Tip Liburan Hemat di Bali

By | June 2, 2016

Siapa sih yang tak mengenal Bali? Bali memang destinasi wisata Indonesia yang paling terkenal. Berbagai objek wisata di Bali juga selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan domestik maupun manca negara. Bali hanya sepi dari wisatawan ketika Hari Raya Nyepi tiba.

Kunjungan pertama saya ke Bali sekitar 10 tahun yang lalu. Karena ini kunjungan pertama, maka saya menggunakan jasa travel agent. Takut nyasar, Ceu! Mulai dari tiket, penjemputan di bandara, hotel untuk menginap, sampai transportasi selama saya berada di Bali, semua saya serahkan kepada travel agent. Mahal? Iya sih, lumayan menguras isi dompet lah.

Bali

Tak heran kalau banyak yang beranggapan, liburan ke Bali itu mahal, Jendral! Padahal kalau tahu tip dan triknya, liburan ke Bali juga bisa hemat tanpa menguras isi dompet.

Berikut tip liburan hemat ke Bali yang bisa kita lakukan…

  • Atur waktu liburan

Meski Bali tak pernah sepi dari wisatawan, namun seperti umumnya tempat tujuan liburan, di peak season bisa dipastikan kalau Bali benar-benar padat oleh wisatawan. Jadwal peak season umumnya ketika liburan sekolah (Juni-Juli), liburan Iedul Fitri, liburan natal & tahun baru (Desember).

Saya sendiri memilih berkunjung ke Bali di low season. Selain suasana di Bali relatif lebih sepi, mencari hotel untuk menginap juga lebih mudah.

Usahakan juga berkunjung ke Bali saat musim kemarau. Karena sebagian besar destinasi wisata di Bali berada di alam terbuka. Gak mau kan sedang asyik menikmati alam terbuka di Bali, kemudian kehujanan?

  • Hunting tiket murah

Nah, yang ini masih berhubungan dengan mengatur waktu liburan. Karena pada saat low season seringkali ada promo harga tiket pesawat maupun hotel.

Berbeda dengan kondisi saat peak season, harga tiket pesawat maupun hotel akan mengalami kenaikan sampai 50%. Selain itu jalanan di bali yang padat juga akan membuat waktu kita terbuang.

  • Memilih tempat menginap yang murah

Di Bali kita tidak perlu bingung mencari tempat menginap. Ada banyak pilihan hotel untuk menginap di Bali, salah satunya adalah accor hotel group. Lokasi hotel untuk wisata yang paling populer adalah Kuta, Seminyak, Sanur, dan Ubud. Tinggal pilih sesuai selera dan budget kita.

Kalau mau cari tempat menginap di tepi pantai, kita bisa memilih hotel di daerah Kuta, Seminyak dan Sanur.

  • Memilih alat transportasi selama di Bali

Untuk yang baru pertama kali ke Bali bisa jadi kebingungan dengan transportasi dari bandara menuju hotel. Kalau hotel tempat menginap tidak terlalu jauh dari bandara, kita bisa menggunakan taksi bandara. Sementara kalau hotel tempat menginap lokasinya cukup jauh dari bandara, kita bisa minta penjemputan oleh pihak hotel.

Untuk menikmati suasana Bali ada banyak pilihan alat transportasi, mulai dari taksi, rental mobil, sampai rental motor. Rental motor buat backpacker sih udah paling hemat. Tapi buat saya yang sudah berkeluarga pilih sewa mobil berikut sopir plus bahan bakar. Untuk mobil jenis MPV seperti Xenia atau Avanza, kita bisa jalan-jalan keliling bali dengan tarif sekitar 400 – 500 ribu per 10 jam.

  • Menyusun pos anggaran & itinerary selama di Bali

Sebaiknya susun reservasi dan rencana perjalanan selama di Bali jauh-jauh hari sebelum kita berangkat berlibur. Semua bisa kita lakukan dengan browsing melalui internet.

Ada banyak tempat yang wajib di kunjungi ketika berlibur di Bali.  Dengan menyusun itinerary kita bisa memperkirakan berapa anggaran yang harus disiapkan. Untuk urusan makan, kita bisa memilih warung-warung makan rumahan di sekitar pantai yang menjual makanan/minuman dengan harga murah.

Jangan lupa bawa uang cash dalam dompet secukupnya dan pisahkan anggaran akomodasi/transportasi dari anggaran untuk keperluan makan, tiket masuk ke tempat wisata atau untuk oleh-oleh.

 Nah, itu tip liburan hemat di Bali. Semoga berguna ya. Selamat berlibur!

Leave a Reply