Dukung #DigitalNation, CBN Hadirkan 500.000 Jaringan Internet Fiber di Jawa Barat

By | November 5, 2017

“Sudah seberapa digitalize sih, kamu???”

Pertanyaan ini muncul beberapa hari yang lalu di timeline saya, tepatnya di akun @di_cbn.

A post shared by CBN Digital Provider (@di_cbn) on

Hmmmm… Sebenarnya kalau dipikir-pikir, saat ini sudah setiap hari kita melakukan digital lifestyle atau “digital thing”. Coba… diabsen dulu. Mulai dari bangun tidur, apa dan siapa yang pertama kali disapa? Kalau saya sih, ya jujur saja… bangun tidur langsung cari hp. Cek email, cek notif medsos, cek rekening juga hihi…

Kegiatan sehari-hari pun tidak lepas dari yang namanya digital lifestyle. Mulai dari urusan perut, cari resep dan pesan bahan makanan, atau bahkan pesan makanan jadi, semua bisa dilakukan lewat hp. Buat blogger dan pekerja kreatif lain, bisa jadi urusan pekerjaan pun diselesaikan hanya melalui email atau komunikasi melalui Whatsapp.

Kemudian ketika kita akan menuju sebuah tempat, malas bawa kendaraan sendiri, tinggal pesan melalui aplikasi.

Mau liburan, cek ketersediaan hotel, tiket, sampai cari tahu trafik lalu lintas yang akan kita lewati juga melalui hp yang kita pegang.

Terus… apalagi ya? Oh, ini yang paling penting. Cung yang pas gajian kemudian kalap belanja online atau sibuk akses mbanking/internet banking buat bayar-bayar tagihan? Wah, ini sih saya banget!

Nah, kan… ternyata hidup saya, dan saya yakin hidup sebagian besar teman-teman juga memang sudah digitalize.

Digital Lifestyle dan Internet

Secara sederhana Digital Lifestyle berarti gaya hidup digital. Lebih dari itu, digital lifestyle merupakan suatu kegiatan dimana seorang menggunakan perangkat digital untuk kegiatan dan kebutuhan sehari-hari. Digital lifestyle tidak bisa dipisahkan dengan internet.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesan, kebutuhan internet cepat sekarang ini sudah bergeser dari kebutuhan sekunder menjadi kebutuhan primer.  Mulai dari urusan pekerjaan, tugas sekolah, sosialisasi, bisnis, sampai urusan hiburan, semua memerlukan internet.

Beberapa kota besar seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Tegal, Sleman, dan Malang sudah menerapkan konsep smart city, atau sering disebut sebagai kota cerdas yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK).Di kota Bandung, pembangunan Bandung Smart City memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melayani masyarakat dalam hal transportasi, bisnis, pendidikan, kesehatan, sistem pemerintah dan layanan publik.

Bandung mempunyai konsep smart city tersendiri. Seperti telah terdapat 5000 wifi yang tersebar di  seluruh Kota Bandung, hingga pelayanan public lewat jejaring media sosial seperti media twitter.

Sudah seharusnya langkah ini didukung oleh infrastruktur internet service provider yang memadai.

Transformasi CBN menjadi Digital Service Provider

PT Cyberindo Aditama (CBN) adalah perusahaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) sejak tahun 1996. Sebagai pionir perusahaan penyedia Internet Provider, perusahaan ini secara resmi bertransformasi menjadi Digital Service Provider bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober lalu.

Saya dan beberapa teman blogger berkesempatan hadir di acara peluncuran #CBNDigitalNation yang dihelat di Paskal 23, Paskal HyperSquare Bandung.

Acara peluncuran yang bertajuk ‘CBN Digital Nation’ ini merupakan rangkaian kegiatan kampanye terbaru CBN untuk mendukung literasi digital di Indonesia. Kegiatan ini menjadi langkah  awal (kick-off) dari semangat baru yang diusung oleh CBN dan mengajak segenap warga Bandung untuk menyongsong kehidupan di era digital yang lebih baik.

