Ulasan Seputar Pengertian dan Prinsip Etika Bisnis yang Harus Diketahui

Ulasan Seputar Pengertian dan Prinsip Etika Bisnis yang Harus Diketahui – Etika atau tata cara tidak hanya ada dalam perilaku seperti bertamu namun juga ada dalam bisnis. Etika dalam berbisnis sangat diperlukan untuk mengelola serta menjalankan suatu bisnis yang Anda bangun. Berdasarkan pada penuturan Stead et al, etika bisnis ini menjadi standar etika yang berhubungan atau berkaitan dengan tujuan serta cara membuat suatu keputusan bisnis. Tujuannya adalah untuk mendorong adanya kesadaran moral serta memberikan suatu batasan untuk pelaku bisnis seperti pengusaha agar bisa menjalankan good business sehingga tidak merugikan banyak pihak yang bersangkutan.

Terdapat 4 prinsip etika bisnis yang harus Anda ketahui. Pertama adalah prinsip otonomi. Dalam prinsip ini, suatu perusahaan mempunyai kewenangan berdasarkan dengan bidang yang dikuasai untuk mencapai visi misi dari perusahaan tersebut sehingga perusahaan tidak bergantung ke perusahaan yang lain misalnya dalam pengambilan keputusan. Dengan adanya prinsip ini, masing-masing perusakan dapat mengambil keputusan dengan pendekatan yang berbeda namun tetap berkomitmen menjalankan bisnis sesuai dengan tujuannya.

 

Kedua adalah prinsip kejujuran. Dalam suatu bisnis, kejujuran adalah hal yang penting. Prinsip ini berpengaruh pada keberhasilan dari perusahaan Anda dan bisa dibilang sukses jika setiap individu yang terlibat dalam perusahaan tersebut. Karena hal tersebut prinsip ini harus dimiliki setiap orang dan untuk menjalankan usaha apapun bahkan dalam kehidupan sehari-hari terutama jika Anda merupakan seorang pemimpin, maka Anda harus memiliki kejujuran agar bisa membawa bisnis dan karyawan Anda berhasil.

 

Ketiga adalah prinsip keadilan. Prinsip ini harus diterapkan oleh semua pihak yang berkaitan atau yang berhubungan dalam suatu bisnis terutama untuk pemilih bisnis. Prinsip ini memberikan kontribusi baik langsung ataupun tidak langsung akan keberhasilan dari bisnis yang dijalankan. Keadilan dalam bisnis tersebut berkaitan sangat erat terhadap suatu keputusan yang diambil. Misalnya mengenai kesepakatan harga antara barang yang diambil dari pemasok ataupun barang yang ditetapkan untuk konsumen.

 

Keempat adalah prinsip terhadap diri sendiri. Dalam suatu bisnis, tidak hanya harus menghargai orang lain namun Anda juga harus menghargai diri Anda sendiri. Sadar atau tidak, prinsip etika usaha ini memberikan dampak untuk bisnis Anda. Hal ini disebabkan jika Anda tidak menghargai diri Anda sendiri, maka Anda akan kesulitan untuk menghargai orang lain yang dalam hal ini tidak hanya untuk pemasok namun juga ke konsumen. Penilaian dari konsumen akan sangat berpengaruh pada bisnis Anda dan konsumen merupakan cerminan untuk bisnis Anda. Sehingga jika konsumen kurang bisa memberikan respect untuk bisnis Anda misalnya kurang puas, maka berarti terdapat kesalahan yang bisa jadi pada sistem atau pada pelaku. Seperti, Anda yang kurang bisa menghargai diri Anda sendiri sebagai pimpinan sehingga kurang bisa menghargai kerja team Anda yang menyebabkan tim bekerja setengah-setengah sehingga memberikan dampak yang kurang bagus terhadap produk dan pelayanan.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.