 1260).

Saat ini Untar memiliki 3 kampus yang semuanya berlokasi di Jakarta. Dan dalam waktu dekat akan segera dibangun kampus Untar yang ke-IV, tidak jauh¬†dari K2 Park.¬†Geser dikit, nyampe deh…

  • Inspired By Nature

Setelah saya mencari tahu berbagai contoh superblok yang sudah ada, rasanya desain bangunan yang ada terkesan biasa-biasa saja. Tapi begitu saya melihat sketsa dan maket K2 Park, langsung takjub dan terpesona.

SS 2014-06-20 at 2.18.14 AM

Siapa yang menyangka kalau keindahan Gunung Zhang Jia Jie Hunan di Cina, Big Hole di Kimberly South Africa dan pergeseran lempeng bumi akibat gerakan tektonik ini bisa digabungkan dan menghadirkan desain bangunan yang megah, modern dan selaras dengan suasana alam pada K2 Park seperti ini.

SS 2014-06-20 at 2.47.17 AM

  • Very Green

Satu lagi nih yang membuat K2 Park ini berbeda dengan kawasan superblok lain yang sudah ada. Kebanyakan superblok yang dikembangkan kurang memperhatikan aspek lingkungan. Berbeda dengan K2 Park yang sama sekali tidak mengesampingkan pentingnya ruang hijau terbuka yang bisa diakses oleh publik.

Di K2 Park terdapat taman terbuka hijau dengan konsep landscape di antara bangunan utama.

Ruang Terbuka Hijau di K2 ParkSelain itu, juga ada water pods yang berfungsi sebagai pohon buatan. Gunanya untuk menampung air hujan juga menjadi peneduh dari sinar matahari. Lahan hijau ini menghadirkan suasana yang rindang, teduh, dan hijau yang nyaman buat penghuninya.

  • Integrated Complex

Meski lokasinya sangat strategis dan dekat dengan berbagai pusat perbelanjaan, perkantoran dan pendidikan, namun K2 Park harus bisa memenuhi syarat superblok seperti yang sudah saya tuliskan tadi, yaitu memiliki fungsi hunian, publik, komersial dan rekreasi bisa hadir dalam satu kawasan. Tentu saja K2 Park memiliki semuanya. Sebagai kawasan mixed-use yang terintegrasi, K2 Park memiliki :

  • 4 Apartment Buildings
  • 1 Hotel Building
  • 1 Office Building
  • Educational complex, Lifestyle Mall

Masterplan K2 Park Superblok

Master Plan K2 Park

Master Plan K2 Park

Selain itu, peruntukan lantai dasar (ground floor use) haruslah digunakan untuk kegiatan retail atau fungsi publik aktif yang secara fisik transparan untuk menjamin hadirnya aktifitas publik dari pagi sampai malam.

K2 Park hadir dengan konsep sunken plaza dengan pusat perbelanjaan bawah tanah. Fasilitas yang tersedia di K2 Park ini akan mempermudah penghuni apartemen melakukan berbagai aktivitas.

  • Nice Payment

K2 Park ini menawarkan pembayaran yang cukup mudah dan bersahabat. Maksudnya bersahabat untuk kantong karena bisa diatur sesuai dengan kemampuan kita. Ada beberapa cara untuk memiliki K2 Park ini yaitu :

Nice Payment K2 park

Masih kurang bersahabat? Coba deh kita lihat penawaran terbaru dari Prioritas Land Indonesia ini :

  • Growing Investment

K2 Park¬† berada di area yang berkembang sangat pesat dan dikelilingi pemukiman elit, di mana harga rata-rata tanah mencapai 15 ‚Äď 30 juta per m2, dengan harga rumah untuk luas 240 m2 rata-rata Rp 3.8 M. Harga properti di Serpong dalam 5 tahun sejak 2007 meningkat signifikan, dari harga rumah Rp 1 M di 2007 sekarang menjadi Rp 3.8M.Harga¬†K2 Park¬†setelah jadi diperkirakan mengalami potensi kenaikan sebesar 70-100% dalam 3-4 tahun.