“Penggunaan teknologi digital di Indonesia meningkat pesat dan akan semakin berkembang ke depannya. CBN sebagai salah satu pelopor perusahaan Internet Service Provider telah meningkatkan kapasitas menjadi Digital Service Provider agar bisa memberikan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Dani Sumarsono, President Director CBN dalam sambutannya di acara peluncuran CBN Digital Nation di Bandung, Sabtu (28/10).

Acara Peluncuran CBN Digital Nation (istimewa).

CBN bekerjasama dengan FiberStar menargetkan penyediaan 500 ribu homepass atau jaringan internet dengan teknologi fiber optic up to 1Gbps di area perumahan di wilayah Jawa Barat.

Kenapa acara peluncuran #CBNDigitalNation ini diadakan di Bandung?

Alasannya karena Bandung telah sukses menerapkan smart city dalam pengelolaan kota, antara lain dengan berhasil membuat lebih dari 400 aplikasi yang sudah diimplementasikan.

Di sini CBN turut ambil bagian dengan menyediakan infrastruktur seperti akses internet super cepat, cloud services, serta solusi lainnya yang bisa mendukung kemajuan kota Bandung mengaplikasikan smart city. Di Bandung sendiri, CBN memiliki target 150 ribu homepass.

Bagaimana dengan kota lain? Di Jawa Barat, CBN hadirkan 500.000 jaringan internet fiber diantaranya di daerah Cirebon, Majalengka, Sumedang, dan Garut… Ehm, Pak Dani, maaf ada pertanyaan titipan nih, dari saya sendiri… Subang kapan pak?

Sementara itu, Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN menjelaskan, Kick off CBN Digital Nation hari ini menghadirkan showcase dari salah satu konsep CBN sebagai Digital Service Provider (DSP).

“Kami telah menyiapkan back end,  ekosistem dan teknologi yang secara keseluruhan mendukung implementasi DSP, dengan harapan dapat memberikan kebutuhan pelanggan bahkan sebelum mereka menyadarinya,” ujar Dedy.

Nah, di acara peluncurannya kemarin di Paskal 23,  ada demo sejumlah layanan unggulan CBN seperti CBN Fiber, koneksi internet super cepat up to 1Gbps dengan teknologi fiber optic, yang 300 kali lebih cepat dari rata-rata penggunaan internet di Indonesia selama tahun 2015. Bayangkan, pengunjung bisa merasakan langsung akses internet super cepat up to 1Gbps di area Main Atrium 23 Paskal Shopping Center.

Pak Dedy Handoko, mendemokan layanan CBN Fiber dengan mengunduh banyak file dengan kecepatan sampai 1Gbps. Hasilnya? Dalam hitungan 15 detik saja semua berhasil diunduh. Ini jelas surga buat pengguna layanan internet seperti blogger atau vlogger.

Selain itu ada pula Dens.TV, layanan digital entertainment IPTV interaktif yang menghadirkan konten High Definition TV premiume-educationblockbuster video on demand, dan fitur e-commerce. Dens.TV dapat diakses melalui websitemobile application IOS dan android serta interactive smartbox terbaru.

“Dens.TV hadir dengan fitur-fitur yang mengutamakan kenyamanan dan personalisasi pengguna, seperti: sign up & log in menggunakan akun media sosial, reminder untuk jadwal tayang TV favorit, menu my favorite channel dan my video playlistcatch up TV hingga 7 hari,  serta menonton video secara offline,“ jelas Dedy.

Sementara diCBN apps, terdapat virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS & Android untuk  mempermudah pelanggan memperoleh info layanannya. Calon pelanggan CBN juga bisa mengakses diCBN apps untuk mendapatkan informasi online untuk jangkauan area, pendaftaran berlangganan, CBN WiFi dan promosi-promosi terbaru dari CBN.

