Kiat memilih hotel via internet

Liburan jalan-jalan ke mana nih? Saya mah pengennya sih ke Jogja. Entah kenapa, sejak pertama kali ke Jogja di jaman SMP dulu, saya selalu ingin kembali lagi ke sana. Jadi bukan karena ikut-ikutan Cinta sih. Soalnya saya sama Cinta lebih tua saya, sedikit… hehe

Sewaktu kuliah, saya kembali ke Jogja. 2 kali ikut liburan bersama saudara yang memang memiliki kerabat di Jogja, 1 kali bersama teman-teman kuliah, naik kereta ekonomi di tahun 2000. Seru. Waktu itu kami menginap di sebuah wisma yang ada di dekat SMA Budi Utomo. Kalau dihitung-hitung, perjalanan dari Bandung menuju Jogja, menginap selama 2 malam di Jogja, sampai kembali lagi ke Bandung, saat itu hanya menghabiskan 150 ribu per orang. Murah ya? Sudah murah, nyaman pula. Maklum saja, wisma ini rekomendasi saudara saya yang tinggal di Jogja. Jadi dia hafal betul mana tempat menginap yang murah dan nyaman. Sekarang mah 150 ribu sehari juga gak bakal cukup hihi. 

Selain Jogja, saya juga ingin kembali lagi ke Bali. Nah, kalau ke Bali agak lumayan sering sih. Dulu itu juga, sewaktu suami masih kerja di Timor dan kami harus transit di Bali. Ada sekitar 3 kali bolak balik Bandung – Timor, tiap 4 bulan.

Berhubung jarang-jarang bisa `liburan` jauh, jadi ketika transit ini kami menginap barang 1-2 hari sebelum pulang ke Bandung. Jalan-jalan di pantai. Padahal di Timor juga rumah dekat pantai haha… Ya, kan beda Pantai Kelapa di timor dengan Pantai Kuta di Bali. Ada untungnya juga dulu sering jalan-jalan… soalnya sekarang mah susah… eh, lho… koq malah curhat 😀

Waktu itu kami mencari penginapan murah di Bali dekat pantai. Gak susah sih cari hotel dekat pantai, mengingat Bali memang identik dengan pantai. Tinggal cari hotel yang sesuai dengan budget saja.

Yang penting untuk diperhatikan adalah kondisi dan fasilitas yang disediakan di hotel. Untuk memastikan kondisi hotel seperti apa dan apa saja yang ada di hotel, kita bisa mencari informasinya melalui situs reservasi. 

Melalui situs reservasi ini kita bisa melihat fasilitas yang ada di hotel dan membandingkan harga tiap hotel. Selain itu kita juga bisa memilih hotel berdasarkan lokasi dan juga melihat review dari traveller yang sudah pernah menginap di sana sebelumnya.

Review-review ini penting untuk dicatat dengan baik. Selain melihat review yang menceritakan kelebihan hotel ini, kita juga harus mencatat bagian mana yang kurang dari hotel tersebut. Sehingga kita bisa tahu kelebihan dan kekurangan hotel sebelum memutuskan untuk menginap di sana.

Di situs reservasi juga biasanya kita bisa mendapatkan promo seperti ini…

Lumayan kan, dananya bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain…

Nah, nanti setelah kita menginap di hotel pilihan, jangan lupa untuk menulis review juga. Jadi orang lain yang memerlukan informasi mengenai hotel ini bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Add a Comment

Your email address will not be published.