Pengalaman Pertamaku Bersama QWORDS : Buat Blog Dalam Waktu 20 menit, 20 ribu rupiah saja? Bisa!

voucher qwords

Masih ingat cerita saya tentang beragam penawaran menarik dari Qwords di #QwordsSALEbration? Kalau gak ingat atau bahkan belum tahu, boleh atuh mampir dulu ke sini…

Sssssst… ada Salebration di Ulang Tahun #Qwords Ke-12!!!

Nah, jadi kan minggu kemarin itu saya hadir di acara ulang tahunnya Qwords yang ke-12. Sejujurnya, dari sini lah awal perkenalan saya yang sebenarnya dengan penyedia layanan domain dan hosting selain yang selama ini saya pakai. Loohhh… selama ini punya blog beli domain dan hostingnya dari mana, Bu?

Ummm… anuuuu, dari suami.  Sejak dulu (termasuk sejak blog yang terhapus… hayoooo.. sudah baca tulisan saya tentang Qwords sebelumnya belum? Ada nih ceritanya di sana. Ayo baca dulu wkwkwk) sampai sekarang, urusan beli domain, beli hosting, pengaturan server, pengaturan subdomain, instal wordspress dan ini itu sampai perpanjangan tiap tahun, saya gak tahu menahu. Pokoknya mah saya tinggal isi saja. Isinya rajin? Ya.. gitu deh… wallahu alam hahaha.

Mau coba yang lain teh, saya takut… takut gak bisa, takut kalau ada error apa-apa saya gak bisa nanya-nanya, takut lambat, dan beragam ketakutan lain.

Selama ini saya memang diberi kebebasan dengan diberi akses wordpress dan cPanel di semua blog yang saya miliki. Ganti themes sendiri. Kalau ada error saat nekat otak atik CSS juga seringnya sih benerin sendiri. Jadi ya gak butek-butek amat lah. Tapi kan penasaran juga ya, gimana sih sebenarnya urus blog sendiri dari 0??? Saya bakal bisa gak ya?

Intip-intip lagi Qwords, aih… ternyata masih banyak promo! Padahal promo ulang tahunnya sudah lewat tuh…

Promo Domain Murah Qwords
Promo Domain Murah Qwords

Sayang banget kan kalau sampai dilewatkan. Eh, ada yang murah dan kebetulan pas dengan saldo di rekening nih… coba aahhhh!

Akhirnya beli domain sendiri!

Sempat bingung dengan pemilihan nama domain, dan domain apa yang mau saya pakai kali ini. Tapi demi melebarkan sayap Pasundan Corps (ahemmm), akhirnya pilihan jatuh ke pasundan.xyz. Kenapa pilih dotxyz, bukan dotcom? Dotcom-nya sudah ada yang punya hehe…. Tapi dotxyz juga gak kalah keren koq, ini nih keunggulannya…

Keunggulan .xyz
Keunggulan .xyz

Langkah-langkah membeli domain saya jelaskan dari awal saja ya, siapa tahu ada teman-teman yang kebetulan ingin membeli domain sendiri.

Sebelumnya saya cek dulu ketersediaan domain yang saya inginkan di qwords.com

Promo Domain Murah Qwords
Cek ketersediaan domain yang kita mau di qwords

Klik Lanjut dan nanti kita diarahkan ke laman Review Daftar Belanja dan Check Out. Jangan lupa untuk memasukkan kode voucher ya. Daftar kode voucher bisa dilihat di halaman Promo. Untuk promo domain .xyz ini saya harus memasukkan kode voucher GenXYZ20. Lumayan pisan kan, dari 180 ribu jadi 20 ribu…

SS 2017-09-05 at 7.18.30 PM SS 2017-09-05 at 7.21.00 PM SS 2017-09-05 at 7.21.14 PM SS 2017-09-05 at 7.21.22 PM

Setelah mengisi data, dan membaca baik-baik Terms of Service, tinggal beri tanda centang dan klik Selesaikan Pemesanan.

Nanti akan ada invoice yang masuk ke email kita. Inget ya… ini invoice kita yang bayar. Bukan kita menerima invoice yang gak kunjung cair meski sudah sekian lama menunggu tanpa kepastian (ini kenapa terus curhat sih?)

SS 2017-09-05 at 7.23.20 PM SS 2017-09-05 at 7.23.41 PM

Biar gampang, saya pilih pembayaran dengan Virtual Account saja. Kelebihan menggunakan Virtual Account ini adalah konfirmasi instan dan tersedia 24 jam. Kekurangannya sih cuma ada biaya tambahan sebesar 5 ribu saja. Begitu saya bayar, domainnya beneran langsung aktif lho! Prosesnya kurang dari 5 menit saja! Malah email pemberitahuan domain aktif dari Qwords lebih dulu sampai dibanding email dari klikBCA hihi…

Email dari Qwords
Email dari Qwords

Saya cek di laman clientarea qwords, pasundan.xyz memang sudah aktif tapi… masih kosong donk.

clientarea qwords

Ok, sudah beli domain lalu apa?

