Cari jodoh online? Ini triknya!

By | November 6, 2016

Kemarin tetangga di sekitar rumah dihebohkan dengan proses perkenalan salah seorang anak tetangga yang bertemu dengan calon suaminya melalui internet. Gak satu kerjaan, gak satu sekolahan, eh… tahu-tahu dapetnya orang jauh. Saya sih hanya bisa senyum-senyum. Bukan apa-apa… soalnya saya jadi ingat pengalaman sendiri.

4kcn-02

Mau nostalgia sedikit boleh ya? Hihihi..

Dulu, saya dan suami memang dipertemukan oleh internet. Lebih tepatnya lagi oleh mIRC. Anak tahun 90-an pasti kenal sama yang namanya mIRC. Sejak awal kenal internet, saya memang langsung nangkring di mIRC, pakai server Undernet karena Dalnet sering penuh. Bukan buat cari jodoh sih, lebih ke karena saya waktu itu jarang kemana-mana. Jadi seringkali saya menghabiskan waktu berjam-jam demi nangkring di mIRC. Kalau sekarang mah nangkringnya di Facebook. Gak ada perubahan haha. 

Saya sempat kopdar dengan beberapa orang anggota channel #bandungku. Malah sempat kehilangan dompet ketika saya kedatangan seorang teman di mIRC. Teman saya ini perempuan, dari Jogja yang menginap di rumah selama beberapa hari. Usut punya usut, ternyata teman saya itu katanya klepto. Tapi ini dijadikan pelajaran, agar saya bisa lebih berhati-hati.

Suatu shubuh saya kembali nangkring di #bandungku. Iya… shubuh, karena saat itu saya sedang menginap di laboratorium. Channel nampak sepi, gak ada satu pun yang bisa saya ajak ngobrol. Tebak kata cuma sendiri mah gak seru. Kemudian saya iseng mengirim pesan ke bot yang juga nangkring di #bandungku. Gak disangka, botnya ternyata membalas pesan saya.

Wah, bisa membalas pesan mah berarti bukan bot! Akhirnya pesan iseng itu memang berlanjut ke pertemuan pertama di Statsiun Bandung.

Kalau ditanya, waktu pertama kali ketemuan, apa gak takut ketemu orang yang baru dikenal lewat internet? Ya takut sih, makanya waktu itu saya diantar Abah. Pas saya melihat si pemilik bot turun dari kereta api, malah pengen kabur… minderrrr… ahaha…

Tapi akhirnya ya sekarang mah gak minder lagi, malah seringkali malu-maluin hihi.

Kalau cerita gak sengaja ketemu jodoh di internet saya ini berakhir bahagia, tidak demikian dengan yang dialami oleh seorang teman. Jadi ceritanya beberapa bulan yang lalu teman saya ini berkenalan dengan seorang perempuan lewat internet. Sampai akhirnya teman saya yang tinggal di Jogja ini  janji ketemuan di bandara Soekarno Hatta. Sudah jauh-jauh lintas provinsi demi sampai di bandara Soekarno Hatta, ternyata perempuan yang sudah janji mau ketemu ini malah gak ada. Bahkan akun Facebooknya pun sampai dihapus. Hayo, lho! Ngenes banget kan? Ya, namanya juga hidup, gak di dunia nyata, gak di dunia maya, pasti aja ada orang isengnya.

Nah, barangkali ada yang memang berniat cari jodoh lewat internet, coba ikuti trik berikut ini.

Pilih layanan biro jodoh terpercaya

Kalau memang ingin bergabung dengan layanan biro jodoh online, cari yang sudah punya reputasi dan terpercaya. Jadi bisa meminimalisir resiko bertemu dengan pihak yang tidak bertanggungjawab. Jangan lupa baca baik-baik aturan mainnya.

Hati-hati pasang foto profil

Jaman mIRC dulu, belum ada tuh foto yang harus dipasang di profil. Jadi dulu hanya kirim foto lewat DCC yang sampainya bisa berjam-jam kalau koneksi sedang aduhai. Foto yang dikirim itu asli atau gak? Wallahu alam. Makanya, jangan pernah kirim/pasang foto pribadi yang vulgar di profil agar tidak dimanfaatkan oleh orang lain. Ini internet. Apapun yang sudah terupload di internet, akan berada di sana selamanya.

Jangan mudah diidentifikasi

Jangan pernah memasang alamat lengkap dan nomer telepon di situs biro jodoh. Kalau perlu mengirim pesan, gunakan saja fasilitas chat yang ada di situs biro jodoh.

Jangan mudah tergoda rayuan maut

Kebanyakan orang yang merasa tertipu di internet adalah karena rayuan maut hahaha… Ya, sekali lagi, namanya juga internet. Bisa saja kita menulis A, padahal aslinya B. No one knows you’re a monkey on the internet, begitu pepatah bilang. Kalau mulai gak sopan, berhenti berkomunikasi.

Kopdar dengan aman
Kalau dulu saya bertemu di Statsiun Bandung dengan diantar oleh Abah, ini lebih ke alasan keamanan saja sih. Jadi saya memang harus bertemu di tempat publik yang aman. Orang tua juga harus tahu saya pergi ke mana. Begitu pula jika bertemu dengan anggota dari situs biro jodoh. Kalau ada hal yang tidak menyenangkan saat kopdar, tinggal laporkan ke pengelola situs jodoh.

Pelan-pelan saja
Pertama kali bertemu dengan si pemilik bot, entah kenapa.. rasanya klik. Ya, sempat minder sih, takutnya malah saya yang tidak sesuai dengan harapannya haha. Tapi sepertinya sih gak gitu. Jadi saya dan si pemilik bot sama-sama merasa klik. Meski begitu, saya juga tidak buru-buru mengajak beliau untuk berkomitmen. Saya juga perlu donk tahu kebenaran identitas, maksud baik, dan sebagainya.

Kena tipu? Lapor segera

Nah, kalau sedang apes malah ketemu yang berniat tidak baik, segera lapor, baik ke pengelola situs maupun ke yang berwajib. Gak usah takut atau malu. Jangan sampai jatuh korban yang lebih banyak.

Sudah yakin mau cari jodoh lewat internet? Sok atuh, bismillah… semoga mendapat jodoh yang tepat.

One thought on “Cari jodoh online? Ini triknya!

  1. Amir

    Kalau saya mah agak khawatir jika lewat dunia maya Mbak, soalnya gak tau kerpibadian sehari harinya seperti apa ? lingkunganya bagaimana juga gak tau

Leave a Reply