Tips Agar Harbolnas Tak Jadi Hari Kebobolan yang Nahas

Yay… sudah hampir masuk penghujung tahun nih. Sudah siap-siap liburan kemana akhir tahun ini? Ke gunung? Ke pantai? Jalan-jalan sendiri atau bareng keluarga/teman? Ke manapun, yang penting jatah cuti masih aman. Jangan lupa persiapkan tiket dan mungkin tempat menginap saat berlibur nanti mulai dari sekarang. Tunggu akhir tahun nanti keburu habis.

Selain jatah cuti, tiket dan hotel, persiapan yang lain juga jangan sampai ketinggalan. Misalnya kamera dan perintilannya seperti baterai cadangan dan memory cadangan. Kalau ini sampai ketinggalan, duh… bisa mati gaya kan. Juga jangan sampai salah kostum. Mau liburan ke pantai, eh… persiapannya malah bawa jaket berbulu.

Hmmm… ternyata banyak juga ya yang harus dipersiapkan untuk liburan. Tapi jangan panik, biasanya nih memasuki akhir tahun, teman-teman akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik.

Yap, teman-teman bisa memanfaatkan momen Harbolnas yang bakal digelar dalam hitungan hari ke depan. Pokoknya wajib banget deh mantengin Harbolnas ini. Ya, gimana gak wajib… biasanya diskonnya mantap-mantap. Malah ada yang kasih diskon sampai 80%. Gak percaya? Coba deh cek di sini untuk melihat penawaran menarik Harbolnas 2017 ZALORA

Tapi penting juga diperhatikan agar Harbolnas ini gak sampai jadi Hari Kebobolan yang Nahas. Gimana gak nahas kalau ternyata uang yang sedianya sudah dipersiapkan untuk bekal liburan, karena tergoda diskon Harbolnas, malah habis tak bersisa. Liburan tanpa bekal? Mana mungkiiinnn.

Nah, sebelum kejadian yang nahas ini menimpa, sebaiknya perhatikan beberapa hal saat menghadapi Harbolnas berikut ini

1. Buat daftar belanja

Biasanya hal ini saya terapkan saat belanja offline seperti ke pasar atau ke minimarket. Tak ada salahnya jika daftar belanjaan juga dibuat saat belanja online. Jadi kita bisa lebih mengontrol pengeluaran.

Yang terpenting dari daftar belanja ini adalah tetap fokus dan jangan kalap belanja!

Maklum, yang namanya diskon memang selalu menggoda. Terkadang karena diskon ini pula, kita jadi kalap belanja. Masih untung kalau memang barang yang dibeli itu sudah pasti diperlukan. Nah, sebaiknya kita tetap fokus dengan mematuhi daftar belanjaan. Yakinkan kalau apa yang tidak ada di dalam daftar belanjaan ini bukan prioritas utama.

2. Bandingkan Harga

Ok, sudah tahu barang apa yang akan kita beli, maka kita bisa mulai mencari tahu harga barang tersebut. Biasaya perempuan kalau belanja offline suka membandingkan harga antara satu toko dengan toko yang lain. Nah, belanja online pun begitu, malah lebih mudah. Kita bisa membandingkan harga barang antar toko hanya dengan beberapa langkah. Ya, siapa tahu barang yang sama harganya lebih murah di lapak sebelah.

Hati-hati, jangan sampai terkecoh diskon abal-abal yang mana sebenarnya harga barangnya dimarked up dulu sebelum didiskon. Makanya, sebaiknya buat daftar belanjaan mulai dari sekarang. Jadi kita bisa tahu harga barang yang sebenarnya sebelum Harbolnas tiba.

3. Pindahkan isi rekening

Karena sudah tahu harga barang yang sebenarnya, maka kita bisa menganggarkan berapa seharusnya pengeluaran untuk daftar belanjaan tadi. Sisanya, tinggal dipindahkan ke rekening lain ke  rekening yang tidak memiliki akses internet banking, mbanking maupun ATM. Serius nih… karena godaan diskon itu luar biasa.

4. Jangan lupa baca doa

Iyaaa.. baca doa sebelum belanja agar tidak tergoda sampai kalap belanja hihi

Nah, itu tips menghadapi Harbolnas dari seseorang yang  memang sering tergoda diskon. Jangan lupa dipraktekkan ya, dan selamat belanja!

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.