Langkah Pengobatan Utama dan Pendukung untuk Obati Gagal Ginjal

Langkah Pengobatan Utama dan Pendukung untuk Obati Gagal Ginjal

Selain penyakit jantung maupun diabetes, satu lagi jenis penyakit yang paling rentan menyerang di usia tua yaitu gagal ginjal. Setiap manusia pada dasarnya memiliki 2 buah ginjal yang bekerja untuk menyaring darah, membuang zat-zat yang tidak berguna dalam bentuk urine. Kerusakan ginjal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena penyakit bawaan, ataupun bisa juga terjadi disebabkan oleh kesalahan masyarakat sendiri, seperti paling banyak adalah karena pola hidup yang tidak sehat, sehingga dapat memicu kerusakan organ tersebut.

Biasanya langkah pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit gagal ginjal ini sendiri juga hanya ada 2 pilihan. Diantaranya adalah:

1. Cuci darah, sebenarnya hemodialisis ini bukanlah sebuah pengobatan, melainkan hanya alternatif untuk membantu tubuh tetap bisa sehat meskipun ginjal tak lagi berfungsi sebagaimana mestinya, karena dengan hemodialisis memungkinkan darah yang ada dalam tubuh tetap bisa disaring, terbagi atas zat-zat bermanfaat yang nantinya masih bisa digunakan oleh tubuh, juga sebagian diantaranya adalah zat yang harus dibuang dari dalam tubuh sehingga tak lagi menjadi racun.

2. Transplantasi ginjal, istilah lainnya adalah dengan mengganti ginjal yang lama dan sudah rusak memakai ginjal yang baru, tentunya agak sulit melakukan hal ini, karena ginjal manusia tidak diperjualbelikan secara bebas, hal ini sangat ilegal, kecuali memang ada pendonor yang mau memberikan ginjalnya dengan sukarela, maka penderita gagal ginjal masih bisa bertahan hidup tanpa bantuan cuci darah, meskipun hanya dengan mengandalkan sebuah ginjal. Tentunya kedua hal tersebut membutuhkan biaya pengobatan yang tidak bisa dikatakan sedikit, jadi lebih baik mencegahnya dibandingkan dengan mengobati, adapun berikut ini beberapa langkah atau cara mudah yang dapat digunakan untuk membantu pemulihan gagal ginjal, diantaranya adalah:

1. Menjaga tekanan darah, tekanan dara ini sangat mempengaruhi kinerja dari ginjal, apalagi untuk mereka yang rentan terkena tekanan darah tinggi, biasanya akan sangat memberatkan kinerja dari organ penyaringan tersebut. Pastikan untuk melakukan pengecekan tekanan darah secara teratur guna mengetahui nilainya.

2. Perubahan pola hidup, bagi mereka yang sudah mengalami gagal ginjal, maka tak ada pilihan lain untuk sembuh kecuali dengan merubah pola hidup, hal ini akan sedikit membantu dalam mengurangi intensitas cuci darah yang dijalankan. Lalu bagaimana perubahan pola hidup yang bisa dilakukan? sebenarnya sangatlah mudah, mulai dengan menurunkan berat badan, sebisa mungkin lakukan kegiatan olahraga yang membantu dalam turunkan berat badan, berhentilah dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering kali Anda lakukan seperti minum alkohol atau merokok, juga mulailah mengubah pola makan menjadi menu-menu yang sehat dan dianjurkan untuk penderita gagal ginjal.

3. Perbaiki keseimbangan fosfat, kelebihan fosfat di dalam tubuh nantinya akan memberatkan kinerja ginjal dalam menyaringnya, sehingga penderita biasanya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan fosfat, misalnya ada pada daging merah, produk susu ataupun daging merah.

4. Kurangi kolesterol yang ada dalam tubuh, lemak jahat yang menumpuk di dalam tubuh juga menjadikan faktor resiko komplikasi dengan beberapa jenis masalah kesehatan yang lainnya, jadi mau tak mau harus dikurangi, dengan melakukan aktivitas olahraga, juga harus menghindari menu makanan berkolesterol.

Langkah-langkah tersebut bisa sedikit membantu untuk pemulihan gagal ginjal, meskipun tak bisa memperbaiki kondisinya seperti sedia kala. Tentu harus tetap diimbangi dengan pengobatan utama.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.