Seharian Bareng Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 mAh, Bisa Apa Saja?

Spesifikasi ASUS ZenPower Slim 6000Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 mAh 

“A, punten… bisa order offline?”, tanya saya ke sekumpulan orang yang sedang duduk-duduk di depan BEC.

Mereka adalah driver ojol alias ojek online. Dari jaket yang mereka pakai maupun digantung di atas motor, rupanya mereka bukan hanya driver satu aplikator, melainkan driver 3 aplikator sedang berkumpul bersama. Ya, saat itu Uber memang masih beroperasi di Bandung.

Seketika semua orang yang sedang duduk di situ melihat ke arah saya. 

“Mau kemana gitu? Order pake aplikasi aja, Teh”, ujar salah seorang dari mereka.

“Ke Antapani, Pak. Duh… ini hape saya teh mati. Barusan pas mau order habis batre. Jadi kalau boleh mau order offline saja”, jelas saya sambil menunjukkan hape Zenfone 2 kesayangan yang sudah soak baterainya. Maklum saja… hapenya memang sudah cukup udzur… itu pun hadiah dari lomba tahun 2015 hihi

Baca : Asus Zenfone 2 Laser: Desain Elegan, Fitur Menawan dengan Harga Bikin Nyaman

Setelah saling lirik dan saling tunjuk, akhirnya ada satu driver yang bersedia menerima orderan offline dari BEC ke Antapani. Bisa dipahami kalau mereka kurang tertarik menerima orderan offline. Mungkin mereka sedang mengejar terpenuhinya target insentif alias tupo hehe

Mengingat perjalanan masih sangat panjang, begitu naik ke atas motor, saya memberanikan diri meminjam powerbank ke Bapak Driver.

“Pak, punten… manawi gaduh powerbank? Tiasa nambut kitu? (Maaf, Pak. Barangkali punya powerbank? Boleh saya pinjam?)”, tanya saya.

Si Bapak nampak ragu menjawab pertanyaan saya. Namun kemudian si Bapak menjawab…

“Ada, Neng. Cuma ini teh powerbanknya tinggal sedikit lagi. Sementara Bapak masih lama di luar, mau coba onbid sampai malam. Takut kehabisan baterai, jauh dari listrik. Punten nya Neng”, ujar si Bapak driver sambil memperlihatkan powerbanknya yang berukuran cukup besar.

Bagaimana dengan daya powerbank si Bapak? Apakah sebesar isinya? Gak yakin sih. Soalnya si bapak tadi menolak meminjamkan powerbanknya karena takut kehabisan baterai hihi

Baiklah… saya pun mencoba memaklumi kondisi Bapak driver yang memang masih akan berada di di jalanan sampai malam. Di saat-saat menunggu orderan dan jauh dari colokan seperti itu, tentunya powerbank jadi andalan si Bapak.

Jangankan si Bapak driver yang memang menggunakan hape sebagai alat utama untuk mencari nafkah … kalau sedang berada di luar rumah buat sekedar jalan-jalan pun, saya sangat membutuhkan powerbank. Bisa gawat kalau sampai hape habis baterai di jalan. Nanti ketinggalan isi form job hehe

Sebenarnya sih saya sudah punya powerbank ASUS yang sangat membantu kegiatan saya di luar rumah.

Baca : Hadiri acara blogger tanpa keder dengan Asus ZenPower

Masalahnya, sekarang ini musim hujan dan di rumah seringkali terjadi pemadaman listrik. Gak tanggung-tanggung, matinya juga sampai berjam-jam. Kalau listrik mati begini, powerbank jelas jadi kebutuhan utama agar hape yang dipakai anak-anak di rumah tetap terisi baterainya.

Lho… saya gimana? Ya seperti tadi di atas… kalau sedang di luar, di perjalanan seringkali saya meminjam powerbank ke driver. Atau kalau sedang menghadiri acara blogger, saya juga sering meminjam powerbank ke teman blogger. Syukur-syukur ada yang kasih pinjam. Pernah juga mampir ke rumah teman sekedar buat numpang nge-charge hape hihi. Hayooo… siapa yang pernah merasa dipinjami powerbank atau ditumpangi rumahnya buat ngecharge hape? Teman blogger, driver ojol, dan siapa pun juga… terima kasih banyak ya!

