Kring.. Kring… Go Green di IPB dengan Sepeda

By | February 11, 2016

Kring.. Kring… Go Green di IPB dengan Sepeda – Walaupun kemajuan teknologi dan perkembangan zaman semakin hari semakin berkembang dengan pesat namun hal tersebut sering tidak diimbangi dengan keadaan lingkungan yang baik sehingga menimbulkan banyak polusi misalnya di Bogor yang dapat mengakibatkan sesak nafas ataupun gangguan kesehatan lainnya. Tidak heran jika beberapa tempat misalnya di IPB (Institut Pertanian Bogor) menerapkan Green Kampus.

Dengan adanya tekad untuk mewujudkan kampus yang ramah lingkungan, Institute Pertanian Bogor pada pertengahan Juni tahun 2015 berencana akan memberikan sepeda ke setiap mahasiswa dan 30 diantaranya merupakan sumbangan dari perbankan syariah yang ada di Bogor. Menurut Rineksi Soekmadi yang menjadi Direktur Kemahasiswaan IPB mengatakan jika target IPB untuk menjadi kampus ramah lingkungan akan terwujud dalam kurun waktu 5 tahun kedepan yaitu sekitar tahun 2020.

Untuk mewujudkan kampus ramah lingkungan, pihak IPB telah menyusun program yang disebut dengan 1 student 1 bicycle atau 1 mahasiswa 1 sepeda. Dengan rencana tersebut diharapkan sepeda yang nantinya diberikan oleh pihak dari IPB akan dipergunakan oleh para mahasiswa untuk pergi ke kampus. Biaya pembelian sepeda diinklusifkan pada biaya per semester mahasiswa sehingga meringankan untuk pembeliannya dan selanjutnya sepeda yang dimiliki tersebut akan sepenuhnya menjadi milik mahasiswa. Sehingga nantinya, terserah mahasiswa untuk menjual, menghibahkan atau dibawa oleh mahasiswa ketika telah lulus.

Walaupun saat ini jumlah sepeda yang dimiliki hingga Juni 2015 adalah sekitar 997 unit namun masih terlampau jauh dengan mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor) yang mencapai 23.000 mahasiswa. Hal yang menjadi hambatan menurut Rinekso Soekmadi jika sepeda dipinjamkan, terdapat mahasiswa yang kurang bertanggung jawab. Misalnya merusakkan tanpa mau mengganti rugi atau merawatnya. Sehingga jika sepeda tersebut dibeli oleh mahasiswa, maka diharapkan para mahasiswa dapat lebih bertanggung jawab. Diharapkan dengan adanya sepeda yang dimiliki oleh mahasiswa dan dipergunakan untuk pergi kuliah, akan dapat menciptakan suasana ramah lingkungan dan tidak bergantung dengan kendaraan bermotor. Akibatnya, para mahasiswa akan lebih senang untuk bersepeda di area kampus dan polusi berkurang.

Leave a Reply