Aman dan Nyaman Memesan Taksi Melalui Aplikasi My Blue Bird

Screenshot_2016-04-15-22-32-52

Rin, tolong isi pulsa. Nene mau nelepon taksi, Abah mau ke Hermina, agak sesak. Mau diuap”, pesan Nene di BBM.

Setelah membaca pesan ini, segera saya telepon Nene, khawatir dengan keadaan Abah. Saya memang tinggal di Subang. Sementara Abah dan Nene berdua saja tinggal di Antapani, Bandung. Kondisi kesehatan Abah dan Nene sudah menurun. Bulan kemarin saja Abah dan Nene bergantian dirawat di Rumah Sakit.

Ok, dari Nene saya mendapat kabar kalau kondisi Abah sementara ini tidak terlalu mengkhawatirkan. Abah hanya merasa sedikit kesulitan bernafas. Maklum saja, sepulang dari Rumah Sakit bulan lalu, dokter menyatakan kalau fungsi jantung Abah hanya tinggal 23%. Jadi Abah memang lebih sering merasa sesak.

Kalau Abah mendadak merasa sesak seperti ini, alih-alih menunggu saya atau kakak yang juga tidak tinggal serumah dengan Abah agar segera mengantar ke Rumah Sakit, yang paling bisa diandalkan memang segera memanggil taksi. Sebetulnya Nene sudah hafal betul nomer telepon Blue Bird. Tanpa disimpan di phonebook pun, Nene bisa menyebutkan nomer Blue Bird dengan lancar.

022-7561234″, kata Nene.

Ya wajar, sih hampir tiap minggu Nene memesan taksi. Untuk urusan mendadak seperti ini, atau yang terjadwal seperti kontrol ke dokter. Tapi karena saya sedang di Subang, dan Nene kehabisan pulsa, lebih baik saya memesan taksi melalui aplikasi, apalagi kalau bukan My Blue Bird.

Yup, Blue Bird memang sudah sejak lama meluncurkan aplikasi My Blue Bird. Aplikasi My Blue Bird ini merupakan pengembangan dari Taxi Mobile Reservation yang mulai dikembangkan BlueBird Group di tahun 2011. Selain itu, kalau bicara soal taksi andalan, memang sudah sejak lama saya mengandalkan Blue Bird.

Why Blue Bird

Sejarah taksi yang memiliki pelayanan buruk masih saya ingat dengan jelas.

“Dari Statsiun ke Trans Studio Bandung diminta bayar 150 ribu itu serasa kerampokan. Jalannya muter-muter. Padahal saya juga orang Bandung, tahu lewat jalan mana yang lebih cepat”, keluh teman saya.

Keluhan teman saya ini hanyalah salah satu dari banyak pengalaman buruk menggunakan taksi di Bandung yang dialami oleh orang-orang. Saya juga pernah sih. Dibawa berkeliling kota dengan alasan menghindari jalanan yang macet, seolah-olah saya tidak hafal jalan di Bandung. Alhasil, argo pun membengkak. Dongkol tentu saja. Duh, apalagi kalau penumpangnya bukan orang Bandung ya?

Karena reputasi (kebanyakan) taksi yang terkenal buruk tadi itu, makanya saya hanya melirik taksi Blue Bird, karena hanya taksi Blue Bird yang aman dan nyaman digunakan.

Pernah ketinggalan barang di taksi dan was-was barangnya gak bakal balik lagi? Pakai Blue Bird perasaan seperti itu gak perlu ada. Dari pengalaman beberapa orang teman sih, saat mereka ketinggalan barang di taksi Blue Bird, barang-barang mereka dikembalikan dengan utuh oleh supir Blue Bird. Keren ya, supirnya jujur dan amanah, sesuatu yang jarang ditemukan saat ini.