Nah, karena ASUS ZenPower yang kemarin itu lebih diperlukan di rumah, sementara saya juga sering ke luar dan gak mungkin pinjam powerbank terus-terusan… mulai mikir-mikir buat beli powerbank yang baru.

Sebelum memutuskan membeli powerbank baru, kebetulan nih beberapa hari ini dikasih kesempatan mencoba Asus ZenPower Slim 6000 mAh.

Penasaran gak seperti apa sih performanya? Saya sih penasaran banget.

Powerbank ASUS ZenPower Slim 6000 mAh? Kayak apa sih?

Jadi, ASUS baru-baru ini merilis tiga powerbank baru, yaitu ASUS ZenPower Duo, ASUS ZenPower Pocket, dan ASUS ZenPower Slim.

Yang kebetulan saya coba adalah Asus ZenPower Pocket atau dikenal juga dengan ASUS ZenPower Slim 6000.

Kenapa pakai keterangan 6000? Apa bedanya dengan Asus ZenPower Slim saja? ASUS ZenPower Slim (saja) ini memiliki daya 3000 mAh dan ukurannya benar-benar slim, sesuai dengan dayanya hehe. Sementara ASUS ZenPower Slim 6000 memiliki daya 6000 mAh. Jelas ya?

Ceritanya unboxing ASUS ZenPower Slim 6000

Di dalam paket penjualan ASUS ZenPower Slim 6000 mAh, ada 1 buah powerbank ASUS ZenPower Slim 6000 mAh, 1 buah kabel USB, 1 buah buku manual, dan 1 buah buku garansi.

Kalau dibandingkan dengan ASUS ZenPower 10000 yang saya miliki, tentu saja ada banyak perbedaan. Terutama dari dayanya. Asus ZenPower Slim 6000 memiliki daya sebesar 6.000 mAh.

Ukuran ZenPower Slim 6000 sedikit lebih besar dibanding ZenPower 10000, yaitu  110.9 x 67.6 x 14.82 mm.

ZenPower Slim 6000
Perbandingan ukuran ZenPower Slim 6000 dengan ZenPower 10000

Sementara materialnya sama seperti ZenPower 10000, ASUS ZenPower  Slim 6000 dipoles dengan anodisasi casing aluminium sehingga terlihat berkilau dengan pilihan warna Gold dan Merah yang elegan. Tinggal pilih yang mana warna kesukaan teman-teman.

Kuat? Pasti. Sudah terbukti. ASUS ZenPower Slim 6000 lulus uji drop test dari ketinggian 80 cm.

Sssttt… Asus ZenPower 10000 saya juga sudah sering jatuh saat dipakai dan sampai sekarang masih baik-baik saja. Alhamdulillah.

Terus yang beda apanya donk?

ZenPower Slim 6000 memiliki ketebalan hanya 6 mm dengan berat hanya 170 gram.

Perbandingan ketebalan ZenPower Slim 6000 dengan ZenPower 10000

Aslinya, ZenPower Slim 6000 ini memang ringan banget. Berbeda dengan ZenPower 10000 yang agak tebal dan saya merasa sedikit kerepotan saat memegang powerbank dan hape dengan satu tangan saja (makanya sering jatuh), ZenPower Slim 6000 sangat nyaman digenggam.

ZenPower Slim 6000 nyaman digenggam
Gak keliatan lagi pegang powerbank ya 😂
Tolong abaikan tangan yang belang karena ngojek dan hape yang sudah retak casing belakangnya haha
Dibandingkan hape Zenfone 2, ASUS ZenPower Slim 6000 sedikit lebih tebal. Tapi kalau dibandingkan jempol saya, lebih tebal jempol ya? Wkwkwk

ZenPower Slim 6000 juga masih nyaman dimasukkan ke dalam kantong baju atau celana. Gak mengganjal kayak perasaan ditinggal mantan haha…

Sisi atas body powerbank ASUS ZenPower Slim 6000 memiliki empat bagian yakni dari kiri ke kanan ada USB (output) port, micro USB (input) port, empat LED indikator, dan tombol Power.

Sisi atas ZenPower Slim 6000
Sisi atas ASUS ZenPower Slim 6000

Sementara sisi bawah menampilkan nama produk dan detail serinya. Sisi samping kiri maupun kanannya sih gak ada apa-apa. Hanya lengkung ergonomis body mulusnya yang bisa kita temukan.

