Berbagai Pilihan Mudik Pakai Kereta Lebaran, Pulang Kampung Jadi Lebih Gampang

Berbagai Pilihan Mudik Pakai Kereta Lebaran, Pulang Kampung Jadi Lebih Gampang

kereta api lebaran

Sebagai penggemar berat traveling, mudik bisa jadi tantangan tersendiri jelang libur lebaran tiba. Berbeda dengan hari-hari libur lainnya, ada aura yang terasa menggembirakan berada di antara lautan manusia yang bergegas pulang ke kampung halaman. Apalagi yang suka merasakan romantisme pulang dengan kereta api, suasana stasiun akan dihangatkan dengan pasangan muda yang membawa anak di gendongan, mahasiswa yang pulang membawa oleh-oleh khas, juga mereka yang berpisah di stasiun untuk masing-masing menuju kampung halaman menaiki kereta lebaran. Tapi bagaimana kalau ketinggalan berburuĀ tiket kereta lebaran? Berikut alternatifnya:

Mudik Lebih Awal atau Lebih Akhir

Jika kamu melihat daftar tempat duduk di sekitar pertengahan Juni 2018 sudah habis dipesan, segeralah berpikir cepat untuk memilih mudik lebih awal atau memundurkan jadwal. Strategi ini lebih masuk akal jika kamu memiliki cukup banyak waktu luang sebelum dan sesudah liburan resmi yang ditetapkan pemerintah. Dengan berangkat lebih awal, kamu juga diuntungkan dengan perjalanan yang lebih nyaman bersama penumpang yang tidak terburu-buru lainnya.
Jika jadwal kepulanganmu mengambil waktu yang terakhir, juga akan terasa lebih nyaman karena berlawanan arah dengan arus balik lebaran. Catatan tambahan, pastikan kamu sudah mengabarkan dulu kondisi ini dengan keluarga di rumah agar kedatanganmu tidak ditunggu-tunggu.

Menunggu Informasi Kereta Lebaran Tambahan 2018

sumber:kai.id

Menurut informasi yang didapat dari PT KAI, menyambut musim mudik dan balik lebaran 2018 akan mengoperasikan 393 perjalanan kereta api. Jumlah ini diperkirakan lebih banyak 40% dari perjalanan mudik tahun lalu. Sampai hari ini PT KAI mungkin akan menambah sekitar 23 ribu kursi di kereta lebaran tambahan yang tiket kereta mudiknya akan segera dijual ke umum. Informasi kereta tambahan ini sebaiknya kamu pantau sesering mungkin jika masih ingin berupaya mudik di pertengahan bulan Juni 2018.

Mencari Tiket Kereta Lanjutan

Kehabisan kereta lebaran tambahan juga? Wah wah, bagaimana usahamu ini. Ayo sekarang segera buka Traveloka dan aturlah perjalanan memakai kereta lanjutan. Ini adalah upaya agar bisa mudik tepat waktu dan segera sampai rumah sebelum takbir berkumandang. Cara memesan tiket kereta mudik lanjutan pun gampang sekali. Cukup tentukan stasiun asal dan stasiun tujuan, isi tanggal keberangkatan dan sekaligus jumlah penumpang. Nah di hasil pencarian, pilih label kereta lanjutan.
Di tab pencarian dengan kereta lanjutan, kamu bisa melihat detil perjalanan kereta lebaran yang kamu inginkan. Dicantumkan juga nama stasiun transit, lama transit sekaligus harganya sebagai bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian. Untuk menuju pulang, pastikan telah memilih jalur keberangkatan dengan kereta lanjutan yang paling nyaman baik di stasiun transit hingga lama waktu transitnya.

Jika sudah OK, lengkapi data diri dan lakukan pembayaran. Konfirmasi pembayaran akan dikirim ke email yang sudah didaftarkan dan tercantum di aplikasi Traveloka. Pastikan kamu mendapat dua tiket online yang berbeda untuk sekali jalan. Ingat, kamu akan menempuh perjalanan dengan dua kereta berbeda sehingga jangan sampai ketinggalan salah satunya.

Masih galau mau pulang kampung tanggal berapa? Jangan diteruskan dong. Segera siapkan dari sekarang daripada kamu tidak bisa pulang.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.