6 Tips Penerbangan Jarak Jauh Tanpa Jet Lag

6 Tips Penerbangan Jarak Jauh Tanpa Jet Lag

Berada di zona timur membuat Indonesia memiliki perbedaan waktu yang cukup signifikan dari negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa. Tidak tanggung-tanggung, perbedaannya bahkan mencapai 12 jam lebih lambat. Hal ini yang seringkali membuat wisatawan Indonesia terserang jet lag yang sangat mengganggu waktu berlibur. Bagi Anda yang berencana untuk melakukan perjalanan jarak jauh baik untuk berlibur ataupun perjalanan bisnis, berikut ini tips-tips sederhana yang ampuh mengatasi jet lag setelah mendapatkan tiket promo pesawat.

1. Sesuaikan waktu di jam Anda

Menyesuaikan jam biologis tubuh memang bukan perkara mudah. Maka dari itu, sebaiknya Anda mulai mempersiapkannya sejak sebelum keberangkatan. Salah satunya adalah dengan mengubah waktu pada jam Anda sesuai dengan waktu di negara tujuan. Mulailah untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang wajar dilakukan sesuai waktu negara tersebut. Apabila sulit untuk dilakukan, setidaknya atur jam Anda saat boarding pesawat.

2. Pilih penerbangan dengan waktu kedatangan di siang atau sore hari

Siang atau sore hari adalah waktu kedatangan yang tepat untuk mengatasi jet lag. Pertama, Anda masih sempat untuk check-in dan menyegarkan diri di hotel. Kedua, Anda masih sempat terkena paparan sinar matahari dan makan malam. Ketiga, Anda bisa langsung tidur di malam harinya untuk segera menyesuaikan jam biologis tubuh Anda.

Misalnya, Anda berencana untuk ke New York, Mungkin Anda bisa memilih penerbangan dengan waktu kedatangan pukul 16:10 yang disediakan oleh maskapai pilihan Anda. Dengan demikian, Anda masih bisa menikmati makan malam atau berkeliling sebentar di Times Square sebelum beristirahat di hotel.

3. Hindari minum kopi dan alkohol

Selama penerbangan panjang, sebaiknya Anda menghindari minum kopi dan alkohol untuk menjaga kualitas tidur Anda. Kopi dapat membuat Anda terjaga berulang-ulang, yang dapat mengakibatkan pusing atau sakit kepala. Selain itu, alkohol juga dapat membuat cairan tubuh Anda berkurang dengan lebih cepat. Hal ini akan mengakibatkan jet lag yang lebih parah.

4. Minum air yang cukup

Sudah menjadi aturan dasar selama penerbangan panjang untuk rutin minum air guna menjaga cairan tubuh. Para traveler yang sering bepergian ke luar negeri pun berulang kali menyatakan bahwa salah satu obat jet lag yang paling berkhasiat adalah minum air putih yang cukup.

5. Atur jam tidur Anda selama penerbangan

Sesuaikan jam tidur Anda selama penerbangan dengan waktu di negara tujuan Anda. Misalkan Anda terbang menuju Kanada atau Islandia yang perbedaan waktunya 10 hingga 12 jam, maka sebaiknya Anda tidur sesuai dengan jam tidur wajar di negara tersebut. Dengan demikian tubuh Anda akan mulai terbiasa dengan waktu di negara tujuan bahkan sebelum mendarat sekalipun.

6. Gunakan obat resep dokter

Jalan terakhir untuk menyelamatkan Anda dari gangguan jet lag adalah mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter. Oleh karena itu, sebelum keberangkatan Anda dapat memeriksakan diri ke dokter sekaligus meminta saran perihal obat apa yang sekiranya bisa dikonsumsi untuk meredakan jet lag. Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan obat tidur, maka sebaiknya diperkirakan dulu waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Jangan sampai efek obat tidur itu belum hilang saat Anda sudah harus melakukan pendaratan.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.