Sisi bawah ZenPower Slim 6000
Sisi bawah ASUS ZenPower Slim 6000

OK, bahas luarannya sudah, sekarang bahas dalemannya yuk?

Seharian bareng Powerbank Asus ZenPower Slim 6000 mAh, bisa apa saja?

Nah, sebelum  saya pakai buat nge-charge hape, kebetulan banget ASUS ZenPower Slim 6000nya dalam keadaan habis baterai. Jadilah saya charge dulu ASUS ZenPower Slim 6000-nya sampai penuh.

Saat pertama kali dihubungkan dan kita tekan tombol Power, maka lampu LED akan menyala beberapa saat lalu mati. LED Indicator ini menunjukkan persentase baterai yang masih tersimpan dalam powerbank ASUS ZenPower Slim 6000. Lampu ini juga berfungsi sebagai indikator persentase saat ASUS ZenPower Slim 6000 diisi ulang.

Butuh berapa lama mengisi baterai ASUS ZenPower Slim 6000 dari kosong sampai penuh?

ASUS ZenPower Slim 6000 menggunakan baterai bertipe lithium polimer rechargeable dengan kapasitas 6000 mAh, sesuai dengan namanya. ASUS ZenPower Slim 6000 memiliki input tegangan 5 V dengan daya 2 Ampere.

Saat diisi ulang dengan kondisi baterai 0%,  dibutuhkan waktu sekitar 3,5 jam sampai baterai ASUS ZenPower Slim 6000 terisi penuh 100%.

Pengisian ZenPower Slim 6000 dari 0% sampai lampu LED menyala 3 perlu waktu kurang lebih 2 jam

Cukup singkat ya?

Butuh berapa lama mengisi baterai hape dengan ASUS ZenPower Slim 6000 dari kosong sampai penuh?

Untuk pengisian baterai hape, ASUS ZenPower Slim 6000 dapat memberikan tegangan 5,1 V dengan daya 2,4 Ampere. ASUS ZenPower Slim 6000 ini juga mendukung fitur Quick Charge.

Artinya apa? Artinya, jika hape teman-teman sudah memiliki fitur quick charging, maka tidak perlu waktu yang lama untuk mengisi baterai hape yang sudah megap-megap.

Dari buku manualnya sih, ASUS ZenPower Slim 6000 ini bisa dipakai untuk mengisi baterai Zenfone 3 5.5yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh sampai 1.7x, 1.9x untuk Zenfone 3 5.2 yang memiliki kapasitas baterai 2650 mAh, dan 2.4x untuk ZenFone Go 4.5 yang memiliki kapasitas baterai 2070 mAh.

Sayangnya mau ditest pakai Zenfone 3 punya suami, kebetulan pula sedang ditinggal lembur huhu

Sementara ASUS Zenfone 2 saya, kan sudah sangat soak baterainya, di mana mengisi baterai pakai charger asli bawaannya pun perlu waktu agak lama, jadinya kurang fair kalau dipakai perbandingan. Meski begitu, ASUS ZenPower Slim 6000 ini memang cukup membantu saat saya berada di luar seharian bersama ZenFone 2 kesayangan.

Spesifikasi asus zenpower slim 6000
Kalau kamu punya grup hiperaktif, maka powerbank jadi barang yang wajib

Sebagai perbandingan, saya pakai hape anak saya yang memiliki kapasitas baterai 3000 mAh dan memiliki fitur quick charging.

Hape anak saya bukan ASUS sih. Tapi gak perlu khawatir, karena ASUS ZenPower Slim 6000 punya fitur Auto Adjusting Output yang memiliki komponen Exclusive Sirkuit Design, sehingga bisa menyesuaikan dengan daya yang ada pada hape.

Spesifikasi asus zenpower slim 6000
Pengisian baterai hape dari 33% di jam 3.39 sampai 93% di jam 5.00

Saat dipakai mengisi baterai hape dari 33-93% ini, lampu LED indikator berkurang dari 2 jadi tinggal 1 saja.

Berarti untuk mengisi 2/3 baterai hape kapasitas 3000 mAh, daya powerbank ASUS ZenPower Slim 6000 terpakai kurang dari setengahnya. Pas ya sama kapasitas yang tertera?

