Terima email “Attached Proposal”, apa yang harus dilakukan?

By | February 3, 2016

Terima email “Attached Proposal”, apa yang harus dilakukan? – Seperti biasa, pulang ngojek siang ini langsung duduk di depan laptop. Siapa tahu ada email yang nawarin pekerjaan.

Telusuri email yang satu, duh iya… belum setor laporan PR. Gawat, nanti bisa telat gajian donk. Telusuri email yang lain, ah.. ini mah iklan. Nyuruh belanja.

Eh, tapi ada satu email dari teman sesama blogger. Asyik. Dapet kerjaan nih.

IMG_20160203_122035_edit

Wih, pake bahasa Inggris. Ada penjelasan nama + format file, ukuran, sama dikirim via apa. Harusnya sih dari sini udah curiga. Saya lihat lagi pengirimnya, kenal. Dan saya hanya bcc dari email yang sebenarnya dikirim ke Dosen Galau.

Makin seneng donk, siapa tahu memang kerjaan beneran. Dasar mata udah ketutup sama harapan dapet kerjaan, itu “HERE” langsung saya klik.

Nah, disinilah kecerobohan saya dimulai. Mestinya kan saya tahu kalau Google Drive itu masuknya ke drive.google.com. Kalau ini malah masuk ke siniIMG_20160203_122046

Sudah tahu masuknya bukan ke drive.google.com, didorong rasa penasaran, kecerobohan masih saya lanjutkan dengan klik icon Gmail yang ada di situ.

Berkali-kali memasukkan email + password yang berbeda-beda dan katanya masih salah padahal yakin kalau itu password yang benar, barulah akhirnya saya sadar kalau saya tertipu. Buka Facebook dan ternyata banyak status serupa. Ahaha… makin yakin lah kalau saya memang tertipu email phising.

Koq bisa ya? Kalau spam sih sudah otomatis masuk filter. Yang ini masuknya kotak inboks, dan sayangnya saya gak teliti. Bukannya mau nyalahin teman yang sudah kirim email sih. Soalnya saya juga tahu kalau teman saya pasti dapat email yang sama dari temannya yang lain. Dan kami, sama-sama ceroboh 😀

Padahal harusnya kalau terima email (dari siapa pun) pastikan isinya benar-benar aman. Kalau diminta masuk ke link lain, dan diminta memasukkan password( atau data yang lain) pastikan juga linknya benar-benar aman.

Kalau sudah kena phising karena ceroboh begini, maka keriweuhan pun dimulai. Karena tadi sudah klik dan memasukkan email + password, ya langkah berikutnya terpaksa saya ganti password Gmail.

Kalau sedang login pakai laptop/pc, tinggal klik foto profil di kanan atas, masuk ke “My Account”, klik Security, dan pilih “My Password” untuk mengganti password. Atau cukup logout dan klik “Forgot password” untuk mengganti password dengan yang baru.

Padahal saya sudah cukup sering ganti password semua akun. Sampai bingung mau pakai password apalagi. Dari 7 password yang saya masukkan, semua sudah pernah saya pakai. Hiks… ternyata benar-benar ngasih kerjaan ini mah, kerjaan ganti password :))

Ganti password lewat laptop, selesai. Mau login via hape, tentunya perlu password baru.

IMG_20160203_122637

Duh, belum 10 menit ganti password, udah lupa lagi barusan password barunya apa ya??? :'(

O ya, kalau ada teman-teman yang mendapat email serupa, abaikan saja ya. Hapus segera email gak pentingnya. Tapi kalau dapet email kerjaan, boleh donk diforward ke saya hahaha

6 thoughts on “Terima email “Attached Proposal”, apa yang harus dilakukan?

  1. Ila Rizky

    iya, aneh teh. yang ini kok masuk inbox ya, apa karena dikira bukan spam? bahasa spam biasanya beda. ada penawaran yg lebay. klo yg ini cuma kasih pasword dll.

  2. Nchie Hanie

    aku sering dapet email dr temen sendiri kaya gituh
    Cuma karena dah tau pasti virus, makanya aku abaikan ga pernah ngeklik.
    Jadi kasian sama temen yg ngirim, ga salah ga tau apa2 kena getahnya hihii…

    sebisa mungkin ganti password secara berkala aja, numerik biar setroong hahahaa…

Leave a Reply