Persyaratan Untuk Pengajuan KPR Subsidi

Persyaratan Untuk Pengajuan KPRKPR Subs – Rumah KPR subsidi adalah fasilitas dari pemerintah yang disalurkan melalui bank. Jenis KPR ini tidak bisa dinikmati semua masyarakat hanya masyarakat menengah kebawah yang bisa mendapatkannya. Uang muka dan bunga di KPR jenis ini lebih rendah karena dibantu dengan subsidi dari pemerintah dan KPR jenis ini bebas dari PPN. Ada beberapa syarat yang harus dipersiapkan kalau ingin mengambil KPR subsidi ini yaitu :

  1. Syarat Umur dan Kewarganegaraan

Usia minimal pengajuan adalah 21 tahun atau sudah menikah dan Warga Negara Indonesia. Bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak perlu khawatir karena TKI juga bisa mendapatkan KPR bersubsidi ini.

  1. Kelengkapan Identitas

Kelengkapan yang dibutuhkan seperti biasa yaitu KTP pemohon dan pasangan, Kartu Keluarga (KK), surat nikah, dan fotocopy NPWP. Harus membuat pernyataan bahwa belum memiliki rumah jenis KPR bersubsidi.

  1. Persyaratan Wiraswasta

Melampirkan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan laporan keuangan selama tiga bulan terakhir. Masa usaha minimal satu tahun untuk pengajuan.

  1. Persiapan Uang Muka

Uang muka KPR besubsidi mulai dari 1% dan bunga cicilan adalah 5%. Harus memberikan rekening Koran selam atiga bulan terakhir.

Terlihat banyak sekali persyaratan yang harus disiapkan. Ini semua dilakukan agar pihak bank bisa memeriksa kelayakan dari pemohon. Kelengkapan dokumen – dokumen akan menjadi pendukung dalam pemeriksaan bank untuk kelayakan. Maka dari itu harus dipersiapkan dari jauh – jauh hari. Tetapi jangan gegabah dan langsung mengambil keputusan . Anda harus mencari tahu tentang pembiayaan perumahan dari setiap bank, karena setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuan yang berbeda. Mengetahui tentang suku bunga BI juga sangat penting, karena dengan mencari tahu suku bunga anda bisa menghitung berapa jumlah cicilan setiap bulannya. Kenaikan pada cicilan perbulan tidak perlu dikhawatirkan karena itu mungkin saja terjadi tetapi jumlah kenaikannya tidak akan banyak dan sering. Selalu mencari tahu tentang info terbaru dari KPR bersubsidi agar anda bisa mempersiapkan anggaran cicilan dengan tepat.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.