Resep Pie Susu Keju

By | July 10, 2016

Lebaran udah selesai lamaaa sekali, dan tadi pagi saya ditagih Ceuceu membuat kue kering. Iya, lebaran kemarin saya memang tidak membuat kue kering satu pun. Gak ada semangatnya hihi…

Sewaktu mudik ke rumah Nene, saya dibekali kue kering 2 toples. Soalnya Nene mah banyak yang ngasih kue lebaran. Jadi lumayan kan ya, saya jadi gak usah beli. Tapi ya namanya anak-anak tetap saja penasaran ingin membuat kue kering sendiri. 

Demi memenuhi janji, mulailah saya mencari cara membuat kue kering. Dulu sih tiap kali mnemukan resep di koran atau majalah, saya buat jadi kliping. Pun kalau saya berkunjung ke rumah orang dan disuguhi kue kering yang enak, saya minta resepnya dan ditulis di buku resep. Tapi begitu pindah ke sini, buku resep dan klipingnya hilang. Yaaa… thanks to internet lah ya. Meskipun resep di internet ini gak semuanya enak, kadang harus coba-coba dari satu resep ke resep lainnya.

Sekarang cari yang mudah didapat saja bahan-bahannya. Setelah menimbang dan memutuskan, akhirnya pilihan jatuh ke… Resep Pie Susu Keju hihihi… Gak kering-kering amat sih, soalnya ini yang paling mudah dan cepat. Soalnya kan membuat kue kering itu memang mudah, tapi lamaaa.

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mencoba resep Pie Susu ATeflon yang sempat ngehits. Resepnya saya ikuti resep Pie Susu Teflon dari Mami Raffi. Anak-anak suka banget. Kali ini saya coba resep dari Blue Band. Biar lebih spesial, karena masih dalam rangka lebaran… sekarang mah ditambah keju.

Bahan-bahan

150 g   Tepung terigu protein rendah (saya pakai Segitiga Biru)
100 g   Blue Band Cake and Cookie
5 sdm  Air es
3 butir Kuning telur, kocok lepas
125 ml Susu Kental Manis (saya pakai Frissian Flag)
75 ml   Air
1 sdm  Maizena (larutkan dengan sedikit air)
100 g   Keju parut

Cara membuat

Kulit pie: Aduk tepung terigu dan Blue Band Cake and Cookie dengan garpu hingga berpasir. Tambahkan air es, aduk rata. Bungkus adonan dengan plastic wrap, simpan di dalam kulkas selama 30 menit
Isian: Campur rata kuning telur, susu kental manis, air, dan larutan maizena. Masak dengan api kecil sampai agak kental (agar nanti ketika dituang di atas kulit, isian ini lebih mudah kering)
  • Giling adonan kulit pie hingga ketebalan sekitar ½ cm, ratakan di dalam teflon diameter 20 cm.
  • Tuang isian di atasnya.

IMG_20160304_145629

  • Tutup wajan/teflon dan masak di atas api kecil hingga kulit mengering dan isian memadat.
  • Buka tutup teflon, taburi pai dengan keju parut lalu tutup kembali. Masak sekitar 2 menit.

Sudaaah…. Pie Susu Keju pun berhasil dibuat, dan saya akhirnya memenuhi janji ke Ceuceu.

 

Leave a Reply