Tempat Wisata Kebun Binatang di Bali

By | March 7, 2016

Tempat Wisata Kebun Binatang di Bali¬†–¬†Bali tak hanya memiliki wisata pantai yang eksotis. Ada banyak tempat wisata di Bali lainnya yang juga memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Ternyata, Bali juga memiliki kebun binatang yang tak kalah terkenal dengan Kebun Binatang Gembiraloka di Yogjakarta atau Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Bali memiliki Bali Zoo Park. Kebun binatang ini terletak di Taman Burung Bali atau Bali Bird Park. Anda bisa mencapai Bali Zoo Park dengan berkendara sekitar 20 menit dari kota Denpasar atau sekitar 45 menit dari Pantai Kuta. Simak informasi lengkap mengenai tempat wisata tersebut pada uraian berikut ini.

Informasi Tempat Wisata di Bali, Kebun Binatang Bali Zoo Park

bali-zoo-2

Tempat wisata di Bali berupa kebun binatang ini dibangun di sebuah lahan dengan luas 3.5 hektar. Di tanah yang cukup luas ini, terhampar pepohonan hijau dengan rerumputan yang tinggi. Kawasan hijau ini menjadi salah satu tempat yang paling menarik di Bali selain wisata pantainya yang Indah. Kebun binatang tersebut seolah menciptakan kembali habitat alami para binatang hutan. Dengan mengunjungi kebun binatang ini, anak-anak bisa berwisata sekaligus belajar mengenali berbagai jenis binatang yang ada di lokasi tersebut. Daripada di ajak mengunjungi pantai Bali yang cukup ramai dengan banyaknya turis asing, Bali Zoo Park merupakan tempat wisata terbaik untuk anak-anak.

Bali Zoo Park memiliki berbagai satwa langka yang terancam punah. Ada beragai jenis mamalia, unggas dan juga jenis binatang lainnya. Hewan mamalia yang ada di kebun binatang ini pun bermacam-macam jenisnya, mulai dari primata, unta, rusa, hingga harimau Sumatra. Hewan khas Australia, Kanguru juga terdapat di kebun binatang ini. Berbagai macam burung tropis yang sudah sangat terkenal seperti merak, kakatua, kaswari, bali starling, dan banyak burung lainnya pun bisa Anda temukan di Bali Zoo Park. Satwa langka lainnya yang ada di sana adalah reptile terbesar di Asia yaitu Komodo, Pyton, iguana, dan ular hijau. Tempat wisata di Bali tersebut memang sangat tepat bagi anak-anak agar mereka bisa belajar lebih banyak mengenai alam.

Pertama kali diresmikan pada tahun 2002 hingga saat ini, Bali Zoo Park telah memiliki setidaknya 350 ekor satwa yang tergolong langka. Dari jumlah tersebut, 60% di antaranya berupa burung (jarak bali, merak, elang, kasuari, dan lain-lain), 30% jenis mamalia (harimau sumatera, singa, singa Afrika, onta, rusa, kanguru), dan sisanya adalah hewan jenis reptil. Dengan mengunjungi tempat wisata di Bali ini, Anak-anak bisa tahu lebih banyak tentang berbagai macam satwa.

Selain berbagai jenis satwa langka, tempat wisata di Bali tersebut juga memiliki taman yang luas yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman air dan juga tropis. Taman ini memberikan habitat yang alami bagi para binatang yang berlindung di dalamnya. Jenis tanaman yang ada di Bali Zoo Park terdiri dari tanaman yang berguna untuk obat (cengkeh, kayu putih, mengkudu, cendana, matoa, dan lain-lain), tanaman yang bisa dimasak (limau, salam, melinjo), dan tanaman untuk perlengkapan acara adat (nagasari, bambu kuning, kelapa, majegau, palem, lontar).

Sebagai sebuah kebun binatang yang ingin meningkatkan diri sebagai Zoo Park bertaraf internasional, tempat tersebut terus mengupayakan sebuah perbaikan dengan menambah koleksi satwa. Sampai saat ini, tempat wisata ini tidak pernah berhenti melakukan perbaikan demi mewujudkan mimpinya menjadi sebuah kebun binatang bertaraf internasional.

Daripada mengunjungi pantai yang sudah tidak alami lagi dan penuh oleh wisatawan, Anda dan keluarga tercinta bisa menghabiskan waktu bersama dengan mengunjungi kebun binatang tersebut. Ada banyak hal yang bisa buah hati Anda pelajari. Tak hanya mengenalkan berbagai macam satwa yang ada di kebun binatang, Anda juga bisa mengajarinya untuk mencintai alam dan isinya. Dengan demikian, anak Anda akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Saat berkunjung ke Bali Zoo Park, Anda akan dikenakan tiket masuk yang cukup mahal, yaitu Rp 100.000 untuk dewasa dan Rp 70.000 untuk anak-anak. Demikian adalah informasi mengenai salah satu tempat wisata di Bali yang menyenangkan dan juga bermanfaat.

One thought on “Tempat Wisata Kebun Binatang di Bali

  1. Anis

    jalan jalan kekebun binatang itu sangat menyenangkan, apalagi kalo udah bisa lihat binatang kesayanga, tapi kalo misal ga mau ke kebun binatang mending pelihara Kucing Persia Medium hehehehe

Leave a Reply