Selain jujur dan amanah, bagi saya sopir taksi Blue Bird juga seringkali jadi teman bercerita sepanjang perjalanan yang menyenangkan. Ramah-ramah sih. Dari cerita ini ada banyak pelajaran yang bisa saya petik, misalnya ketika saya menumpang taksi Blue Bird yang disopiri Bu Titin.

Kelebihan menggunakan Aplikasi My Blue Bird

Ada banyak fitur menarik di aplikasi My Blue Bird yang memudahkan pelanggan. Cukup lengkapi formulir registrasi di aplikasi dan masukkan nomer verifikasi yang dikirim melalui SMS, kita sudah bisa memesan taksi Blue Bird dengan mudah.

Registrasi #MyBlueBird
Registrasi #MyBlueBird

Sekarang Nene juga sudah mahir pesan Blue Bird melalui aplikasi.

Hemat pulsa“, kata Nene.

Aplikasi My Blue Bird juga bisa dengan mudah digunakan oleh para difabel, karena memesan taksi tidak perlu menelepon Call Center.

Selain mudah digunakan, aplikasi My Blue Bird juga memiliki banyak kelebihan. Mau tahu? Yuk, kupas sampai tuntas.

Order

  • Melalui aplikasi My Blue Bird ini kita bisa melakukan pemesanan berjadwal. Jadi tak hanya bisa memesan taksi ketika diperlukan saja. Besok, atau lusa? Gak masalah.
Pemesanan Berjadwal MyBlueBird
Pemesanan Berjadwal #MyBlueBird
  • Selain pemesanan berjadwal, kita juga bisa memilih jenis taksi yang kita pesan, mau sedan atau MPV?
Pemilihan Armada #MyBlueBird
Pemilihan Armada #MyBlueBird

Pernah kan merasa bete kalau harus pesan 2 taksi gara-gara 2 orang gak keangkut sama sedan? Ongkosnya double atuh. Nah, Blue Bird punya MPV yang bisa mengangkut penumpang sampai 6-7 orang. Bagaimana dengan tarifnya? Sama saja sih.

  • Ada fitur estimated cost. Jadi kita bisa menyiapkan berapa ongkos yang harus kita keluarkan. Kadang kan deg-degan tuh, sebentar-sebentar melirik argo. Takutnya belum juga sampai di tempat tujuan, argo sudah melebihi uang yang kita siapkan. Masih mending kalau tidak sampai turun di tengah jalan hihi…

Screenshot_2016-04-15-22-38-04

Estimated Cost #MyBlueBird
Estimated Cost #MyBlueBird

Tracking

  • Fitur pemesanan di aplikasi My Blue Bird ini dilengkapi dengan peta lokasi, nama driver dan nomer unit armada. Jadi, kalau merasa kurang aman, cukup kasih tahu keluarga/teman kita unit berapa yang sedang kita tumpangi. Posisi taksi yang kita pesan pun bisa dengan mudah kita lacak lewat peta yang ada di aplikasi My Blue Bird seperti ini

IMG_20151216_130523

Di operator sih penampakan petanya seperti ini…

IMG_20151216_111234

Yang merah itu taksi berisi penumpang, biru dalam status penjemputan, dan hijau taksi yang kosong. Jauh sebelum ada GPS, Blue Bird sudah pakai teknologi yang sama, tapi pakai mobil-mobilan yang ditempel di peta. Inovatif ya?

  • Fitur Call Driver yang terjaga kerahasiaannya. Kalau masih penasaran sopirnya sudah sampai mana, kita bisa menelepon driver tanpa perlu khawatir nomer kita diketahui. Berbeda dengan aplikasi transportasi online lain yang data penumpangnya terbuka dengan jelas. Gak perlu takut kena modus driver nih kalau begini… hehe

IMG_20151216_115258

  • Kita juga bisa menyimpan alamat-alamat destinasi atau pick up location agar tidak perlu memasukkan alamat ketika order berikutnya. Ada juga pilihan destinasi ke bandara terdekat.
Saved Address MyBlueBird
Saved Address MyBlueBird
  • Order History. Alamat-alamat yang pernah kita tuju berikut pick up location tersimpan dengan rinci.