Di acara CBN Digital Nation, Google Station turut menginformasikan kehadirannya di kota Bandung. Google Station adalah akses WiFi untuk area publik hasil kerjasama Google, CBN dan FiberStar yang merupakan bagian dari upaya pemerataan koneksi internet di Indonesia, sehingga semakin banyak masyarakat dapat merasakan WiFi cepat berkualitas tinggi, aman, dan mudah digunakan. “Kampanye CBN Digital Nation merupakan salah satu program kami untuk mempersiapkan masyarakat untuk lebih digital. Kami berharap ke depannya bisa menggelar CBN Digital Nation di berbagai kota lain di Indonesia, untuk memberikan digital user experience yang menyenangkan bagi masyarakat,” ujar Dedy.

CBN  Digital Nation sendiri diisi dengan berbagai acara mulai dari exhibition dari CBN, MMP Media Solution, Lenovo, JD.ID, JBL, Galax, Digital Alliance-Palit, Colorful, Cooler Master, TT Esport, MSI, Logitech, LG, DX Racers, dan Seagate.

Keseruan acara #CBNDigitalNation semakin terasa dengan riuh rendah dukungan penonton untuk para peserta  NVIDIA Gamers Event: DOTA2 & CSGO Final Competition. Bayangkan, hadiah utamanya… pemenang berkesempatan untuk ke Manila. Wuih.. keren ya.

Selain itu ada juga Meet & Greet eSport & Cosplayer Idol NIX1A dan NXA Ladies, EVOS, NXL, Clarissa Punipun, lelang produk handphone jutaan rupiah dengan harga murah, hiburan musisi lokal KataKita Band, digital competitions, serta doorprize dengan total hadiah ratusan juta rupiah.

Ada Lomba Blog #CBNDigitalNation Berhadiah Jutaan Rupiah!

Nah, selain keseruan di tempat launching #CBNDigitalNation kemarin, ada juga lomba blog berhadiah jutaan rupiah. Yup, masih dalam rangka event #CBNDigitalNation tanggal 28 Oktober 2017 di 23 Paskal Shopping Center, Bandung, ada blog competition dengan tema tulisan “The Breakthrough for Indonesian Digital Future.”

Lihat syarat dan ketentuannya di bawah ini ya

Syarat dan ketentuan
1. Menulis dengan tema “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”.

2. Panjang artikel minimal 1500 kata.

3. Isi tulisan tidak boleh menyinggung pihak lain, membandingkan dengan kompetitor, atau bernada negatif sehingga memicu pertikaian.

4. Tulisan harus orisinal karya pemilik blog. Tidak diperkenankan melakukan tindakan plagiat atau mencuri hak kekayaan intelektual pihak lain.

5. Tulisan belum pernah dilombakan di kompetisi blog mana pun.

6. Menyebutkan kata-kata ini di dalam artikel : CBN, CBN Digital Nation, Dens.TV, internet service provider, internet cepat.

7. Menyertakan link unduh aplikasi Dens TV yang tersedia di playstore atau klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp

8. Menyertakan image CBN Digital Nation/CBN/Dens.TV.
Kriteria pemenang dinilai berdasarkan:
1. Orisinalitas artikel.
2. Sudut pandang yang unik.
3. Cara penulisan atau penyampaian yang menarik.
4. Penambahan image, infografis, atau video akan mendapatkan point tambahan.
5. Jumlah komentar organik akan diberikan point tambahan.
Hadiah TOTAL PRIZE 7.000.000 IDR
1. Pemenang Utama: Notebook Lenovo Indonesia
2. Pemenang Favorit: JD.id Voucher @1.000.000 IDR
Deadline 28 November 2017
Hadiahnya lumayan banget kan? Teman-teman bisa memadukan pengalaman digital lifestyle dengan peran dan layanan CBN Digitial Service Provider. Referensinya bisa teman-teman cari melalui twitter, instagram dengan hashtag #CBNDigitalNation. Yang penting temanya “The Breakthrough for Indonesian Digital Future”. Yuk ah, jangan cuma dibintangin!

One thought on “Dukung #DigitalNation, CBN Hadirkan 500.000 Jaringan Internet Fiber di Jawa Barat

Leave a Reply