Tips Merawat Helm Hingga Busa Helm di Dalamnya yang Tepat

By | July 10, 2019

Mengendarai sepeda motor di jalan raya berarti Anda harus bersiap dengan helm yang wajib dipakai sebagai pengendara maupun penumpang. Memiliki aktifitas yang padat dan sering berkendara membuat helm Anda juga sering dipakai dan bersentuhan langsung dengan kepala serta rambut. Kondisi lingkungan yang kotor membuat helm juga bisa semakin kotor dari hari ke hari. Apalagi jika Anda berkendara di siang hari, keringat yang timbul di kulit kepala serta rambut juga akan terserap ke dalam busa helm yang membuatnya menjadi sarang bakteri. Semakin sering helm digunakan makan harus semakin sering juga ia dibersihkan agar tidak menjadi sarang kuman serta debu penyebab penyakit.

Saat ini sudah banyak tempat jasa pencucian helm yang bisa Anda manfaatkan untuk mencuci helm kesayangan. Meski begitu bagi Anda yang tinggal di pedesaan agaknya tempat jasa pencucian helm ini masih jarang ditemukan. Jika adapun, harga jasanya cukup mahal sekitar Rp. 40 ribu hingga Rp. 80 ribu. Padahal jika helm setiap hari digunakan maka setidaknya Anda harus rajin mencucinya setiap minggu. Cukup memboroskan jika hal tersebut harus dilakukan dengan membayar jasa pencucian helm yang mahal. Untuk mengatasinya, Anda bisa merawat helm sendiri termasuk busa helm di dalamnya agar selalu bersih dan siap dipakai tanpa menjadi sarang kuman.

Berikut ini adalah tips untuk merawat helm agar bersih tak kalah dari helm yang dicuci di jasa pencucian helm komersil:

  1. Lakukan pencucian helm satu minggu sekali untuk Anda yang setiap harinya menggunakan helm.
  2. Lakukan di pagi hari yang tidak mendung sehingga memiliki sinar matahari cukup untuk nantinya mengeringkan helm.
  3. Lepas bagian helm dan simpan mur dan bautnya agar tidak hilang.
  4. Lepas busa di bagian dalam dengan perlahan. Perhatikan terlebih dahulu apakah helm yang Anda gunakan termasuk helm yang bisa dilepas busanya dan dipasang kembali.
  5. Cuci cangkang helm dengan air dan sabun. Rendam kemudian gosok menggunakan busa atau kain hingga bersih. Bilas kemudian keringkan.
  6. Untuk kain penutup busa, juga bisa Anda cuci menggunakan air sabun.
  7. Sedangkan untuk busa, cukup Anda keringkan di bawah sinar matahari langsung.
  8. Cuci bagian kaca helm.
  9. Setelah semuanya kering, pasang kembali seperti semula.
  10. Semprotkan parfum untuk memberi keharuman di bagian dalam helm Anda.

Cara yang cukup mudah untuk menjaga helm Anda tetap bersih termasuk di bagian busa helm dalamnya. Namun jika helm tersebut sudah Anda gunakan cukup lama dan busa sudah menyusut masanya, maka sebaiknya gantilah dengan yang baru. Untuk membeli busa baru ataupun helm baru yang berkualitas, Anda bisa cek toko online Moladin yang menjual berbagai perlengkapan berkendara dengan hemat dan mudah.

Leave a Reply