Growing Investment K2 park

Apa yang menjadikan K2 Park Superblock sebagai kawasan super lengkap?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, superblok merupakan sebuah kawasan multi fungsi yang terintegrasi antara fungsi hunian, perkantoran dan komersial. Begitu pula superblok yang sudah banyak berdiri di kota-kota besar di Indonesia. Tapi K2 Park memiliki satu kelebihan lain yang tidak bisa ditemui di superblok lain. Apakah itu?

Education Tower!

Ya, tidak hanya dekat dengan future kampus Untar, K2 Park juga memiliki satu blok yang khusus digunakan sebagai Education Tower.

Education Tower ini rencananya akan diisi oleh sejumlah institusi pendidikan, di antaranya adalah sekolah sekretaris, sekolah musik, dan sekolah public relation.

Education Tower sebagai pusat pendidikan terpadu dilengkapi dengan shuttle bus ke area hunian sekitar yang juga didukung beragam fasilitas yang tersedia untuk para murid di dalam kompleks (cafe, mini market, salon, restoran).

Nah, benar kan apa saya bilang. K2 Park ini memang merupakan kawasan terintegrasi yang superrr lengkap di Serpong. Bahkan saya rasa di kota lain pun tidak ada yang bisa menyamai keunikan dan kelebihan yang dimiliki oleh K2 Park Superblock.

Masih mau tahu tentang K2 Park atau proyek-proyek¬†Prioritas Land Indonesia?¬†Silahkan kunjungi websitenya di¬†sini, atau fanspagenya di¬†Official Prioritas Land Indonesia. Kalau mau lebih jelas lagi, datang langsung ke kantornya di sini :PT. PRIORITAS LAND INDONESIA Ruko Paramount Blitz Jln Raya Kelapa Dua Blok A no 20 Gading Serpong ‚Äď Tangerang 15810 Telp : (021) 36000 701 ‚Äď 702 Fax : (021) 21 36000 703

 

Referensi :

  1. http://rachmat-arsitektur.blogspot.com/2012/10/apa-itu-superblock.html
  2. http://ridwankamil.wordpress.com/2008/09/27/superblok-sebagai-model-kendali-pembangunan-kota/
  3. http://www.prioritaslandindonesia.com
  4. http://www.okezone.com
  5. http://www.pikiran-rakyat.com
  6. http://www.tribunnews.com

Disclaimer : Tulisan ini diikutsertakan pada “BLOG CONTEST PRIORITAS LAND INDONESIA Tahap 7″. Isi di luar tanggung jawab PT Prioritas Land Indonesia. Mau ikutan? Baca Syarat & Ketentuan di sini.

4 thoughts on “K2 Park Superblok, Kawasan Terintegrasi Super Lengkap di Serpong

  1. mrbedelhoki

    wow… wow……!
    komplit abis nih tulisan ūüėÄ
    untung ane taunya setelah selesai nulis, coba kalo sebelumnya, bakalan pesimis ane ūüėÄ

    salam sukses ya

    Reply
  2. eka fikry

    Weitsss…juara satu nih…ahaaaayyy… Selamat ya….. tak kirain blog orang sebelah yang bakal menang, karena ilustrasinya yang cetar membahenol, yg membuat aku jadi keder bin males gak mau ikutan tahap ini….

    Tp ternyata, juri Prioritas Land masih mempertimbangkan faktor keindahan tulisan ya…. dan tulisanmu memang indah…hihihiih…. Selamat ya mbak…..

    Reply
    1. oRiN Post author

      hehe.. gak nyangka sama sekali mak.. sangat.. beneran udah hopeless nih yang ini.. tapi alhamdulillah, masih rejeki ūüėÄ

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *