Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Menjalankan Bisnis Franchise

By | April 6, 2016

Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Menjalankan Bisnis Franchise – Saat Anda memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis, sudah pasti ada resiko yang wajib untuk diambil, mengingat sekecil apapun usaha yang kamu jalankan sudah pasti kerugian membayangi. Hal ini jugalah yang menjadi alasan banyak orang yang enggan terjun ke bidang tersebut, melihat hal tersebut para pelaku bisnis yang sudah cukup terkenal kemudian tawarkan yang namanya bisnis franchise atau yang lebih Anda kenal dengan usaha waralaba, pilihan yang satu ini umumnya digunakan karena memang para wirausahawan mudah enggan untuk menggeluti usaha yang kurang pasti keuntungannya.

download (1)

Kita semua tau bahwa sistem waralaba sendiri memang menggunakan nama yang sama dengan bisnis yang sudah besar tersebut, hanya saja mereka juga sudah membeli lisensi atau hak atas nama tersebut dengan nilai yang tak sedikit, satu keuntungan yang didapatkan adalah untuk meraih konsumen tak memerlukan strategi khusus, apalagi jika kamu memang menggeluti tawarkan bisnis skala internasional, maka sudah pasti konsumen datang sendiri pada Anda.

Pilihan bisnis yang satu ini memang dianggap oleh sebagian orang cukup menguntungkan untuk dijalankan, namun tak menampik bahwa tetap ada resiko atau kemungkinan kerugian jika kamu kurang teliti dalam menjalankannya, nah kemungkinan-kemungkinan kerugian dalam bisnis franchise tersebut bisa terjadi jika kamu melakukan kesalahan berikut ini, yaitu:

  1. Pilih yang murah saja, memang tak memungkiri selain tawaran waralaba yang mahal ada berjejeran waralaba murah di pasaran, umumnya dari segi pengelolaan sendiri ia merupakan usaha kecil yang baru mengalami pertumbuhan namun sudah berani untuk menjalankan waralaba pada orang lain, harga bisa dibilang cocok untuk kantong pengusaha pemula, namun tak ada jaminan kesuksesan mengingat bidang tersebut belum dikenal banyak orang, terkadang lokalan saja yang mengetahuinya.
  2. Tak memahami secara langsung bagaimana sistem pengelolaan yang tepat, satu keunggulan yang memang ditawarkan oleh bisnis yang satu ini adalah Anda bisa belajar dari pengelola secara langsung mulai dari proses pembuatan, kemudian juga strategi pemasaran hingga pengelolaan keuangan, saat kamu belajar hanya sekedar berkata ia namun tak mengerti sudah pasti akan kacau.
  3. Kurang improvisasi, memang benar jika namanya bisnis waralaba membuat seseorang menjadi kurang kreatif karena ia terpaku pada aturan dasar pada saat membeli lisensi tersebut, namun dalam beberapa kondisi masyarakat terkadang hal ini tak cocok untuk mereka, sehingga Anda sendiri tak bisa hanya terpaku pada aturan tersebut, lakukan improvisasi sesuai dengan keinginan target market.
  4. Pemilihan tak menyesuaikan dengan keuangan target market, salah satu contoh sederhana adalah saat kamu menjalankan usaha minimarket di sebuah desa yang mayoritas pendapatan warganya kecil, padahal kita tau sendiri bahwa tawaran barang disana cenderung mahal, tentunya akan ada banyak pertimbangan bagi mereka saat ingin berbelanja di toko tersebut.
  5. Tak ada bantuan pengelola, beberapa yang memang enggan untuk mengeluarkan modal terkadang hanya mengandalkan tenaga sendiri tanpa ingin dibantu oleh orang lain, hal ini menyebabkan hasilnya juga kurang maksimal karena ada keterbatasan tenaga.

Nah setidaknya itulah beberapa kesalahan yang patut kamu hindari dalam menjalankan bisnis franchise, model bisnis yang satu ini memang cukup populer dan sukses untuk dijalankan beberapa orang, namun belum tentu dengan Anda sendiri. Oleh sebab itu kenali terlebih dahulu persamaan antara segmen yang dituju oleh waralaba tersebut dengan kondisi segmen Anda.

Leave a Reply