    Order History My Blue Bird
    Order History #MyBlueBird

Selain untuk pemesanan, ada juga fitur News dan Promo untuk penumpang.

News & Promo #MyBlueBird
News & Promo #MyBlueBird

O iya, ada lagi nih kelebihan taksi Blue Bird dibanding yang lain, yaitu kemudahan pembayaran.

Nah, sekarang bayar taksi Blue Bird bisa pakai uang cash, voucher dan segera menyusul dengan kartu kredit/debit. Jadi tidak perlu khawatir dengan uang kembalian 😀

Voucher Blue Bird

Bicara soal pembayaran, saya jadi ingat cerita Pak Septia, sopir Blue Bird Bandung Nomer Lambung CD272. Seperti yang dikeluhkan seorang teman saya di Facebook, bahwa tak jarang sopir taksi enggan memberi kembalian dan beralasan “gak ada receh”. Tapi tidak demikian dengan Pak Septia dan rekan-rekannya di Blue Bird. Karena ada aturan yang harus dipatuhi dan juga integritas yang mereka junjung tinggi. Ketika itu saya harus membayar tarif sebesar 71.000. Karena uang yang saya siapkan 100.000, Pak Septia bertanya apakah saya memiliki uang 1000 rupiah? Dan sayangnya sih, tidak ada. Alih-alih meminta saya menukarkan uang dengan receh atau dengan terpaksa saya membulatkan ongkos jadi 75.000, Pak Septia malah memberi saya kembalian 30.000 hihi… Pak Septia bilang, “lebih baik kehilangan 1000 rupiah daripada harus kehilangan kepercayaan konsumen, Bu”.

Alhamdulillah… Terima kasih ya, Pak 😀

 Mengenal Blue Bird lebih dekat

Jaman semakin maju, teknologi semakin berkembang, Blue Bird pun selalu jadi yang terdepan. Berawal dari inovasi Call Center yang dilakukan dari dalam kamar, Blue Bird terus melakukan inovasi dalam sistem reservasi yang tujuannya tentu saja untuk memudahkan pelanggan.

Di tahun 1972, penyebaran pelanggan melalui radio “umek” sudah mulai dilakukan oleh Blue Bird. Selanjutnya Blue Bird terus melakukan pengembangan teknologi sampai di tahun 2011 Blue Bird mulai menggunakan sistem reservasi dengan Taxi Mobile Reservation dan dikembangkan lebih lanjut dengan aplikasi My Blue Bird di tahun 2015. Aplikasi ini bisa dengan mudah diunduh oleh smartphone yang berbasis Android, iOS, dan Blackberry secara gratis.

Dengan aplikasi My Blue Bird ini, Blue Bird telah membuktikan untuk selalu mengikuti perkembangan zaman dan berinovasi, tentunya demi kepuasan pelanggan. Seperti Nene yang sekarang lebih nyaman memesan taksi melalui aplikasi My Blue Bird.

mybb.bluebirdgroup.com

Tulisan ini diikutsertakan pada My Blue Bird Blogging Competition yang diselenggarakan oleh PT Blue Bird Tbk

You may also like

9 Comments

  1. Waktu sy mentok di Jakarta saat gakbisa naik busway, karena hrs beli tiket terusan. Jatuhnya saya memilih Taksi Bluebird.

    Sopir bawa mobilnya rapih, sampai terninabobokan sayah hahaha

  2. Baru tahu sekarang Blue Bird ada aplikasinya. Saya selalu pake Blue Bird kalo naik taksi. Alhamdulillah, saya mah selalu dapet driver yang baik dan ramah. Kayaknya kudu nyoba nih layanan aplikasi Blue Bird ini. Biar makin praktis…

  3. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published.