Transfer ke Rekening Bank Tanpa Punya Rekening

Karena satu dan banyak hal, tidak selamanya saldo di rekening aman selalu. Biasanya sih kalau ada yang transfer, umur saldo gak bakal bertahan lama. Cuma assalamualaikum aja gitu… terus tiba-tiba menghilang entah kemana. Errr… ada yang nasibnya sama? #caritemen

Tapi kadang demi satu dan lain hal, rekening juga perlu ada isinya. Buat transfer misalnya. Masalahnya, rekening kan kosong. Berhubung bank paling dekat dengan rumah adalah BRI, jadi saya setor tunai via BRI.

Setor tunai via teller ini kena biaya yang lumayan. RTGS/Kliring/Transfer Tarik Tunai Nasabah BRI kena biaya Rp. 30.000, Non Nasabah BRI Rp. 50.000,- + PPN 10%. Koreksi kalau saya salah, soalnya saya belum pernah transfer via teller ke rekening orang lain. Biasanya saya setor ke rekening BRI saya sendiri, yang gak kena biaya apapun, kemudian saya transfer melalui ATM BRI.

O ya, buat yang belum tahu, transfer lewat ATM BRI ke rekening BRI juga tetap kena biaya (Baca  Biaya Transaksi via ATM BRI)

Masalah bertambah karena antrian di BRI seringkali membuat saya mengelus dada. Apalagi saya gak bisa berlama-lama antri di bank. Anak-anak juga gak betah ikut ngantri. Ditinggal lama-lama juga bikin khawatir. Teras Keliling BRI kalau pas saya lagi butuh malah sering offline. Kalau sudah begini, dada Satpam rasanya pengen saya elus-elus juga… #eh

Tapi ada beberapa cara transfer ke rekening tanpa harus punya rekening selain setor via teller nih. Mau tau? Yuk simak satu-satu bagaimana caranya…

  • Transfer via orang yang sedang antri di ATM

Ini sih kalau uang yang mau ditransfer tidak terlalu besar ya. Biasanya saya tanya dulu ke orang yang sedang antri, ada yang mau ambil tunai gak? Nanti uang cash-nya diganti dari uang yang akan saya transfer. Cara ini biasanya saya lakukan di ATM yang ramai, plus didampingi Satpam. Soalnya rawan dikira penipuan… Saya juga pernah ada di posisi orang yang dimintai tolong seperti itu.

Jadi kalau ada yang minta tolong transfer tukar cash di ATM, jangan selalu dicurigai ya… siapa tahu itu teh saya hehe. Tapi kalau takut uangnya palsu sih, sebaiknya tidak usah. Lanjut ke cara berikutnya saja..

  • Transfer via POS Indonesia

Serius saya baru tahu kalau transfer ke rekening bank juga bisa dilakukan lewat POS Indonesia. Bukan wesel ya. Kalau wesel kan diambil oleh penerima ke kantor pos. Ini langsung masuk ke rekening penerima tanpa pengirim harus punya rekening bank.

Pengirim cukup bawa KTP dan uang yang akan ditransfer. Nanti di kantor POS Indonesia kita tinggal mengisi formulir pengiriman uang.mBiaya transfer ke rekening bank di kantor POS Indonesia adalah Rp. 20.000,-. Transferan langsung masuk saat itu juga.

Petugas POS Indonesia saat itu menawari saya untuk membuat kartu anggota POS Indonesia. Syaratnya cukup KTP. Jadi nanti kalau saya mau transfer via POS Indonesia, saya tidak perlu menunjukkan KTP, cukup kartu anggota ini saja.

transfer lewat pos indonesia

O ya, kantor POS mulai buka jam 08.00-15.00 ya…

Nah, layanan yang ini jadi favorit saya. Kalau bank dan kantor POS terbatas sampai jam 3 sore, Alfamart mah bukanya sampai malam. Mau transfer tunai jam 9 malam pun gak masalah.

Koq Alfamart? Soalnya saya tinggal isi saldo Dompetku melalui Alfamart, kemudian transfer saldo di Dompetku ke penerima. Transfernya bisa ke rekening bank penerima atau dengan menggunakan alamat email penerima dan uang itu akan masuk ke dalam rekening eWallet Dompetku Plus penerima.

Tapi belum punya akun Dompetku Plus, gimana donk? Gampil. Buat dulu saja akunnya, cepat koq… gratis!

Nah, cara mana yang teman-teman pilih buat transfer tunai tanpa rekening?

28 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.