Kiat memilih aksesoris sepeda yang tepat

aksesoris sepeda

Mah, Ceuceu gak punya baju sama helm sepeda ya?, tanya Ceuceu.

Gak. Belum, jawab saya.

Ya udah, pake baju biasa saja. Besok bangunin setengah 5 ya. Jam setengah 6 Ceuceu mau main sepeda sama temen-temen, pinta Ceuceu di Sabtu malam sebelum tidur.

Tumben. Biasanya lari… lari dari kenyataan, ujar saya

Iiyyyyy…, Ceuceu pun merenggut sambil kembali ke kamarnya.

Haha.. ya gimana gak keheranan. Tiap kali dibangunkan untuk pergi ke sekolah saja pakai acara drama. Padahal dibangunkannya juga gak subuh-subuh amat. Ini minta dibangunkan jam setengah 5? Apa dramanya gak bakal lebih heboh? Hihi…

Tapi biasanya sih kalau bukan mau sekolah, seperti mau pergi piknik atau sekedar olahraga pagi bareng teman-temannya, anak-anak memang bangun lebih cepat. Aneh.

Nah, ini rencananya Ceuceu pengen main sepeda sama teman-temannya. Saya sendiri agak takut melepas Ceuceu main sepeda tanpa didampingi orang tua. Ya, meski sebenarnya Ceuceu juga sudah cukup besar untuk dilepas sendirian. Soalnya di sekitar rumah sini kan termasuk jalan provinsi ya. Kalau hari Minggu banyak motor yang ngebut sunmori. Duh, serem ah…

Olahraga sepeda memang terbilang aman, tapi resiko cidera juga cukup besar. Makanya perlu  aksesoris sepeda agar kita lebih terlindungi.

Ada berbagai macam jenis aksesoris sepeda, mulai dari aksesoris yang dapat menunjang keamanan, hingga aksesoris yang dapat digunakan untuk kenyamanan saat bersepeda.

Helm Sepeda

Helm sepeda ini bukan cuma buat bergaya, tapi yang pasti fungsinya memang buat pelindung kepala. Disamping melindungi kepala dari benturan, helm sepeda juga berfungsi untuk melindungi kepala dan rambut dari debu.

Sebaiknya sih saat membeli helm dicoba dulu dan disesuaikan ukurannya dengan kepala. Kalau gak bisa gimana? Coba ukur lingkar kepala, dan tanyakan ke penjual. Pastikan juga bahannya benar-benar kuat dan mampu melindungi kepala kita.

O ya, helm sepeda juga berbeda-beda penggunaannya. Ada yang buat road race di jalan raya, ada juga yang digunakan untuk downhill dan uphill di pegunungan. Gak usah ragu buat menanyakan hal ini ke penjual.

Disamping ukuran yang pas dan fungsinya yang sesuai, harga helm sepeda juga harus pas di kantong. Jangan sampai helm dibeli dengan harga mahal, tapi hanya berfungsi sebagai penghias gantungan.

Jersey Sepeda

Kemarin Ceuceu sempat bertanya perihal jersey sepeda.

Soalnya kalau main sepeda jauh-jauh, pakai baju biasa mah gerahnya ampun-ampunan, Mah…, begitu Ceuceu bilang.

Kalau mau serius main sepedanya sih, jersey sepeda memang jadi barang yang wajib dipakai, karena terbuat dari bahan khusus yang memberikan kenyamanan terbaik. Yah, kalau pakai training dan gowes 10 km atuh hareudang…

Nah, pastikan kalau jersey terbuat dari bahan yang dingin dan menyerap keringat seperti Cotton-Dri. Gak tau bahan jersey yang bagus seperti apa? Sekali lagi, jangan sungkat untuk menanyakan apa pun yang perlu kita ketahui pada penjualnya.

Ada yang tahu gak, kenapa jersey sepeda ini warnanya terang-terang seperti ini?

Yaaa… betul! Jersey sepeda memang sengaja dibuat dengan warna yang terang agar pengguna jalan bisa dengan mudah melihat kita.

