Ramadan Ekstra : Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia

“In, Nene pengen sandal yang begini. Bagus kayaknya. Kalau naik angkot sendalnya gak bakal ketinggalan”, ujar Nene sambil mengelus-elus sandal pink milik Teteh, sebuah sandal jepit bertali belakang.

“Iya da Nene mah naik angkot teh disamain sama ke masjid, sandalnya dibuka dulu haha. Kayaknya kalau Abah pakai sandal yang begitu juga gak bakal repot ya”, kata Abah sambil tertawa.

Sebenarnya belum lama ini Abah baru saja dibelikan sandal oleh Nene. Sandal jepit berbahan karet. Tapi baru dipakai 2 kali sambil kontrol ke rumah sakit, ternyata sandalnya malah menciut. Abah pun kerepotan memakai sandal ini, apalagi kaki Abah yang memang belum sembuh betul dari stroke. Bisa jadi karena memang bahan karetnya yang kurang bagus.

Pakai sepatu juga bukan solusi yang bagus, karena di rumah sakit Abah harus membuka sepatunya dulu sebelum naik ke tempat periksa. Pas mau pakai sepatunya lagi ini yang repot. Jadi, Abah memilih pakai sandal tiap kali kontrol.

Saya pun menyanggupi akan membelikan sandal buat Abah dan Nene, seperti yang beliau inginkan.

“Emang punya uangnya?”, kata Nene sambil menatap saya penuh curiga.

“Ya kata siapa dibeliinya sekarang? Lebaran dapet gaji 13 kan Bah? Pan nanti juga kebagian hahaha…”, jawab saya

“Huuuhhh.. dasar! Pokoknya lebaran nanti kirim sandal baru ya!”, kata Nene sambil menepukkan tangannya di jidat saya dengan lembut wkwkwk.

Pilah pilih sandal buat Abah dan Nene memang bukan hal yang mudah, terlebih dengan kondisi Abah seperti yang sudah saya ceritakan tadi. Selain model, bahannya harus ringan, tidak keras, dan tentu saja nyaman digunakan. Begitu pula dengan Nene yang belakangan mengalami gangguan di syaraf tulang belakangnya sampai-sampai jalannya harus sedikit digusur. Tak heran ketika naik kendaraan, termasuk angkot dan becak, sandal Nene sering ketinggalan.

Makanya mencari sandal buat Abah dan Nene ini termasuk salah satu kegiatan yang memerlukan perhatian ekstra.

Pengennya sih selama bulan Ramadan ini fokus ke puasanya saja, gak perlu panas-panasan keliling dari satu toko ke toko lain, apalagi sampai antri di kasir demi baju dan sandal lebaran yang diinginkan.

Tapi, yang namanya janji harus ditepati, bukan? Karena saya sudah berjanji akan membelikan sandal buat Abah dan Nene, maka saya mulai mencari-cari sandal dengan model yang mirip dengan sandal Teteh.

Carinya di mana? Ya gampang toh… tinggal browsing saja, jadi gak sampai mengganggu ibadah puasa kita. Ramadan pun bisa dijalani dengan ekstra tenang, ekstra khusyu juga membuat hati ekstra bahagia karena bisa mendapatkan barang yang diidam-idamkan. Pokoknya Ramadan kali ini harus benar-benar ekstra.

Ada yang mau menjalani Ramadan Ekstra juga? Nah, ini ada beberapa tips belanja online hemat kebutuhan bulan Ramadan Ekstra, salah satunya di Tokopedia :

  1. Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Sama seperti ketika belanja secara offline, sebelum memutuskan membeli barang di toko online, sebaiknya kita membandingkan harga terlebih dahulu. Memiliki banyak toko online berkualitas, Tokopedia memungkinkan kita untuk membandingkan harga berbagai produk kebutuhan dengan lebih mudah. Asyiknya nih, di Tokopedia kita cukup mencari produk yang dibutuhkan, dan nanti akan muncul ribuan produk dengan berbagai harga siap untuk dibeli. Untuk menghemat pengeluaran belanja online saat Ramadan, cukup pilih produk dengan harga tepat dan spesifikasi yang pas.

