Kiat Diet Cepat dan Sehat

By | June 5, 2016

appetite-1239056_960_720 copy

Karena berat badan yang terus bertambah tiap minggu, malah sepertinya sih tiap hari, saya jadi kepikiran buat diet. Beberapa hari yang lalu saya sudah mencoba untuk diet. Gak mau juga sih terus bertambah gemuk. Tapi… alamaaak… koq saya malah merasa tersiksa karena menahan lapar seharian ya? Jadi kalau biasanya saya makan bareng sama anak-anak, 2-3 kali sehari, kali ini saya hanya makan sekali saja, di siang hari.

Hasilnya? Lapar booook! Hari pertama sampai kelima menjalani diet seperti ini masih bisa tahan. Hari keenam, aduh mulai deh gak tahan. Selain merana karena menahan lapar, saya pun jadi mudah lelah. Karena merasa mudah lelah inilah, saya menyerah. Gak bisa deh menjalani diet seperti ini. Saya kan harus antar anak-anak, beres-beres di rumah, dan menyelesaikan beberapa pekerjaan di luar rumah.

Empat hari diet bukan kurus yang didapat, tapi berat badan saya selepas diet 5 hari ini malah bertambah 1 kilo. Aduh!

Tapinya gak mau juga sih terus-terusan bertambah gemuk tiap hari. Makanya saya mulai cari tips diet sehat yang baik dan benar, agar bisa menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat.

Sekarang sudah hari keempat saya menjalani diet seperti ini tanpa merasa lelah. Badan pun terasa agak ringan. Belum berani ditimbang sih. Nanti saja ah kalau sudah seminggu hihihi… yang penting mah sekarang dietnya gak pakai tersiksa. Mau tau caranya? Begini nih tips diet sehat ala saya…

  • Makan teratur dengan asupan nutrisi yang sehat

Meskipun sedang diet, tubuh kita tetap membutuhkan lemak dan karbohidrat. Lemak yang dipilih tentu saj alemak baik yang bisa kita dapatkan dari alpukat, salmon, atau minyak zaitun. Sementara sebagai sumber energi, kita bisa memilih karbohidrat dari makanan yang memiliki kadar GI (Glikemik Indeks) yang rendah seperti ubi, oatmeal, gandum dan lainnya.

Kalau sebelumnya saya melewatkan sarapan, sekarang sarapan gak pernah ketinggalan. Tapi tentu saja sarapannya dengan menu yang sehat dan berserat. Terus kalau biasanya saya sarapan jam 09.00, setelah pekerjaan rumah selesai, sekarang saya sarapan lebih pagi agar pembakaran energi juga terjadi lebih cepat. Jadi, sebelum memulai aktivitas di pagi hari, sarapan dulu yuk!

Cara memasak makanan juga perlu diperhatikan. Untuk mengurangi asupan lemak ke dalam tubuh, pilih metode memasak yang lebih sehat seperti kukus, rebus, atau panggang. Hindari menggoreng makanan dengan minyak, karena makanan yang kita santap akan mengandung lebih banyak minyak menggoreng merupakan metode memasak yang tidak disarankan mengingat akan ada lebih banyak lemak (dari minyak) yang terkandung pada makanan Kamu. Pilihlah moetode memasak yang lebih sehat seperti kukus, rebus, panggang

Pola makan yang teratur dengan nutrisi yang tepat ini tidak hanya membantu mempertahankan massa otot dan menurunkan kadar lemak tubuh saja. Tapi bisa juga membantu meningkatkan massa otot.

  • Olahraga yang rutin

Diet yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal jika dibarengi dengan rutin berolahraga. Cukup olahraga selama 30-60 menit, 3-4 hari seminggu. Boleh pilih latihan kardio atau latihan beban (weight training). Hasilnya, kita akan mendapatkan tubuh atletis nan ideal.

  • Istirahat yang cukup

Nah yang terakhir ini nih yang jangan sampai terlewatkan. Seharian beraktivitas, kita wajib memberikan tubuh waktu istirahat untuk memulihkan stamina dan untuk mengoptimalkan pertumbuhan otot. Selain itu, kurang istirahat juga nantinya malah akan membuat metabolisme tubuh jadi melambat.

Gimana? Cukup mudah bukan? Yuk ah mulai jalani tips diet sehat ini dari sekarang dan pasang target yang masuk akal.

One thought on “Kiat Diet Cepat dan Sehat

  1. VIcky Laurentina

    Aih..meni ribet yah. Kalau saya sih gini aja, olahraga teratur, yang ringan-ringan aja, tapi setelah olahraga langsung minum susu. Susunya pilih yang bisa menggantikan karbohidrat, terus karbohidratnya yang khusus bisa bertahan lama, karena karbohidrat yang tahan lama ini kuncinya kenyang. Kalau sudah kenyang, nggak akan mau makan lagi, dan berat badan pun jadi turun. Voila!

Leave a Reply