Cara Melaporkan Gangguan Listrik ke PLN

Cara Melaporkan Gangguan Listrik ke PLN – Beberapa waktu yang lalu seorang teman mengunggah foto dahan patah yang ditakutkan mengganggu kabel listrik milik PLN. Dari foto yang diunggah teman ini memang terlihat kalau kabel listrik menjadi penyangga dahan yang patah. Kalau dahannya sampai jatuh sementara di bawahnya ada orang, bisa bahaya. Apalagi kalau kabel listrik tidak kuat menahan beban dahan yang patah. Bisa-bisa sama seperti saya yang tidak kuat menanggung beban hidup #eh

Teman saya ini meminta bantuan untuk segera melaporkan kondisi kabel listrik. Tentu saja maksudnya agar segera ditangani sebelum terjadi hal-hal yang dikhawatirkan.

cara melaporkan gangguan listrik pln

Nah, laporannya kemana? Tentu saja laporannya ke PLN, kalau ke mantan yang ada malah nambah masalah.

Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk melaporkan gangguan listrik ke PLN. Gangguan yang dimaksud bukan hanya gangguan listrik di rumah, lho. Kalau menemukan gangguan di jalan seperti teman saya ini, kita juga bisa melaporkannya langsung ke PLN. Atau kalau ada musibah kebakaran di sebuah wilayah, kita bisa meminta bantuan PLN untuk memadamkan listrik sementara di area tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang lebih parah.

Caranya bagaimana?

  • Melalui Twitter @PLN_123

Bagi yang memiliki akun twitter, kita bisa melaporkan gangguan dengan mention akun @pln_123. Harap sabar menunggu reply dari @pln_123. Tenang saja, pasti dibalas koq. Yang jomblo dan jarang ada yang balas twitnya, bisa banget nyapa @pln_123 hahaha. Eh, yang ini mah jangan diikuti yah

  • Melalui Email pln123@pln.co.id

Gangguan juga bisa dilaporkan melalui email pln123@pln.co.id, dan biasanya sih memang dari akun twitter kita diminta data lengkap yang dikirim melalui email.

  • Melalui Call Center PLN 123

Layanan ini yang paling saya suka. Soalnya paling cepat dibanding dua layanan di atas. Caranya cukup tekan 123 dan lanjutkan dengan menekan angka 2 (informasi gangguan, dan lain-lain.. maaf, lupa ini dan lain-lainnya apa saja).

O ya, bagi yang menggunakan handphone, bisa menghubungi Call Center PLN dengan menambahkan kode area. Misalnya buat saya yang tinggal di Subang, cukup tekan 0260-123 dari handphone.

Sampaikan gangguan yang terjadi berikut alamat terjadinya gangguan dengan rinci dan lengkap. Sampaikan juga kalau ada petunjuk khusus menuju lokasi agar petugas tidak kesulitan mencari alamat.

Saya segera meneruskan informasi ini ke twitter @PLN_123. Tidak lama kemudian twit saya ini mendapatkan tanggapan dari @PLN_123

cara melaporkan gangguan listrik PLN

Sesuai petunjuk @PLN_123, saya pun segera mengirim email ke pln123@pln.co.id berikut data yang diminta, foto, kronologis, dan alamat lengkap lokasi gangguan.

Masih belum puas, saya coba telepon Call Center PLN melalui telepon rumah. Petugas Call Center menanyakan, apakah sebelumya saya sudah melaporkan gangguan yang dimaksud? Saya jawab sudah sih, via email + twitter. Hanya saja belum mendapatkan nomer tiket sebagai bukti kalau saya sudah melaporkan gangguan ke PLN. Petugas Call Center kemudian meminta informasi saya sebagai pelanggan PLN, dan juga petunjuk lokasi yang memerlukan penanganan gangguan termasuk menanyakan apakah pohon yang dahannya patah ini berada di tanah penduduk atau di badan jalan.

Setelah mencatat semua informasi, petugas Call Center akan memberikan nomer tiket laporan yang harus kita catat.

Waktu itu petugas Call Center juga menyarankan agar saya menghubungi Dinas Tata Ruang, Permukiman dan Kebersihan (Distarkimsih). Karena gangguan yang saya laporkan ini menyangkut penebangan pohon dan PLN tidak memiliki wewenang untuk menebang pohon yang ada di pinggir jalan. Petugas Call Center kemudian memberikan telepon Distarkimsih Jabar, soalnya dari data yang ada di PLN tidak ada nomer telepon Distarkimsih Subang.

Duh, kalau harus menelepon lagi ke lain nomer… malesin! Ya sudah lah. Gimana nanti saja, pikir saya.

Tapi ternyata tidak lama kemudian, teman saya mengunggah foto petugas PLN Rayon Subang yang sedang menangani dahan yang patah.

dan juga petunjuk lokasi yang memerlukan penanganan gangguan
Petugas PLN sedang menangani laporan gangguan (sumber FB Aep Kosasih)

Wah, keren nih. Meski tadi petugas Call Center menyarankan agar saya menelepon Distarkimsih, ternyata petugas PLN-nya sendiri memang gercep. Salut buat PLN atas penanganan laporan gangguannya yang cepat.

Penting untuk diperhatikan, saat ada petugas yang datang, pastikan kalau petugas ini menggunakan kendaraan dinas dan berseragam ya. Catat nomer kendaraan dan nama petugas dengan baik. Jika ada perlakuan atau layanan yang dirasa kurang memuaskan, kita bisa melaporkan petugas ini langsung ke PLN. Caranya? Coba scroll lagi ke atas… hehehe

Tadi sore, ada teman lain di grup yang melaporkan kalau ada tiang PLN yang sudah doyong. Sepertinya tiang listrik benar-benar terlalu berat menanggung beban wkwkwkwk…

cara melaporkan gangguan listrik PLN

Khawatirnya sih kalau tiang listrik ini sampai benar-benar rubuh. Apalagi ini berada sangat dekat dengan pemukiman. Saya pun segera melaporkan gangguan via twitter dan juga telepon Call Center. Maklum, biar afdol hehe

Sempat takjub tadi ketika saya menekan angka 123 di telepon lanjut tekan angka 2 dan mendapat sambutan hangat dari petugas Call Center…

Jadi setelah saya menjawab,”mau lapor gangguan, Pak“… petugas Call Center kembali bertanya,

Apakah benar ini dengan ibu Rinrin??”

Aihhhh… kita kan belum kenalan, Bang. Koq udah tau aja nama saya… wkwkwk. Padahal ya memang saya pernah menelepon 123 dan nomernya otomatis tercatat di sana.

Seperti biasa, laporkan kronologis dan lokasi lengkap ke petugas Call Center. Gak lama koq.

Kurang dari 2 jam setelah laporan, teman di grup bilang kalau petugas PLN sudah datang ke lokasi untuk melakukan survei dan tiang PLN ini akan segera diperbaiki. Keren lah… Jempol lagi buat respon PLN atas laporan gangguan pelanggannya.

Mudah-mudahan ke depan PLN semakin lebih baik. Yaaa.. terutama kalau listrik mati, gak terlalu sering juga gak terlalu lama… Pusing saya kalau listrik mati lama-lama, gak bisa internetan. Ngandelin wifi sih.. ahahaha

You may also like

3 Comments

  1. Aku selalu via telpon, soalnya kalau pakai twitter ditanya alamat tapi nggak bisa DM.No hpku sudah terecord di call centernya karena sering telpon jadi nggak perlu capek2 njelasin siapa & dimana kalau ada apa2. Skrg memang gercep mereka. Kerenlah :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.