Setelah beli domain, karena masih kosong, ya sekalian lah beli hostingnya. Hosting ini ibarat rumah.

Terus, rumahnya yang seperti apa? Kalau ini tergantung penghuninya, mau bawa barang seberapa banyak ke dalam rumah?

Kalau saya sih… jujur saja. Pengennya bawa barang yang banyak ke rumah. Misal, foto. Saya termasuk orang yang malas melakukan kompresi foto sebelum diunggah. Selain malas kerja sampai tiga kali (pindah foto dari kamera ke hardisk-kompres-unggah) kurang sreg saja melihatnya kalau sebuah foto dikompres. Belum lagi saya tipe yang suka gonta ganti tema. Instal satu tema saja perlu kapasitas yang cukup besar.

Bisa sih pakai free blog, tapi ya tentu saja kapasitas dan fitur-fiturnya juga terbatas. Seperti di wordpress.com yang kuotanya terbatas hanya 3GB (tapi masih bisa ditambah). Selain itu pengguna juga tidak dapat menginstal atau Upload Template milik sendiri, hanya yang sudah disediakan WordPress.

Jadi, mari kita pilah pilih rumah sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Qwords sendiri menyediakan beberapa paket hosting yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ada Personal Hosting, Business Hosting, WordPress Hosting, Maxx Hosting, sampai Radio Streaming.

Kira-kita teman-teman perlu yang mana? Nah… kalau gak mau repot sih, saya sarankan pilih paket Cloud Base WordPress Hosting.

Apa sih bedanya Qwords Cloud Web Hosting dengan hosting biasa? Begini, kita mengenal tempat penyimpanan data-data online yang disebut dengan hosting. Nah, Cloud hosting menyimpan file-file berharga dalam sebuah server, yang selalu dipantau aktivitasnya. Tools dalam sistem Cloud pada hosting berguna untuk meminimalisir server down akibat user malware.

Pada hosting tradisional, satu user dapat menghabiskan semua resource yang ada di satu server. Ini saya sering mengalami nih… tiba-tiba blog lambat dan susah diakses. Padahal seharusnya sih gak ada masalah dengan blog saya. Eh, ternyata masalahnya karena ada user lain menghabiskan resource di server yang sama dengan yang saya tumpangi. Ya ampuuun.. ini kan merepotkn banget ya huhu. Kita yang gak salah apa-apa jadi kena imbasnya. Kalau kata orang Sunda tea mah, katempuhan buntut maung.

Nah, dengan teknologi Cloud Hosting, resourcenya lebih tertata sehingga kemungkinan server down akibat user lain sangat kecil.

Pilihan paketnya juga cukup beragam, tinggal pilih sesuai kebutuhan.

qwords

Ok, sekarang saya sudah tahu mau pilih yang mana. Saya mau  pilih hosting Cloud Base WordPress Hosting saja. Bukan apa-apa sih, selain memang sudah familiar dengan WordPress, 2 GB plus fitur lain yang ada di paket ini kayaknya untuk sementara cukup deh.

Alasan lainnya adalah… adanya sistem backup harian!

Cloud hosting WP

Kenapa? Jadi kemarin ceritanya saya kembali mengalami kejadian yang mirip dengan kejadian di tahun 2008. Yaitu blog yang tiba-tiba saja menghilang. Ceritanya panjang. Blog post tentang ini masih di draft.

Pada akhirnya isi blog memang masih bisa diselamatkan… tapi melalui Google Cache. Dan saya harus upload ulang tulisan yang hilang dari 2015 sampai terakhir terbit beberapa hari yang lalu… satu per satu, alias dicopy dari Google Cache, kemudian dipaste di blog. Rasanya? Pedih hati Ade, Bang…

google cache

Lho, memangnya gak ada backup? Ada donk… tapi ya itu, backupnya hanya sampai 2015. Sisanya hilang. Sueeee banget.

backup

Makanya pas lihat ada fitur backup harian di paket Cloud Base WP Hosting ini, gak pikir panjang… langsung pengen order.

Setelah klik Order Now di Cloud Base, saya diarahkan ke laman ini…

cloud base qwords

Karena paket hosting ini akan saya gunakan untuk pasundan.xyz yang baru saja diregistrasikan melalui Qwords, jadi saya pilih Gunakan domain yang sudah saya miliki. Kalau teman-teman belum punya domainnya, tinggal pilih Daftar domain baru. Atau kalau mau migrasi, tinggal Transfer domain saya ke Qwords.

layanan domain qwords
Konfigurasi Cloud Base WordPress Hosting

Tapi sebenarnya sih… alasan utama kenapa memilih paket ini adalah… saya punya voucher gratis Cloud Base WordPress Hosting buat 1 tahun! Haha… aduh, maaf ya. Mamah-mamah emang paling suka kalau dikasih diskonan sama gratisan.

voucher qwords

Tapi Bu… budget saya terbatas nih. Lagipula kalau kurang nyaman sama paketnya gimana? Tenang, ada pilihannya koq.. mau per bulan atau per tahun sekalian. Jadi masih bisa terjangkau lah ya.

Asyiknya nih… di dashboard juga ada Jalan Pintas cPanel. ini nih.. penting buat saya yang selalu kesulitan mengingat username dan password. Coba deh tanya suami saya, berapa inbok yang masuk hanya untuk menanyakan username dan password cPanel. Sampe bosen sih kayaknya hahaha…

Sekalian saja saya buat akun email, biar lebih terlihat pro gitu…

SS 2017-09-05 at 7.36.30 PM

SS 2017-09-05 at 7.37.18 PM

SS 2017-09-05 at 8.30.52 PM

Langsung tes kirim email… kurang dari 1 menit sudah masuk ke kotak Inbox.

SS 2017-09-05 at 8.35.48 PM

Selama proses order, karena takut salah, saya tanya-tanya dulu ke CS yang selalu siap melayani selama 24 jam. CS nya sabaaar banget. Tapi yang paling penting sih fast respond dan solutif. Makasih banyak ya, Mas Dwi.

SS 2017-09-05 at 6.57.33 PM SS 2017-09-05 at 6.58.39 PM

Masih bingung setelah beli domain dan hosting ini mau ngapain lagi? Gak usah bingung. Karena menggunakan layanan domain dan hosting ini kita dapet kursus gratis. Tiap hari kita bakalan dapet email yang isinya panduan 30 Hari Jelajah Hosting. Lumayan banget kan?

Panduan 30 Hari Jelajah Hosting dari Qwords
Panduan 30 Hari Jelajah Hosting dari Qwords

Pokoknya mah ketakutan saya mencoba layanan domain dan hosting yang baru teh sirna begitu saja setelah mencoba membeli domain dan hosting dari Qwords. Kesan saya bagaimana? Ya terkesan pisan atuh laahh… baru pertama kali coba, disuguhi kecepatan layanan plus tinggal isi saja tanpa perlu repot-repot instal ini itu… siapa yang gak terkesan?

Jadi hari ini, merupakan hari yang bersejarah buat saya. Karena sudah berhasil mendaftarkan sendiri domain sekaligus aktivasi pasundan.xyz untuk 1 tahun ke depan dalam waktu kurang dari 20 menit dengan biaya 20 ribu rupiah saja!

Email pertama dari Qwords, Verifikasi Email Akun Qwords Jam 19:21
Email pertama dari Qwords, Verifikasi Email Akun Qwords Jam 19:21
Jam 19:39, Dashboard WordPress pasundan.xyz sudah bisa diakses
Jam 19:39, Dashboard WordPress pasundan.xyz sudah bisa diakses
1st post @pasundan.xyz
Hello world!

Tinggal rajin ngisinya saja ya. Memangnya mau diisi apa, Bu? Bagusnya diisi apa ya? Minta sarannya donk… hihi

Eh, ini kan diminta saran buat Qwords. Terus apa donk pesan dan saran buat Qwords? Hmm… buat CS maupun Technical Support, tetap sabar kalau menghadapi customer macam saya yang suka nanyain hal-hal kecil yang sebenarnya nampak sepele, terus berinovasi dengan membuat layanan yang ramah pelanggan, terutama buat yang masih baru kenal dengan layanan domain hosting dan tetap jadi Reliable Fast Web Hosting with Reasonable Price.

Tapi pesan utamanya sih, makin sering aja kasih promo haha… Nah, kalau itu salah satu pesan utama…. yang ini salah duanya, mudah-mudahan ke depan Qwords makin sering mengadakan workshop buat para pegiat online baik itu blogger maupun buat pelaku bisnis online

O ya, untuk WordPress Hosting ini, kalau teman-teman masih belum yakin, ada Free Trialnya koq.

Teman-teman bisa ujicoba gratis Paket Cloud WordPress Hosting dengan CloudPOP selama 30 hari. Cek di sini infonya ya https://www.Qwords.com/wordpress-hosting/

Coba rasakan saja dulu… ketagihan kemudian.

Dalam rangka ulang tahunnya Qwords, ada kompetisinya juga lho. Kompetisi blog, vlog, dan testimoni pelanggan Qwords. Lengkapnya cek saja di http://qwords.com/qwords12 ya. Alhamdulillah, kali ini gak cuma dibintangin!

bannerupper

28 Replies to “Pengalaman Pertamaku Bersama QWORDS : Buat Blog Dalam Waktu 20 menit, 20 ribu rupiah saja? Bisa!”

    1. Saya pernah tanya ke salah satu master blogger, tentang bagaimana cara menjaga konsistensi ngeblog. Beliau bilang jadikan saja sebagai hobi, jangan jadi beban. Nanti juga jalan sendiri hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.