Pembeli Rumah di Bawah Usia 30 Tahun Sebesar 21,62 Persen

By | July 26, 2016

Harga jual rumah yang semakin meningkat tiap tahunnya membuat banyak masyarakat memutar otak agar dapat membeli rumah sesegera mungkin. Apalagi, saat ini harga rumah dijual di Jakarta dan kota-kota besar lain seperti Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Surabaya dan lainnya sudah sulit dijangkau oleh banyak kalangan.

Usia 24 hingga 30 tahun menjadi waktu yang sangat ideal untuk membeli rumah. pada usia tersebut, biasanya seseorang sudah memiliki pekerjaan yang tetap dan stabil secara keuangan. Pada usia tersebut juga, seseorang sudah memiliki status menikah, sehingga pasti sangat membutuhkan tempat tinggal.

jual rumah

jual rumah

Dalam survei yang dilakukan kepada 300 responden, didapatkan hasil bahwa kebanyakan masyarakat pada rentang usia tersebut menargetkan untuk membeli rumah pada usia 30 tahun. Namun pada kenyataannya, sebagian besar konsumen membeli hunian seperti rumah atau apartemen sebelum usia 30 tahun. Mereka m=kebanyakan sudah membeli properti pada usia 28 tahun.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa dari 20,9 juta penduduk Indonesia berusia 24-29 tahun, hanya 4,5 juta yang sudah memiliki rumah. hal ini menunjukkan bahwa masih ada sekitar 21,26 persen konsumen pemilik rumah yang berusia di bawah 30 tahun. Masih ada sekitar 16,4 juta potensi pasar usia 24-30 tahun yang belum tergarap. Hal ini tentunya bisa menjadi perhatian dari para pengembang.

Dari data tersebut juga didapat pula hasil bahwa sekitar 14,41 persen kalangan usia 24-30 tahun tersebut masih belum memikirkan untuk membeli hunian. Sementara ada 45,95 persen yang belum membeli rumah tapi mempunyai rencana untuk segera membelinya.

Data selanjutnya yang ada adalah sebanyak 18,02 persen kalangan usia 24-30 tahun tersebut belum pernah membeli namun sedang mencari rumah. ada juga mereka yang sudah membeli rumah namun hingga kini belum lunas rumahnya, pada persentase yang sama.

Data terakhir menunjukkan bahwa hanya ada sekitar 3,6 persen orang dengan usia 24-30 tahun yang sudah membeli dan juga melunasi rumahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *