Pompa Air Ngadat? Yuk, Cek Penyebabnya!

By | June 7, 2016

pompa air

Pompa Air Ngadat? Yuk, Cek Penyebabnya! – Kehidupan rumah tangga sangat bergantung pada pompa air. Bagaimana tidak? Pompa air merupakan pendukung utama kehidupan sehari-hari. Anda dapat bayangkan bagaimana susahnya hidup jika air tidak mengalir. Mandi susah, belum lagi urusan lain seperti mencuci baju atau yang paling mempengaruhi hajat hidup seisi rumah seperti buang hajat! Jika pompa air bermasalah tentu akan menjadi bencana untuk seisi rumah.

Ada dua permasalahan utama jika pompa air di rumah Anda ngadat. Pertama, mesin pompa air tidak bisa menyala. Kedua, mesin pompa air menyala namun tidak mengeluarkan air.

Jika pompa air tidak bisa menyala kemungkinan besar tidak ada aliran listrik masuk pada motor listrik. Dua langkah yang harus Anda lakukan untuk mengatasi pompa air yang tidak bisa menyala yaitu:

  • Periksa aliran listrik dari sumber pasokan listrik (stop kontak atau saklar) ke pompa air. Jika ada tegangan listrik masuk, periksa switch water level di tandon air, bisa saja penyebabnya karena sensornya error.
  • Jika tegangan listrik masuk sampai ke terminal pompa air tetapi motor pompa tidak hidup atau tidak ada suara maka dapat dipastikan spull dari pompa air putus. Gantilah spull tersebut dengan yang baru untuk memperbaiki pompa air.

pompa air rusak

Jika pompa air menyala namun tidak mengeluarkan air, biasanya hal ini disebabkan karena kerusakan pada pipa sambungan air dari sumber air. Nah, bagaimana cara mengetahui bahwa pipa sambungan Anda yang bocor? Berikut cara memeriksa pipa pompa air yang bocor:

  • Buka tutup pancingan pompa air dan pastikan apakah air masih penuh atau berkurang.
  • Jika air penuh berarti ada kesalahan pada pompa air tersebut. Kemungkinan besar karena klep yang sudah aus.

Pompa air membutuhkan service secara berkala agar tidak mudah rusak. Tiga cara merawat pompa air yang paling efektif yaitu:

  • Lakukan pengecekan pada sambungan kabel listrik setidaknya sebulan sekali, hal ini untuk memastikan bahwa kondisi kabel listrik dalam keadaan baik.
  • Untuk menjaga sumber air tetap bersih tutuplah sumber air. Langkah ini untuk mengantisipasi adanya sampah yang masuk atau bahkan tanah yang terjadi di musim hujan. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan pipa, maka potong pipa tersebut 30 cm dari permukaan tanah.

Anda tidak perlu kesulitan untuk mencari service pompa air, karena Sejasa.com akan menghubungkan Anda dengan jasa service pompa air yang dapat mengatasi permasalahan pompa air Anda. Berbagai macam merk pompa air seperti pompa air Sanyo, pompa air Panasonic, pompa air Shimizu dan berbagai macam pompa air lainnya dapat diatasi oleh service pompa air yang berpengalaman.

sejasa

Kunjungi Sejasa.com dan isi form request singkat untuk mendapatkan service pompa air terpercaya. Dalam waktu 1×24 jam, nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa service pompa air. Anda dapat memilih yang sesuai dengan budget. Untuk lebih meyakinkan Anda, silahkan membaca review dari customer yang sudah menggunakan jasa mereka sebelumnya. Service pompa air semakin mudah dengan kehadiran Sejasa.com!

One thought on “Pompa Air Ngadat? Yuk, Cek Penyebabnya!

Leave a Reply