  1. Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Untuk membuat Ramadan Ekstra, bukan berarti harus selalu gunakan barang branded dengan harga selangit. Tokopedia, e-commerce dengan produk terlengkap memiliki koleksi  berbagai produk hasil kreasi kreator lokal maupun brand terkenal dunia. Hemat pengeluaran belanja kita di bulan Ramadan dengan memilih produk kreasi dari kreator lokal yang hadir dengan kualitas bersaing namun dengan harga yang lebih miring.

  1. Cari toko online terdekat

Saat berbelanja online, komponen biaya yang tak boleh terlupakan adalah biaya ongkos kirim (ongkir). Pilihlah toko online yang lokasinya paling dekat dengan lokasi kita untuk mengurangi ongkir berlebihan. Di Tokopedia, kita dapat mengetahui lokasi toko online secara detail sehingga kita dapat memilih toko online dengan lokasi terbaik.

  1. Pilih cara pembayaran yang tepat

Salah satu kemudahan berbelanja online di Tokopedia adalah dalam hal cara pembayaran. Berbagai metode pembayaran dapat kita gunakan mulai dari Saldo Tokopedia, transfer bank, kartu kredit, cicilan, hingga pembayaran melalui minimarket. Memilih metode pembayaran yang sesuai dengan kondisi keuangan tentu dapat menghemat pengeluaran saat berbelanja online.

 

Jangan sampai saat berbelanja online kita malah jadi korban penipuan seperti yang hampir saya alami beberapa waktu yang lalu.

Baca juga : Sering Jual Beli Online? Hati-hati Penipuan dengan Modus Transfer Melalui e-Cash

  1. Pilih metode pengiriman paling efisien

Beberapa orang masih merasa kalau COD merupakan metode pengiriman yang paling nyaman. Tapi ada kalanya barang yang kita inginkan tidak menyediakan layanan COD.

Baca juga: Belanja Online, Kiat COD Aman dan Nyaman

Tapi gak perlu khawatir, karena dalam melakukan pengiriman barang yang kita beli, Tokopedia memberikan beberapa alternatif pengiriman, mulai dari pengiriman secara konvensional hingga kurir instan melalui jasa transportasi online. Dalam memilih metode pengiriman ini, kita dapat membandingkan biaya ongkos kirim terbaik diantara metode pengiriman yang ada untuk menghemat belanja online kita.

  1. Manfaatkan promo dan diskon

Ini nih yang menurut saya paling penting. Apalagi di bulan Ramadan tidak saya pungkiri, pengeluaran jadi ekstra lumayan. Nah, promo atau diskon memberikan pengaruh yang signifikan untuk menghemat pengeluaran kita dalam berbelanja online.

Di bulan Ramadan kali ini, Tokopedia memberikan kesempatan baru bagi pembeli dalam menikmati bulan Ramadan. Dengan rangkaian promo sepanjang bulan Ramadan yang bisa kita gunakan untuk buat Ramadan kali ini makin Ekstra.

O ya, tanggal 25 Mei 2018 nanti bakal ada yang ekstra lagi dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra. Kira-kira, kejutan apa yang akan diberikan di bulan Ramadan Ekstra ini ya? Penasaran nih, kasih reminder ah… Jangan sampai terlewat ya!

 

 

 

 

 

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

One Comment

  1. semoga Abah cepet pulih ya mba,

    tokopedia ini oolshop favorite saya mbak, tiap kali buka ig atau apps nya mereka memang lagi gencar promo Ramadhan Ekstra, tau aja pas Ramadhan banyak pengeluaran ya, jadi lewat Ramadhan Ekstra akan ada banyak diskon

Leave a Reply

Your email address will not be published.