Beli Perumahan Murah Bersubsidi? Kenapa Tidak?

By | November 9, 2016

Masih ingat cerita saya tentang pengalaman seorang teman yang mengambil kredit Perumahan Murah dan ternyata belum ada kelanjutannya meski uang Down Payment sudah dilunasi sejak setahun yang lalu? Kalau belum, boleh baca ceritanya di tulisan saya yang berjudul Jeli Memilih Perumahan Bersubsidi.

Tapi masalah yang menimpa teman saya ini tidak membuat beliau mengurungkan niat memiliki rumah sendiri. Ya, bagaimana pun punya rumah sendiri memang jauh lebih nikmat.

Jadi, kemarin teman saya sudah move on dari masalah penipuan pengembang yang ini dan mulai mencari-cari informasi mengenai perumahan murah. Murah memang menjadi kata kunci di sini. Soalnya tahu sendiri harga rumah sekarang selangit, sementara sebagian uang teman saya masih tertahan di pengembang yang sebelumnya.

Meski begitu tentu saja kita harus tetap berhati-hati saat memilih perumahan murah. Ada beberapa tips nih yang harus diperhatikan saat memilih perumahan murah… Jangan sampai kejadian seperti yang dialami teman saya juga menimpa orang lain.

Pilih perumahan bersubsidi

Tahu kan kalau sekarang ini Pemerintah sedang giat-giatnya mengadakan program perumahan bersubsidi khususnya bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah? Gak usah malu ambil perumahan bersubsidi. Malah ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perumahan bersubsidi seperti ini. Misalnya saja, tidak ada uang muka, angsuran per bulan lebih murah, proses administrasi juga lebih mudah. Prosesnya sama saja seperti proses KPR pada umumnya. Tapi yang penting sih mencicil dengan KPR ini jauh lebih aman dibanding mencicil ke pengembang.

Berada di kawasan sepi dan punya potensi untuk berkembang

Biasanya lokasi perumahan menentukan harga jualnya. Tak ada salahnya memilih perumahan yang berada di pinggiran kota dengan suasana yang relatif sepi namun masih memiliki potensi untuk berkembang. Misalnya saja salah satu perumahan yang ada di Gedebage, Bandung. Dulu, perumahan ini sepi sekali. Jauh dari mana-mana. Tapi beberapa tahun kemudian, perumahan ini semakin besar dan lingkungan di sekitarnya pun semakin berkembang.

Nah, terbayang kan keuntungan apalagi yang didapat jika kita memilih perumahan seperti ini? Yup. Harga jual yang meningkat drastis. Harga perumahan murah di kawasan yang sepi seperti ini, 10-15 tahun yang akan datang bisa sampai 20x lipat.

Beli rumah murah, sekarang juga!

Kalau semua syarat sudah terpenuhi, dan kemampuan kita juga sudah terukur, jangan sampai ditunda-tunda lagi. Beli rumah di perumahan murah sekarang juga. Karena harga rumah tiap tahun cenderung naik terus menerus. Tapi tentu saja kita juga harus tetap cermat dan juga selektif.

Yuk ah, mulai intip-intip rumah murah buat masa depan… ^_^

Leave a Reply