Menilik Fakta Menarik dari Promo Akhir Tahun yang Perlu Anda Ketahui  

discount2

Bulan Desember segera tiba. Pastinya Anda sudah sangat hafal jika akhir tahun selalu dipenuhi dengan berbagai promo akhir tahun yang menarik. Bagi para pecinta belanja, tentu saja momen seperti ini tidak akan dilewatkan begitu saja. Tak hanya supermarket dan mall saja yang menyediakan serbuan diskon, namun toko online pun tak mau kalah sehingga meramaikan dunia maya dengan memanjakan para konsumen menggunakan ragam promo menarik di akhir tahun.

discount

Para penjual memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan banyak pembeli. Namun alih-alih memberikan potongan harga yang sebenarnya, mereka kerapkali menaikkan harga lebih dulu baru memotongnya sehingga seolah harga yang ditawarkan lebih rendah, padahal sama saja.

Oleh karena itu, Anda sebagai pembeli juga harus cerdas. Untuk lebih mengenal promo dan diskon, maka ada baiknya mengetahui beberapa fakta tentang diskon berikut ini:

  • Harga berakhiran -99
    Mungkin Anda sering heran mengapa harga pakaian atau produk di mall biasanya menggunakan angka ganjil seperti 399.000, 299.000 atau lainnya. Ternyata hal ini adalah trik psikologi harga dimana kecenderungan pembeli umumnya adalah mempertimbangkan dari digit sebelah kirinya saja. Dengan begitu maka harga pakaian 399.000 dibanding 400.000 akan menjadi lebih menarik angka 399.000 padahal jika dipikir secara logis adalah sama saja. Mungkin Anda juga berpikir demikian?
  • Buy 1 get 1 free
    Strategi selanjutnya adalah dengan promo buy 1 get 1 free. Biasanya promo ini akan banyak sekali ada saat promo akhir tahun sehingga banyak yang tertarik untuk belanja karena menguntungkan. Namun benarkah demikian? Tentunya tidak ada toko yang mau rugi dengan memberikan gratis produknya. Hal ini juga berhubungan dengan trik psikologi dimana jika ada kata-kata ajaib FREE, maka pasti akan banyak yang menyukainya. Cobalah Anda perhitungkan lagi, biasanya produk yang ditawarkan dengan Buy 1 get 1 free kerapkali harganya agak mahal.
  • 50% + 20% vs 70%
    Pasti Anda sering melihat angka diskon 50% + 30% atau 30% + 20% dan sebagainya. Jika Anda melihat diskon demikian dan berfikir diskon tersebut adalah 80% atau 50%, maka selamat karena Anda sudah termakan oleh psikologi penjualan. Anda sepatutnya melihat kembali jika diskon itu sama sekali berbeda. Diskon 50% benar-benar memotong separuh harga dari harga asli, namun jika dalam tulisan itu diskonnya adalah 30% + 20%, maka Anda harus memotong dulu 30% dari harga asli lalu baru potong lagi 20% sehingga hasil angkanya akan berbeda.
  • Diskon waktu terbatas
    Dalam hal diskon waktu terbatas misalnya saja hanya diadakan jam 8 hingga 10 malam atau hanya hari Sabtu atau lainnya sebetulnya juga trik pemasaran dimana mereka berusaha agar Anda buru-buru dan tergesa-gesa. Momentum sempit seperti ini akan memberikan persaingan sengit antar pembeli sehingga setiap konsumen merasa harus memenangkan persaingan perebutan harga ini.
  • Kartu member
    Tak sedikit juga toko yang menggunakan trik kartu member dimana akan diberikan poin reward atau diskon tambahan bagi penggunanya. Sebetulnya jika dihitung kembali, dibanding poin yang terkumpul, kadang harga pendaftaran kartunya justru lebih mahal.

Itulah beberapa trik diskon yang kerapkali menipu mata para pembeli. Oleh karena itu ada baiknya mulai sekarang Anda lebih cerdas dalam memanfaatkan diskon baik di toko fisik maupun di toko online. Promo akhir tahun juga penuh diskon, namun pastikan bijak mengolah keuangan Anda.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published.