Mewariskan Akun Facebook, Perlukah?

By | January 29, 2016

Mewariskan Akun Facebook, Perlukah? – Beberapa hari yang lalu seorang teman membagikan tautan ke sebuah tulisan yang judulnya kurang lebih membahas dosa wanita di Facebook. Yang dibahas di tulisan ini mah soal selfie sebenarnya.

Hmmm… tapi kalau mau dihitung-hitung sih, di luar selfie, dosa yang dibuat selama saya membuat akun facebook, ya memang banyak. Banget.

Tapi saya gak bakal ngebahas dosa ini. Serem hehehe…

Boleh ya kesampingkan dulu dosa di Facebook… Tapi pernah gak terpikir, apa yang akan terjadi dengan akun Facebook kita setelah kita meninggal? Apakah akan menjadi kenang-kenangan yang berharga dan mengesankan orang-orang, atau malah membuat dahi orang lain berkernyit sambil bilang “iiiih… koq gitu sih?“.

Boleh dibilang  kita memang sudah mempercayakan segala informasi ke internet, termasuk Facebook. Apalagi sekarang memang jamannya digital. Capek dikit cekrek, jelek banyak cekrek cekrek 😀

Ngambek dikit update status, ngambek banyak terus berbalas status. Makanya sekarang mah kalau mau cari berita gampang aja. Kalau ada kasus, cukup pantau alias kepo di timeline, sudah bisa jadi 1 artikel yang nangkring di blog atau malah headline media online 😀

Itu kalau sama media. Tapi kebayang gak sih kalau kita sudah gak ada dan data kita yang ada di Facebook malah disalahgunakan? Hiy… serem ya. Tega aja gitu. Tapi da orang jahat mah gak mikir tega atau gak. Masalahnya, kita kan gak tahu nih kapan kita meninggal?

Untungnya, Facebook memang menyediakan fitur Legacy Contact, yang menurut saya sih ini penting banget. Ya setidaknya buat saya yang belum tahu kelak akan mewariskan apa buat anak-anak. Sekarang saya sudah yakin punya sesuatu untuk diwariskan, AKUN FACEBOOK! :))

Jadi lewat fitur ini, kita bisa menentukan sendiri apa yang akan terjadi dengan akun facebook kita jika kita meninggal dunia.

Caranya? Tinggal masuk ke Settings > Security > Legacy Contact. Nanti ada dua pilihan, Hapus Akun atau dihibahkan ke Legacy Contact.

Wah, bahaya donk nanti Legacy Contact juga bisa ngubek-ngubek Facebook kita? Buat saya sih gak masalah, soalnya sekarang mah pan buka Facebook juga di depan anak-anak. Kadang malah Ceuceu anteng sendiri di depan laptop lihat timeline Facebook dan Twitter saya.

Kalau dari keterangan Facebook sih, Legacy Contact ini hanya bisa :

  • menulis postingan yang ditautkan di atas profil kita
  • merespon permintaan teman baru
  • mengupdate foto profil dan foto cover

Jadi gak perlu takut Legacy Contactnya nanti bisa ngubek-ngubek profil facebook kita termasuk melihat pesan, menghapus pertemanan, mengubah/menghapus status kita, karena Legacy Contact memang tidak bisa login ke akun kita.

12552628_794649857331164_7830149843693718550_n

Pilihan paling aman buat yang gak terlalu mementingkan kenang-kenangan sih meminta Facebook untuk segera menghapus akun kita kalau kita meninggal.

12308796_794654623997354_2370586422732165083_n

Tapi buat saya… rasanya sayang ya kalau dihapus. Mudah-mudahan mah gak ada yang menyalahgunakan data saya yang sudah terupload di internet. Tapi saya sih lebih berharap kalau gak ada yang sempat capture status/foto saya yang tanpa saya sadari sudah menyinggung orang lain hehe

Ayo pikir-pikir, sudah punya warisan apa buat anak? Saya sih udah punya ini, jadi gak perlu bingung-bingung isi kotak warisan ahahaha

 

2 thoughts on “Mewariskan Akun Facebook, Perlukah?

Leave a Reply