Lampu dan Bel Sepeda

Lampu dan bel sepeda juga gak kalah penting. Apalagi kalau sesekali kita perlu bersepeda di malam hari. Pasang lampu sepeda untuk memberikan penerangan saat bersepeda di malam hari. Ada beberapa jenis lampu sepeda minim daya seperti lampu sepeda tenaga kayuh.

Jangan lupa, pasang juga bel atau klakson sepeda agar dapat memberikan isyarat bagi para pengguna jalan lainnya.

Tempat Botol Minum

Gowes itu bikin haus. Serius. Mending kalau pas kehausan kita bisa menemukan warung dengan mudah. Lah, kalau seperti jalanan di rumah saya yang penuh dengan tanjakan, di sisi kiri dan kanan hanya ada sawah? Kan repot. Agar tidak kerepotan, pasang aksesoris tempat botol minum di sepeda.

Jadi, saat merasa haus dan lelah saat bersepeda, kita bisa langsung minum dari botol ini. Jangan lupa, perhatikan juga ukuran tempat botol minumnya. Jangan sampai aksesoris sudah dipasang, tapi botol minumnya malah stuck.

Sayangnya, di dekat rumah sini masih jarang toko yang menjual aksesoris sepeda. Kalau mau belanja mesti turun gunung dulu. Gowes donk ke Bandung…

Aduh, kalau saya gowes sampe Bandung mah, pulang-pulang bisa direkrut jadi atlet PON. Terus masuk MURI, jadi atlet PON Cabor Sepeda Tertua wkwkwk

Tapi jaman sekarang sih gak perlu khawatir. Soalnya bisa belanja online, tinggal pilah pilih toko yang menjual aksesoris sepeda yang tepat aja.

Saran saya sih pilih belanja di marketplace saja, biar lebih terjamin keamanannya. Modus penipuan jual beli online makin beragam soalnya. Kalau kurang waspada, bisa apes.

Baca juga : Sering Jual Beli Online? Hati-hati Penipuan dengan Modus Transfer Melalui e-Cash

Salah satu tempat belanja aksesoris sepeda yang nyaman buat saya adalah Radenaline Gowes Store. Kenapa? Reputasinya di BL bagus, tidak pernah menolak pesanan.

 

Selalu memberi yang terbaik untuk para pembeli di toko kami, terima kasih telah mempercayakannya kepada kami

A post shared by Radenaline_Gowes_Store (@radenaline_gowes_store) on

 

Dan yang paling penting sih… saya bisa tanya-tanya sepuasnya sama penjual dan dijawab dengan cepat hihi… Namanya juga belanja online, gak pegang barangnya dulu, jadi mesti ditanya sedetail-detailnya. Kalau lama balesnya, kadang minat belanja keburu menghilang.

Aksesoris sepeda

Sayang belum nemu baju yang pas buat Ceuceu. Saya mau order buat sendiri dulu deh. Sepeda di rumah nganggur gara-gara suka hareudang kalau pake training hihi. Naksirnya sih yang ini..

aksesoris sepeda

Takut kebesaran/kekecilan? Kalem… soal ukuran bisa didiskusikan koq, biar ukuran pilihannya pas.

Aksesoris sepeda

 

Kalau teman-teman ada yang suka gowes juga? Aksesoris sepedanya sudah lengkap belum? Kalau belum atau perlu nambah aksesoris gowesnya, boleh banget mampir ke sini…

Radenaline Gowes Store

https://www.bukalapak.com/radenaline_gowes_store/

Instagram https://www.instagram.com/radenaline_gowes_store/

SMS/WA:081290184903

Line ID: rgowestore

Salam gowessss… tetap berhati-hati ya!

One Reply to “Kiat memilih aksesoris sepeda yang tepat”

  1. wah boleh juga nih, di rumah ada seli punya anak saya. tapi bisa juga buat bapaknya gowes keliling komplek. Beli perlengkapan gowes deh nanti ke lapak di atas – insya allah …

Leave a Reply

Your email address will not be published.