Mengenal Perkakas Untuk Membuat System Furniture (Part 1)

System furniture merupakan sebuah jaringan dalam furniture yang menjadikan furniture terlihat lebih rapi dan simple. System furniture biasanya digunakan pada kantor meskipun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan dirumah Anda. Untuk membuat system furniture yang terintegrasi, tentu diperlukan perkakas khusus agar didapat hasil yang sempurna. Perkakas yang digunakan dapat menjadikan system furniture lebih mudah dibuat dan ringkas dalam pengerjaannya. Lalu, apa saja perkakas yang biasa digunakan dalam proses pembuatan system furniture?

Artikel berikut akan mengulasnya untuk Anda.

Sander machine

Sander machine atau biasa dikenal juga sebagai mesin amplas, merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghaluskan bagian permukaan kayu sebelum dilakukan proses finishing. Mesin ini menggunakan mekanisme bertenaga listrik untuk menggerakkan motornya. Biasanya sander machine ini terdapat di beberapa alat multi guna atau bor listrik. Sander machine sendiri terbagi kedalam beberapa jenis berdasarkan sistem kerjanya, diantaranya adalah belt sander, orbital sander (amplas getar), dan random orbital sander (amplas putar getar). Penggunaan sander machine sangat berguna untuk mempercepat proses pengerjaan dan meningkatkan kualitas furniture yang dihasilkan. Karena, apabila dilakukan pengamplasan secara manual, dikhawatirkan akan memakan waktu yang lama dan proses pengamplasan tidak maksimal sehingga system furniture yang dihasilkan tidak sempurna nantinya.

Drilling machine

Drill atau lebih dikenal dengan mesin bor adalah salah satu alat yang paling sering digunakan di bidang petukangan. Mesin ini biasanya digunakan untuk membuat atau memperbesar lubang pada kayu atau dinding. Cara kerjanya menggunakan mesin berputar yang ditenagai oleh listrik. Dalam proses pembuatan furniture, disarankan agar menggunakan drilling machine yang mempunyai kemampuan memutar secara bolak-balik. Hal tersebut bertujuan agar proses pemasangan sekrup pengencang dapat dilakukan dengan drilling machine. Penggunaan drilling machine pada proses pembuatan system furniture sangat penting karena dengan menggunakan drilling machine, proses pelubangan pada bahan baku furniture menjadi lebih rapih dan lebih singkat.

Itu tadi beberapa perkakas yang biasa digunakan dalam proses pembuatan system furniture untuk kantor atau rumah Anda. Masih ada beberapa perkakas lain yang biasa digunakan dan akan dijelaskan pada artikel berikutnya.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.