Memperkenalkan Internet pada Anak Ternyata Menyenangkan Lho

Memperkenalkan Internet pada Anak Ternyata Menyenangkan Lho – Internet bukanlah hal yang baru bagi generasi masa kini. Bahkan ada beberapa orang tua yang membiarkan batitanya asyik memainkan gadget dalam waktu lama. Meski membuat anak-anak menjadi tenang dan tak mudah merajuk, tetap saja gadget dan internet harus diperkenalkan dengan cara yang lebih bijak.

Ada banyak sekali pilihan laptop murah yang cocok untuk anak-anak usia sekolah. Salah satunya tentu saja ada di MatahariMall yang jual laptop Asus murah dengan promo cicilan 0%. Tetapi meskipun membeli laptop Asus di MatahariMall sangat mudah dan hemat, para orang tua tetap harus menerapkan hal-hal ini saat memperkenalkan internet pada buah hati :

Jangan Terlalu Mengekang

Anak-anak tidak suka dikekang. Semakin dikekang, maka rasa ingin tahunya akan semakin besar. Lebih baik biarkan anak-anak mengakses internet dan hal-hal yang disukainya. Namun jangan lupa untuk sesekali mengawasi anak-anak. Ikutlah duduk di samping anak yang sedang asyik bermain internet. Bila kebiasaan ini dimulai sedini mungkin, niscaya anak tidak akan risih dengan pengawasan orang tua.

Tetapkan Aturan Internet yang Cukup Ketat

Aturan internet yang cukup ketat akan melatih sikap disiplin anak. Biasakan agar anak-anak fokus mengakses internet untuk menyelesaikan tugas sekolahnya. Setelah tugas sekolah selesai, anak-anak baru diperbolehkan untuk berselancar di internet. Tetapkan batasan waktu yang tepat supaya anak tetap memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga atau beraktivitas di luar rumah bersama teman sebaya.

Ajarkan Privasi pada Anak

Anak-anak tentu bebas membuat akun email atau media sosial di internet. Untuk mengimbangi kebebasan ini, jangan lupa ajarkan anak untuk menjaga privasi. Contohnya dengan tidak mencantumkan informasi bersifat pribadi seperti nomor telepon atau alamat rumah di internet. Mengunggah foto-foto pun tak boleh sembarangan agar tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

Aturan Bergaul di Internet

Punya banyak teman memang menyenangkan. Namun hal ini bukan berarti anak bebas berteman dengan semua pengguna internet. Ada batasan-batasan yang harus diterapkan sehingga penggunaan internet tidak merusak perkembangan karakter anak. Ajaklah anak untuk berteman dengan orang tua, saudara, dan sahabat di akun media sosial. Sehingga kedekatan anak dengan orang-orang yang dikenalnya tetap terjaga dengan baik.

Orang tua modern pasti punya banyak cara kreatif untuk mendidik buah hatinya di masa kini. Yuk siapkan mental dan pengetahuan yang memadai agar bisa menjadi sahabat bagi anak-anak kita.

oRiN

oRiN, emak 3 anak, bloggergoler.

One Comment

  1. anak perlu berkenalan dengan teknologi asal di batasi & ada aturannya ya. Kebayang kalau sama sekali gak boleh bersentuhan dengan internet jadi kuper

Leave a Reply

Your email address will not be published.