Saat lampu LED indikator hanya dua yang menyala, berarti ASUS ZenPower Slim 6000 masih memiliki kapasitas sekitar 25-50%.

Jika hanya satu yang menyala, berarti ASUS ZenPower Slim 6000 memiliki kapasitas sekitar 5-25%.

Sementara jika kurang dari 5%, lampu LED ASUS ZenPower Slim 6000 yang tinggal satu akan berkedip-kedip.

Nah, kalau besok pagi ada acara, jangan lupa isi hape dan powerbank sampai penuh ya!

Saat dipakai mengisi baterai hape ataupun saat diisi ulang, apakah ada panas?

Oh tentu saja tidak. Karena ASUS ZenPower Slim 6000 sudah didukung fitur PowerSafe technology yang memungkinkan powerbank tetap aman meski digunakan sampai habis maupun dicharge hingga ditinggal tidur semalaman.

Powerbank ASUS ZenPower Slim 6000 tidak akan terasa panas berkat teknologi dan 11 proteksi yang diberikan.

Desain metalik ASUS ZenPower Slim 6000 gak cuma bisa mendinginkan powerbanknya itu sendiri, tetapi juga bisa dipakai sebagai heatsink untuk mendinginkan hape yang sedang di-charge.

Kira-kira bisa tahan berapa lama ya ASUS ZenPower Slim 6000 ini?

ASUS ZenPower Slim 6000 diklaim tahan sampai 5000 kali plug in/out, Gan! Kayaknya sih kalau begini, hapenya udah kemana, powerbanknya masih awet aja haha

O ya, ASUS ZenPower Slim 6000 ini aman untuk dibawa ke dalam kabin pesawat.

Di bagian atas ASUS ZenPower Slim 6000  tertera RATED CAPACITY 3800 mAh – 19 Wh, sementara batas kapasitas power bank yang diizinkan untuk masuk ke kabin adalah 100 Wh. Jauh banget kan?

(Perhitungan lengkapnya bisa dilihat di BOY).

Wahai traveller, jangan sampai ASUS ZenPower Slim 6000 ini ketinggalan nih. Ingat, simpan di tempat yang terjangkau ya!

Jadi, kesimpulan setelah mencoba ASUS ZenPower Slim 6000 ini apa ya???

Kesimpulannya, kalau kamu blogger, driver ojol, traveller, siapa pun juga termasuk emak-emak yang butuh terjamin ketersediaan baterai hapenya sepanjang hari, ASUS ZenPower Slim 6000 ini memang sangat pas buat dijadikan andalan.

Ya, dengan sekali pengisian sampai penuh yang memerlukan waktu kurang lebih 3.5 jam, dalam waktu yang cukup singkat ASUS ZenPower Slim 6000 mampu memberikan daya pada baterai hape dari kosong sampai penuh hingga 2x pengisian.

Btw, berapa harga ASUS ZenPower Slim 6000?

Untuk ukuran asesoris ASUS yang original dan kualitasnya terjamin, harga ASUS ZenPower Slim 6000 ini gak memberatkan koq. Hanya Rp229.000 dengan garansi resmi dari ASUS.

Murah kan?

Cuma satu aja sih kurangnya. Jaman now kan banyak hape yang memiliki port USB 3.1 Type C, sementara ASUS ZenPower Slim 6000 ini menggunakan micro USB.

ASUS Zenfone 2 saya sih masih pakai micro USB, tapi Zenfone 3 suami dan hapenya anak-anak sudah pakai USB 3.1 Type C. Untuk meminimalisir terjadinya resiko salah bawa kabel, saya seringkali menyelipkan adaptor konverter micro USB ke USB 3.1 Type C di dalam tas.

Kalau tidak memungkinkan menambah port USB 3.1 di powerbank, barangkali di paket penjualan selanjutnya adaptor konverter ini bisa dijadikan bonus. Beli sendiri murah sih… sekitar 15 ribuan, cuma siapa coba yang gak seneng kalau dikasih bonus??? Hihihi

Sekarang sudah tahu kan luar dalamnya ASUS ZenPower Slim 6000? Kuy, bungkus segera! Jangan lupa, beli di toko yang terpercaya.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya!

 

27 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.